Cerita Sambal Tempoyak Bikinan Putri Titian Bikin Haru

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 27 Agustus 2020 11:12
Cerita Sambal Tempoyak Bikinan Putri Titian Bikin Haru
Ternyata ada alasan khusus yang membuat Putri Titian menjual sambal tempoyak.

Dream - Putri Titian kini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah mengurus buah hatinya yang masih kecil. Selain itu, istri dari Junior Liem ini juga berjualan sambal tempoyak.

Sambal yang terbuat dari Duren itu ternyata laris manis. Awalnya, Putri tak berniat berjualan. Ia punya alasan tersendiri untuk membuat sambal dan menjualnya. Putri ingin ibunya yang sangat sedih sepeninggal ayahnya, bisa semangat menjalani kehidupan lagi.

Tempoyak, rupanya salah satu sambal favorit mendiang ayah Putri Titian. Ia lalu mengajak sang ibu memasak tempoyak untuk dijual. Awalnya, ide Putri ditolak oleh ibunya. Sampai akhirnya Putri berbohong kalau ia butuh uang tambahan.

Akhirnya mulailah ibu Putri turun tangan berbelanja bahan sambal. Mereka mencari Duren yang berkualitas, cabai dan bahan segar lainnya. Sampai akhirnya sambal tempoyak bikin Putri dan ibunya laris manis.

Sambal tempoyak© Toko Momom/ Putri Titian

(Sambal Tempoyak/ Foto: Toko Momom/ Putri Titian)

 

1 dari 5 halaman

Gara-gara sambal tempoyak tersebut, sang ibunda kini seperti memilii semangat hidup lagi. Memasak hidangan favorit mendiang suaminya dan disukai banyak orang. Cerita haru ini diunggah Putri di Instagramnya.

      View this post on Instagram

A post shared by Putri titian (@putrititian) on

Penasaran mencoba sambal tempoyak bikinan Putri Titian, Sahabat Dream?

2 dari 5 halaman

Kenalan dengan Harissa, Sambal Pedas Khas Afrika Utara

Dream - Sensasi rasa pedas dalam masakan bukan hanya dimiliki hidangan Indonesia. Masyarakan Afrika Utara, terutama di Tunisia dan Aljazair, juga sangat menyukai sambal dan makanan pedas.

© Dream

Mereka juga punya sambal khas bernama Harissa. Sambal ini bahkan wajib ada di tiap rumah. Seperti apa rasanya? Pastinya sangat berbeda dengan sambal Indonesia. Harissa terbuat dari cabai segar dan rempah, seperti jintan dan ketumbar.

Tiap daerah di Afrika Utara juga kadang menambahkan rempah khusus agar sesuai dengan lidah warga setempat. Dikutip dari Real Simple, untuk menambahkan rasa segar, sambal ini juga kerap dicampur dengan daun mint.

 

3 dari 5 halaman

Dilapis Minyak Zaitun

Hal ini membuat rasanya semakin kaya dan juga bisa dibuat campuran dalam masakan. Biasanya, Harissa dibuat dalam jumlah banyak. Cabai segar yang telah dihaluskan dan dicampur rempah lalu dimasukkan ke dalam toples kaca.

manfaat minyak zaitun© MEN

Setelah itu, bagian atasnya dituang minyak zaitun. Cara ini akan memberikan rasa krim dan lemak yang sehat.Di Afrika Utara, bumbu ini digunakan pada couscous, biji-bijian, roti lapis, dan telur.

Rasa Harissa begitu kuat dan dapat mengangkat semua jenis hidangan. Bagi Sahabat Dream yang suka bertualang rasa pedas, mungkin penasaran mencicipi sambal Harissa ini.

4 dari 5 halaman

Bikin Sajian Pedas Menantang dengan Gochujang, Sambal Khas Korea

Dream - Memasak termasuk aktivitas teraupetik, yang bisa membuat pikiran jadi lebih tenang. Terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Bagaimana kalau mencoba memasak menu baru. Nah, bagi Sahabat Dream yang suka mengeksplorasi masakan dan penyuka pedas, harus mencoba mengolah Gochujang.

Bikin Sajian Pedas Menantang dengan Gochujang, Sambal Khas Korea© MEN

Gochujang adalah sejenis pasta cabai asal Korea, yang difermentasi, memiliki campuran rasa pedas, asin, dan sedikit manis. Umur sambal Korea sudah ratusan tahun. Bukan hanya banyak digunakan Korea, Gochujang juga kini mudah ditemui di banyak negara termasuk Indonesia.

Proses untuk membuat Gochujang ternyata cukup rumit. Bahan utamanya adalah Gochugaru, sejenis bubuk cabai kering. Bubuk tersebut lalu dicampur dengan garam, beras ketan, kedelai fermentasi, dan sedikit pemanis, seperti sirup beras.

 

5 dari 5 halaman

Kuncinya Fermentasi

Secara tradisional, semua bahan ini dicampur bersama dalam kendi dan dibiarkan berfermentasi selama berbulan-bulan. Waktu yang lama membuat campuran menjadi kental dan sangat kaya akan rasa. Dulu, setiap keluarga di keluarga di Korea membuatnya sendiri.

Gochujang© Pixabay

Mereka akan membuat dalam jumlah banyak di kendi dan didiamkannya selama satu tahun. Biasanya Gochujang dibuat setahun sekali. Secara klasik, Gochujang adalah elemen penting dalam bibimbap, hidangan nasi yang dicampur dengan sayuran dan biasanya disajikan sebagai bumbu di restoran barbekyu Korea.

 

Beri Komentar