Hidangan Nikmat ala Chef Ternama di Singapore Food Festival 2021

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 12 Agustus 2021 19:48
Hidangan Nikmat ala Chef Ternama di Singapore Food Festival 2021
Bakal memanjakan para pecinta kuliner Asia.

Dream – Singapore Food Festival (SFF) 2021 edisi ke-28 kembali hadir dan digelar secara hybrid untuk pertama kalinya. SFF merupakan acara yang wajib diikuti bagi pecinta kuliner.

Mengingat situasi dan kondisi pandemi yang masih tak menentu, acara ini pun akan dikemas dengan online dan offline. Mengundang seluruh pecinta kuliner, baik di Singapura mau pun seluruh penjuru dunia.

Diselenggarakan selama tiga pekan, mulai dari 27 Agustus hingga 12 September 2021. Para pecinta kuliner akan dimanjakan untuk menemukan kembali kecintaan terhadap kuliner khas Singapura. Kamu dapat mengikuti masterclass, bundel makanan, tur, dan mendapat merchandise edisi terbatas.

Serene Tan, Direktur Ritel dan Makanan sekaligus Dewan Pariwisata Singapura, menjelaskan bahwa akitvitas yang berjalan serba dari rumah membuat masyarakat semakin kreatif. Terutama dalam hal membuat konten di media sosial. Ia melihat fenomena ini dapat menjadi peluang untuk memperkenalkan SFF lebih global.

Singapore Food Festival© Dream

“ Ini pertama kalinya SFF go international. Nantinya akan ada di beberapa negara, seperti Bangkok, Jakarta, dan New York,” kata Serene pada Virtual Media Preview SFF, Kamis 12 Agustus 2021.

Selama penyelenggaraan ada kelas memasak yang akan mendapat tutor dari Chef ternama asal Singapura. Mereka bakal menyajikan hidangan khasnya. Siapa saja?

 

1 dari 5 halaman

“The Boyster Omelette” oleh Chef Bjorn Shen Arthicoke

Bjorn Shen merupakan pemenang acara Master Chef Singapura 2018 lalu, yang menaruh hatinya pada makanan khas Singapura terutama Boyster Omelette.

Meski makanan berbahan dasar telur terkesan biasa, dia berhasil membuatnya menjadi spesial dan unik. Bjorn menggoreng kocokan telur pada minyak panas hingga terendam, sehingga bagian luarnya garing dan bagian dalamnya tetap lembut.

 

2 dari 5 halaman

“Buah Keluak Babka Baking Bash” oleh Chef Maxine Ngooi dari Tiger Lily Patisserie

Makanan yang terbuat dari adonan roti, kerap memberikan cita rasa yang manis seperti paduan cokelat dan hazelnut. Menu andalan Maxine ini, meninggalkan rasa yang asin karena terbuat dari buah keluak babka dengan rempah-rempah.

Adonan roti yang sudah kalis, didiamkan semalaman dan dibentuk menjadi persegi. Kemudian dioleskan buah keluak babka dan digulung menjadi bunga yang cantik. Panggang dalam oven 70 derajat selama 18 menit, dan hasilnya berupa menu yang unik.

“ Bentuknya tidak perlu terlalu bagus, yang penting rasanya berkualitas,” kata Maxine.

 

3 dari 5 halaman

“Hakka Hands” oleh Chef Douglas Ng dari Fishball Story

Jika kedua koki sebelumnya menyajikan makanan ringan, Douglas memilih untuk mengolah makanan berat yang banyak digemari yaitu tofu. Biasanya, isian tahu menggunakan daging ayam atau sapi.

Singapore Food Festival© Dream

Ingin tampil berbeda dan lebih sehat, Douglas memilih menggunakan ikan yang cocok dikombinasikan dengan kuah laksa dan kolagen. Kuah panas akan dituang pada berbagai jenis sayur terlebih dahulu, sebelum dicampur dengan tahu.

Kabar baiknya, Douglas tidak menggoreng tahu tapi merebusnya hingga matang dan berubah warna. Pria ini mengaku telah membuat makanan serupa selama tujuh tahun. Penasaran mencicipi.

 

Laporan: Angela Irena Mihardja

4 dari 5 halaman

Resep Laksa Singapore, Kuahnya Bikin Nagih

Dream - Hidangan dengan kuah gurih dan pedas selalu bikin semangat makan. Salah satu menu yang bisa Sahabat Dream buat dengan cita rasa tersebut adalah Laksa Singapore.

Kuahnya sangat kaya akan bumbu, dengan perpaduan kaldu udang super gurih. Segera bikin di rumah. Berikut resepnya.

Bahan-bahan
- 1 pack bihun/ soun
- 500cc kaldu udang
- 2 sdt kecap ikan
- 1 sdt kecap asin

Bumbu halus
- 3 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah
- 4 buah cabe kering
- 1 batang sereh (potong kecil ambil bagian putihnya)
- 2 cm jahe
- 1 sdt ebi
- 1 sdt terasi
- 3 buah kemiri

 

5 dari 5 halaman

Isian:
- 100 gram udang ukuran sedang, kupas kulitnya
- 6 buah bakso ikan
- 6 potong tahu pong
- Tauge
- Daun ketumbar

Laksa© Laksa


Cara membuat:

- Haluskan seluruh bahan bumbu halus dan tumis hingga matang
- Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam kaldu udang yang sudah dididihkan
- Masukkan udang, bakso ikan, dan tahu
- Masukkan kecap ikan, kecap asi, dan koreksi rasa, rebus kuah di api kecil
- Rebus soun/ bihun di panci terpisah, tiriskan dan taruh di mangkuk saji
- Siram dengan kuah laksa, udang dan bakso
- Sajikan laksa dengan tauge, dan daun ketumbar

Beri Komentar