Deretan Wisata Kuliner Khas Kota Yogyakarta, Murah dan Legendaris

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Kamis, 22 Agustus 2019 18:46
Deretan Wisata Kuliner Khas Kota Yogyakarta, Murah dan Legendaris
Selain dikenal sebagai kota pelajar, Kota Yogyakarta juga memiliki sajian kuliner yang khas. Yuk simak informasi wisata kuliner khas yang legendaris berikut ini.

Dream – Kota Yogyakarta, salah satu kota di tanah jawa ini memang menyimpan sejuta pesona keindahannya. Tidak hanya dijadikan sebagai kota pelajar, Kota Yogyakarta juga dikenal dengan budayanya yang sangat kental.

Kota Yogyakarta memang memiliki daya tarik tersendiri untuk bisa menggaet para wisatawan. Dengan destinasi wisata yang begitu banyak dan beragam membuat kota ini akan selalu mencuri perhatian sebagian besar orang.

Destinasi wisata ini juga tidak hanya yang berkaitan dengan sejarah saja, melainkan terdapat berbagai macam wisata mulai dari alam, modern hingga kuliner yang begitu khas.

Selain destinasi wisatanya, para wisatawan rela untuk terbang menuju Kota Yogyakarta karena ingin mencicipi sajian kuliner khas dari kota ini.

Sajian kuliner khas yang begitu legendaris bisa dengan mudah kalian temukan di Kota Yogyakarta. Sajian kuliner khas Kota Yogyakarta memang cenderung lebih ke masakan Jawa dengan sensasi manis yang lebih terasa.

Meskipun demikian, para wisatawan tidak akan pernah puas untuk mencicipi kelezatan sajian kuliner khas tersebut.

Di kota ini sendiri, sama seperti kota pada umumnya yaitu memiliki begitu banyak restoran ataupun tempat makan yang menyajikan kuliner khasnya.

Meskipun demikian, terdapat beberapa tempat legendaris yang tidak boleh untuk dilewatkan oleh para wisatawan. Penasaran kana pa saja itu? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Kuliner Kota Yogyakarta: Gudeg Yu Jum

 Deretan Wisata Kuliner Khas Kota Yogyakarta, Murah dan Legendaris

(Foto: Instagram @gudegyudjum)

Tentu saja kalian sudah pada tahu dengan Gudeg Yu Jum. Salah satu tempat makan legendaris yang menyuguhkan sajian kuliner khas Kota Yogyakarta yaitu gudeg.

Dikenal dengan kelezatannya, membuat rumah makan ini sering didatangi oleh para wisatawan baik itu lokal maupun dari mancanegara.

Bahkan, karena banyaknya pengunjung, Gudeg Yu Jum sudah memiliki beberapa cabang yang terletak di sudut Kota Yogyakarta loh.

Rumah makan yang dirintis oleh Alm. Djuwariah atau biasa dipanggil dengan Yu Djum ini sudah berdiri sejak tahun 1950 silam.

Dari semua rumah makan Gudeg Ju Yum yang tersebar di Kota Yogyakarta, rumah makan yang berada di Wijilan lah yang menjadi pusat rumah makan Gudeg Yu Jum.

Tahukah kalian? Meskipun gudeg merupakan salah satu makanan basah, sajian kuliner khas Kota Yogyakarta ini bisa loh dijadikan oleh-oleh untuk dibagikan kepada keluarga dan para tetangga di rumah.

2 dari 5 halaman

Kuliner Kota Yogyakarta: Gudeg Mbah Lindu

 Deretan Wisata Kuliner Khas Kota Yogyakarta, Murah dan Legendaris

(Foto: Instagram @dian_irfandi)

Selain Gudeg Yu Jum, terdapat salah satu lagi rumah makan yang menyajikan sajian kuliner gudeg yaitu Gudeg Mbah Lindu.

Tahukah kalian? Gudeg ini sudah ada sejak sebelum masa penjajahan Jepang loh. Wah sudah lama sekali ya Sahabat Dream. Tidak heran lagi, jika rumah makan ini banyak sekali dikunjungi oelh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Tidak hanya itu saja, sejak dulu hingga sekarang mbah Lindu sendirilah yang meracik bumbu serta mengolah sajian kuliner khas kota Yogyakarta ini.

Bahkan, saat ini usia mbak Lindu sendiri sudah seratusan tahun loh. Pasalnya, mbah Lindu ingin mempertahankan cita rasa gudeg yang tidak akan pernah berubah dari sejak dulu kala. Rumah makan ini terletak di kawasan Sosrowijayan, Kota Yogyakarta.

3 dari 5 halaman

Kuliner Kota Yogyakarta: Mangut Lele Mbah Marto

 Deretan Wisata Kuliner Khas Kota Yogyakarta, Murah dan Legendaris

(Foto: Instagram @prakosomethuselah)

Wisata kuliner khas Kota Yogyakarta selanjutnya adalah mangut lele Mbah Marto. Jika kalian berkunjung ke Kota Yogyakarta jangan heran apabila kalian menemukan banyak sekali rumah makan yang menjual sajian mengut lele.

Pasalnya, mangut lele merupakan salah satu dari sajian kuliner khas Kota Yogyakarta. Dari semua rumah makan yang menyajikan mangut lele, terdapat satu rumah makan yang begitu legendaris yaitu Mangut Lele Mbah Marto.

Terletak di Jalan Parangtritis KM 6.5, Dusun Sewon, Panggungharjo, Bantul ini telah memikat sejumlah wisatawan.

Mangust lele sendiri terdiri dari lele yang telah diasapkan terlebih dahulu. Kemudian lele tersebut dimasak menggunakan kuah santan kuning serta bumbu rahasia lainnya. Ketika berkunjung kesini, jangan heran jika kalian akan langsung disuruh masuk ke tempat proses masak mangut lele ini berlangsung. Pasalnya, itulah keiistimewaan dari rumah makan ini. Untuk satu porsinya, kalian hanya perlu membayar sekitar Rp 20.000.  

4 dari 5 halaman

Kuliner Kota Yogyakarta: Mie Ayam Bu Tumini

 Deretan Wisata Kuliner Khas Kota Yogyakarta, Murah dan Legendaris

(Foto: Instagram @kulinerlegendaris)

Bagi kalian pecinta sajian mi, jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan salah satu sajian kuliner khas Kota Yogyakarta ini yaitu Mie Ayam Bu Tumini.

Rumah makan ini telah berdiri sejak tahun 1990 loh, apa kalian sudah lahir di tahun tersebut?

Keistimewaan dari rumah makan ini adalah bahan utama yang digunakannya yaitu mi, ternyata dibuat sendiri bahkan dalam sehari bisa menghabiskan sekitar 70 kilogram tepung terigu.

Selain itu, kuah kental dan gurihnya membuat lidah kalian akan merasa sangat puas dengan kenikmatan yang diberikan sajian ini.

Terdapat beberapa menu yang bisa menjadi referensi kalian jika akan berkunjung kesini yaitu mie ayam ceker, mie ayam jumbo hingga mie ayam dengan ekstra ayam.

Mengapa menjadi referensi? Sebab, rumah makan ini dari buka hingga tutup tidak akan pernah sepi dari pengunjung. Terletak di Jalan Imogiri Timur No 187, Umbulharjo ini menjual semangkok mie ayam mulai dari harga Rp 8.000 saja.

5 dari 5 halaman

Kuliner Kota Yogyakarta: Sate Klatak Pak Bari

 Deretan Wisata Kuliner Khas Kota Yogyakarta, Murah dan Legendaris

(Foto: Instagram @silvi_wahyudi)

Wisata kuliner khas Kota Yogyakarta selanjutnya adalah Sate Klatak Pak Bari. Sate klatak sendiri merupakan sate kambing namun menggunakan kambing muda yang berusia 8-9 bulan sehingga memiliki tekstur yang lembut.

Sate klatak Pak Bari sendiri telah berdiri sejak sebelum tahun 1945. Rumah makan ini sejak lama sudah populer di kalangan masyarakat.

Namun, sejak kemunculan sajian kuliner ini di film ‘Ada Apa dengan Cinta 2’ pada tahun 2016, eksistensi dari sate klatak Pak Bari menjadi semakin meningkat.

Terletak di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No 5, Wonokromo, Pleret, Bantul ini buka mulai pukul 06.30 sore hingga pukul 1 dini hari.

Untuk bisa menikmati kelezatan sate klatak ini, kalian cukup membayar sekitar Rp 20.000 untuk satu porsi sate klatak.

(ism, Sumber: Traveloka dan Liputan6)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie