Kenalan dengan Kuliner Otentik dari Basque di Jakarta

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 21 Juni 2019 11:12
Kenalan dengan Kuliner Otentik dari Basque di Jakarta
Daerah ini memiliki kultur yang begitu kuat dan terkenal dengan kulinernya yang otentik.

Dream - Sahabat Dream pernah mendengar Basque? Basque merupakan daerah otonomi di utara Spanyol. Daerah ini memiliki kultur yang begitu kuat dan terkenal dengan kulinernya yang otentik.

Penduduk asal Basque mengembangkan budaya mereka lewat dunia kuliner. Bagi kamu yang ingin mencicipi citarasa baru, hidangan dari Baque bisa jadi pilihan.

Salah satu restoran di Jakarta yang menyediakannya adalah Txoko di Jalan Suryo, Jakarta Selatan

" Masakan Basque terus berkembang. Selalu ada penambahan bahan, rasa dan teknik baru yang menyempurnakan resep terdahulu," ujar Oskar Urzelai, salah satu Chef di Txoko, kemarin. 

Beberapa makanan Basque yang bisa kamu coba adalah Beef Tartare, Grilled Octopus with Boletus Cream dan Seaweed with Squid Mellow Rice. Penasaran seperti apa makanan tersebut?

1 dari 6 halaman

Makanan Dingin Menyegarkan

Jika biasanya daging atau gurita dihidangkan sebagai makanan hangat (hot dish), namun kamu bisa merasakan kesegaran kedua bahan itu ketika disajikan dingin dengan potongan bawang maupun saus jamur.

 Makanan Basque

Saus jamur membuat cita rasa dan tekstur gurita lebih creamy. Sedangkan potongan bawang dan timun membuat daging yang disajikan mentah, terasa lebih segar.

2 dari 6 halaman

Nasi Hijau

Untuk pecinta nasi, Squid Mellow Rice akan cocok untuk kamu. Rasa nasi hijau yang gurih dengan potongan cumi kenyal bisa memuaskan kebutuhan karbohidrat dan proteinmu.

 Nasi Hijau

Makanan lainnya yang bisa dicoba adalah Marinated Salmon with Mustard Ice Cream, Garlic Prawns pret-a-Porter, Spanish Omelette 'Lasao' atau Burrata Salad with Red pesto Dressing.

Sebagai hidangan penutup, kamu bisa mencicipi Idiazabal Cheese Cake with Honey Ice Cream. Gurihnya cheese cake mampu memperbaiki suasana hati.

Rasa manis dari es krim madunya pun pas di lidah. Berminat untuk mencoba?

3 dari 6 halaman

4 Pasar Terbesar di Dunia, Surganya Makanan Otentik

Dream - Pasar bahan makanan di tiap negara selalu menarik untuk dikunjungi. Terutama bagi mereka yang penasaran dengan bahan pangan dan bumbu-bumbu khas yang tak bisa ditemui di tempat lain.

Seperti pasar-pasar berikut. Ada yang umurnya sudah ratusan tahun dan hingga kini masih berdiri kokoh dan ramai dikunjungi. Penasaran? Yuk, lihat daftarnya.

1. St. Lawrence Market, Toronto

 St Lawrence

(Foto: Instagram St Lawrence)

St. Lawrence adalah salah satu pasar makanan terbaik di dunia. Ini adalah tempat makanan utama bagi wisatawan dan masyarakat setempat. Sejak 1803, St Lawrence Market telah menjadi pusat perhatian kuliner kota Toronto.

Pasar ini memiliki lebih dari 120 vendor yang menjual produk makanan, termasuk bahan pangan segar, kue dan pai buatan sendiri, roti dan produk lokal lainnya. Pasar ini juga menjual barang-barang impor seperti buah-buahan tropis atau makanan lainnya yang tidak mudah tersedia di Toronto.

4 dari 6 halaman

2. Borough Market, London

Ini adalah salah satu pasar buah dan sayur tertua dan terbesar di dunia. Pasar ini telah berjalan sejak 1755 dan benar-benar terkenal dengan makanan segar.

 Borough Market

(Foto: Instagram Borough Market)

Pasar ini menjual semua jenis buah dan sayuran segar dan makanan khusus lainnya. Vendor dari berbagai bagian Inggris diyakini datang ke sini untuk mengekspor dan mengimpor makanan Eropa.

5 dari 6 halaman

3. Or Tor Kor Market, Bangkok

Pasar ini dikenal sebagai pasar segar terbesar ke-4 di dunia yang menawarkan buah, sayuran, dan makanan lain yang tak terbatas. Jika kebetulan berada di Bangkok, maka harus mengunjungi tempat ini.

 Or Tor Kor

(Or Tor Kor Market/ Shutterstock)

Or Tor Kor juga menjual makanan ringan Thailand, makanan penutup, makanan siap saji, kari, hidangan tumis, dan masih banyak lagi.

Pasar ini pasti tidak akan mengecewakan. Menghabiskan waktu berjam-jam di sini mencoba berbagai jenis makanan tradisional pasti tak akan terasa.

6 dari 6 halaman

4. Khari Baoli, India

Pasar ini dikenal sebagai pasar rempah-rempah terbesar dunia dan menawarkan semua jenis rempah-rempah, kacang-kacangan, jamu dan produk makanan seperti beras dan teh.

 Khari Baoli

(Khari Baoli/ Shutterstock)

Tempat ini terkenal di antara para wisatawan karena memamerkan kekayaan rempah India.

Laporan: Ava Haprin/ Sumber: NDTV

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting