Ayam Goreng Kriuk Tanpa Tepung, Cari Tahu Trik Memasaknya

Reporter :
Selasa, 12 November 2019 08:12
Ayam Goreng Kriuk Tanpa Tepung, Cari Tahu Trik Memasaknya
Ayam goreng kriuk tanpa tepung tentunya lebih nikmat karena berbumbu lebih meresap.

Dream - Ayam goreng termasuk hidangan yang paling 'aman'. Disukai oleh orang dewasa dan anak-anak dan mudah dipadukan dengan sajian lain seperti sayur dan tumisan atau sambal.

Tak heran kalau menu selalu ada saat ada jamuan makan. Apalagi jika yang disajikan menu ayam goreng garing tanpa tepung. Ingin membuatnya sendiri di rumah?

Ayam goreng kriuk tanpa tepung tentunya lebih nikmat karena berbumbu lebih meresap. Kandungan karbohidratnya juga lebih sedikit. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membuat ayam goreng kulit kriuk ini.

Berikut tiga tips dasar yang bisa diikuti untuk membuat ayam goreng kulit kriuk yang enak. Langsung saja simak yuk, Sahabat Dream.

 

1 dari 6 halaman

1. Bersihkan ayam hingga amisnya hilang

 Usahakan Tidak Mencuci Daging Ayam Saat Masih Mentah


Kita bisa menggunakan ayam kampung, bisa juga ayam broiler. Dalam proses pembersihannya, pastikan darahnya benar-benar hilang karena berpengaruh terhadap rasa. Selain memastikan tidak berbau amis, daging ayam yang digunakan juga harus bersih dari sisa darah.

 

2 dari 6 halaman

2. Taburi garam dan diamkan

Tempatkan daging ayam di wadah atau piring. Taburi dengan sekitar 4 sdt garam sampai rata. Setelah itu, masukkan daging ayam ke dalam kulkas selama sekitar 10 menit.

 

3 dari 6 halaman

3. Ayam diungkep dengan bumbu banyak

Buatlah bumbu ungkepan sesuai dengan porsi ayam yang akan dimasak. Misalnya, untuk memasak satu ekor ayam, kita perlu memakai bumbu ungkep yang terdiri dari 6 siung bawang putih, 3 sdt ketumbar, 3 ruas jahe, 3 lembar daun salam, 5 lembar daun jeruk, 3 batang serai, dan kunyit.

 Ayam ungkep

Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Bumbu bawang putih, ketumbar, dan jahe perlu dihaluskan terlebih dahulu atau sebagian diparut. Kemudian masukkan semua bahan bumbu ke dalam panci, lalu masukkan daging ayam, tambahkan air secukupnya.

Rebus dengan api sedang sampai daging empuk dengan sesekali diaduk. Setelah bumbu mengental, ayam bisa digoreng dengan api sedang. 

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com

4 dari 6 halaman

Kunci Menggoreng Dada Ayam Nikmat, Bebas Alot

Dream - Dada ayam selalu jadi menu andalan untuk mereka yang ingin berdiet dan menerapkan hidup sehat. Tanpa kulit, kandungan proteinnya sangat tinggi dan membuat kenyang lebih lama.

 Kunci Menggoreng Dada Ayam Nikmat, Bebas Alot

Bagian daging yang tak memiliki tulang ini pun bisa diolah dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan digoreng. Tapi kalau cara menggorengnya keliru, daging akan terasa alot.

Supaya dada ayam tidak alot saat digoreng, ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Sahabat Dream pun tak perlu bingung lagi saat mengolahnya.

5 dari 6 halaman

1. Tak Perlu Direbus Dulu

Jika olahan ayam goreng yang akan kita buat tidak menggunakan banyak bumbu yang kuat, maka daging dada ayam tak perlu direbus dulu. Dada ayam bisa langsung digoreng untuk mempertahankan tekstur juicy yang kaya rasa.

 Kunci Membuat Olahan Dada Ayam dengan Rasa Nikmat

Tentu saja daging harus dicuci terlebih dahulu. Bisa dimarinasi terlebih dahulu dengan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon untuk menghilangkan bau amisnya.

6 dari 6 halaman

2. Kulitnya Tak Perlu Dilepas

 Dada ayam

Bagian kulitnya tak perlu dilepas. Dada ayam dengan kulit yang masih menempel bisa langsung digoreng. Dengan cara ini, kelembapan daging bisa terjaga dan meningkatkan rasa gurih alaminya. Jika memang tak suka dengan kulit ayam, setelah digoreng kulit ayam bisa langsung dilepas saja.

3. Digoreng Sekitar 10 Menit Saja

 Dada ayam

Dada ayam tak butuh waktu terlalu lama untuk digoreng atau dipanggang. Untuk mendapatkan tekstur yang empuk dan tidak alot, biasanya cukup butuh waktu sekitar 10 menit saja untuk menggorengnya. Setelah matang, ayam goreng bisa ditiriskan lalu didiamkan sekitar 10 menit baru kemudian disantap.

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal