Cara Enak Orang Asia Masak Nasi

Reporter : Sugiono
Senin, 15 Januari 2018 11:43
Cara Enak Orang Asia Masak Nasi
Tradisi orang-orang Asia saat memasak nasi cukup unik. Meski tidak menggunakan peralatan modern.

Dream - Di sebagian besar rumah tangga di Asia, nasi di atas meja identik dengan makanan pokok. Ini sama seperti bambu muda bagi panda.

Namun, meski sudah menjadi bagian hidup, masih banyak orang-orang Asia yang masih harus belajar memasak nasi dengan baik dan benar.

Memasak nasi adalah ketrampilan yang penting dimiliki bagi orang-orang Asia. Masalahnya, sebaik apa pun jenis beras, tapi kalau cara memasaknya tidak benar akan menghasilkan nasi yang lembek, terlalu keras, atau tidak pulen.

Karena itulah, sudah saatnya bagi warga Asia, khususnya Indonesia, untuk tahu bagaimana caranya memasak nasi yang baik dan benar.

Tradisi orang-orang Asia saat memasak nasi cukup unik. Meski tidak menggunakan peralatan modern, tapi nasi yang dihasilkan bisa pulen dan enak.

Dilansir dari Nextshark.com, berikut ini beberapa 'jurus' memasak nasi pulen dan enak ala orang-orang Asia tempo doeloe. Cara ini bahkan diakui keunggulannya oleh pakar kuliner luar negeri, lho!

Berikut caranya...

1 dari 4 halaman

Metode Jari Telunjuk

Dream - Selama ini masalah yang paling diperdebatkan untuk menghasilkan nasi pulen dan enak adalah perbandingan antara beras dan air yang digunakan.

Namun ada satu cara sederhana untuk menentukan perbandingan tersebut. Yaitu dengan menggunakan jari telunjuk.

Untuk memperkirakan jumlah air yaitu dengan memasukkan jari ke dalam panci yang telah berisi air dan beras. Jika tinggi air mencapai ruas kedua dari jari telunjuk, artinya takarannya sudah pas.

 Masak Nasi Gunakan Jari

Kristin Wong dari Lifehacker sangat mengandalkan metode ini.

" Saya pernah melihat kebanyakan orang di keluarga saya menggunakan metode ini, dan saya merekomendasikannya kepada orang lain saat memasak nasi."

Menurut Kristin, nasi yang dihasilkan dengan cara ini tidak lembek atau keras. Nasinya sangat pulen dan sedikit lengket.

" Namun kita tidak selalu ingin menghasilkan nasi seperti itu selamanya. Semua tergantung dari masakannya juga. Tapi saya selalu menggunakan metode ini untuk masakan Cina dan Thailand," tambahnya.

Lain lagi dengan Sue Pressey dari blog My Korean Kitchen. Perempuan Australia ini memakai variasi lainnya dari teknik yang sama.

Sue menggunakan ruas ketiga dari jarinya untuk menentukan jumlah air yang dibutuhkan untuk memasak nasi.

" Saya selalu mengukurnya secara manual yang disebut dengan metode ruas jari. Dengan menambahkan air sampai memenuhi hampir ruas ketiga pada jari ketika dicelupkan secara vertikal dan menyentuh permukaan beras. Apa ini terdengar ilmiah? Sepertinya banyak orang Korea yang menggunakan cara ini. Bukan hanya saya," katanya.

2 dari 4 halaman

Direndam

Dream - Namiko Chen, penulis blog kuliner Jepang Just One Cookbook, mengatakan sangat penting untuk merendam beras, khususnya beras Jepang, dalam air selama 30 menit sebelum dimasak.

" Beras yang menjadi kering di dalam karung setelah digiling memerlukan kelembaban untuk menghidupkan kembali teksturnya. Berikan sedikit waktu bagi beras untuk menyerap air agar nasi memiliki tekstur yang bagus setelah dimasak," katanya.

Setelah direndam, beras harus diangin-anginkan paling tidak selama lima menit agar tidak lembek.

Nami juga memperingatkan agar tidak membuka tutup saat memasak nasi, yang sering dilakukan saat menunggu air sudah mendidih atau belum.

" Saya belajar dari pengalaman saya untuk mengetahui tanda air sudah  'mendidih' melalui suaranya. Namun, sampai Anda melakukannya, tidak apa-apa untuk mengintip cepat-cepat ke dalam panci untuk melihat apakah airnya mendidih," tambahnya.

Terakhir, Nami juga menyarankan untuk menggunakan panci yang memiliki tutup yang rapat. Selain itu, Nami juga memberi tips agar merentangkan kain bersih di antara panci dan penutupnya.

3 dari 4 halaman

Direbus Tanpa Tutup

Dream - Pengusaha makanan Ching-He Huang memberikan tips di Cooking Channel tentang cara memasak beras Jasmine.

" Beras Jasmine merupakan 'kanvas' terbaik untuk menghasilkan masakan China yang punchy dan enak. Karena itu dibutuhkan cara memasak beras tersebut dengan benar," katanya.

Menurut Huang, ketika dimasak menggunakan kompor biasa, beras Jasmine harus direbus dalam panci tanpa tutup sampai waktu tertentu.

Selain itu, lanjut Huang, beras harus dibersihkan secara menyeluruh. Artinya beras harus bebas dari pati sebelum dikukus.

Mengenai airnya, Huang menggunakan teknik menggadakan takaran air dari takaran beras itu sendiri. Misalnya, beras 300 gram direbus bersama 600 gram air.

Beras kemudian direbus dalam panci tanpa penutup. Setelah mendidih, panasnya diturunkan. Huang menjelaskan alasan dia menggunakan teknik ini.

" Panasnya diturunkan dengan mengatur suhu ke yang paling rendah (sambil pasang tutupnya lagi). Masak nasi dalam kondisi panci ditutup selama 15-20 menit, sampai semua air terserap. Pastikan untuk mengawasi waktunya, atau Anda akan menemui nasi yang gosong di bagian bawah panci," jelas Huang.

 Masak Nasi Gunakan Panci Tanpa Tutup

Menurut Huang, dengan cara ini kita sebenarnya telah menggunakan dua teknik sekaligus.

Merebus beras dan membiarkannya sampai mendidih. Setelah itu, memasak nasi dengan uap yang ada di panci yang tertutup.

Nasi hasil dari teknik yang Huang gunakan ini dia sebut dengan nasi rebus-asap

4 dari 4 halaman

Memasak di Atas Kompor

Dream - Teknik yang digunakan Huang dengan menurunkan panas setelah mendidih juga direkomendasikan oleh Rebecca Lynne Tan dari The Straits Times.

Dia menyebut teknik ini dengan sebutan memasak nasi di atas kompor menggunakan metode penyerapan.

Menurut Rebecca, bagi mereka yang tidak memasak nasi dengan menggunakan rice cooker, mengetahui cara memasak nasi di atas kompor adalah suatu keharusan.

" Mendidihkan beras pada panas tinggi sampai sebagian besar airnya diserap. Setelah itu menurunkan panasnya ke suhu yang rendah sambil menutup panci, dan membiarkannya masak sekitar 15 menit," jelas Rebecca.

Dia menambahkan, mengenai takaran airnya, semua tergantung pada bagaimana seseorang menyukai nasinya. Tapi dia menyebutkan bahwa untuk beras Jasmine, aturan praktisnya adalah 1 sampai 1 1/4 cangkir air.

Menariknya, Rebecca juga menggunakan metode ruas jari. Baginya, cara yang terbaik menentukan air yang digunakan memasak nasi adalah dengan menggunakan jari telunjuk.

" Cara terbaik adalah menggunakan jari telunjuk saya untuk mengukur takaran air. Saya meletakkan jari telunjuk secara vertikal dan menyentuh permukaan beras. Dalam kondisi seperti itu, tinggi air harus mencapai sekitar tiga perempat jari saya, yakni tepat di ruas kedua jari saya," pungkas Rebecca.

(ism, Sumber: Nextshark.com)

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-