Proses Pembuatan Marugame Udon Autentik Sampai Stategi Market Dicintai Masyarakat Indonesia

Reporter : Editor Dream.co.id
Minggu, 15 Oktober 2023 18:20
Proses Pembuatan Marugame Udon Autentik Sampai Stategi Market Dicintai Masyarakat Indonesia
Berbeda dari yang lain, mulai dari proses meracik adonan hingga mi udon tersajikan, Marugame tunjukkan di depan pengunjung

1 dari 16 halaman

Proses Pembuatan Marugame Udon Autentik Sampai Stategi Market Dicintai Masyarakat Indonesia

Proses Pembuatan Marugame Udon Autentik Sampai Stategi Market Dicintai Masyarakat Indonesia © Dream

2 dari 16 halaman

© Dream

Dream - Marugame Udon mengadakan perayaan gerai baru yang ke 100 di Indonesia di Grand Kota Bintang, Bekasi pada Sabtu 14 Oktober 2023. 
Di pembukaan gerai terbarunya, Marugame memperlihatkan proses pembuatan mie udon oleh chef Enomoto yang langsung didatangkan dari Jepang. 

3 dari 16 halaman

© Dream

Chef ini menunjukkan cara mengadon tepung,  menggulung, memipihkan, dan memotong adonan sesuai ukuran yang nantinya akan direbus menjadi udon yang siap santap.

4 dari 16 halaman

Proses Pembuatan Udon

Awalnya terlihat segumpal adonan yang tak berbentuk dalam sebuah mangkuk. Koki asli Jepang ini memainkan adonan tadi dengan rollingan besar untuk menggulung adonan.

Selanjutnya proses pengerolan juga disertai dengan menabur tepung agar tidak lengket di tangan. Tak lama kemudian, Enomoto mengganti rolling yang lebih kecil untuk meratakan gulungan adonan tadi.

5 dari 16 halaman

© Dream

Kemudian terlihat rata, adonan tadi dilipat agar mudah untuk dipotong. Proses pemotongan dilakukan dengan penuh perhitungan agar udon tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.

6 dari 16 halaman

© Dream

Setelah adonan berbentuk seperti mi udon, diletakan pada sebuah mangkuk. Setiap satu porsi mangkuk berisi 200gram mi udon.

7 dari 16 halaman

Udon Humidor

imageUdon Humidor" /> © Dream

Sebelumnya, adonan udon dibentuk menjadi mi, dimasukan terlebih dahulu ke alat Udon Humidor selama kurang lebih 24 jam. Fungsinya agar adonan mudah dibentuk dan teksturnya lebih kenyal dan tebal. 

Barulah setelah itu, adonan dibentuk menjadi mi dan dimasak sampai menjadi hidangan udon yang lezat.

8 dari 16 halaman

© Dream

Chief Executive Officer of Marugame Indonesia, Hajime Kondoh bersyukur produk Marugame Udon diterima di lidah masyarakat Indonesia sampai membuka 100 Outlet. 

9 dari 16 halaman

"Saya bersyukur hari ini kita bisa merayakan outlet marugame udon yang ke 100 di Kota Bintang, di Indonesia. Saya juga berterima kasih dari lubuk hati saya yang paling dalam, kepada seluruh stakeholder sehingga kami bisa bekerja sejauh ini.

10 dari 16 halaman

© Dream

Hajime Kondoh mengatakan sebelum membuka dan menciptakan rasa otentik mereka mengamati pola makan dan makanan kesukaan orang Indonesia. 

" Ya makannya di awal-awal itu saya berusaha mengamati pola makan dan kehidupan makan orang indonesia.  Saya menemukan bahwa orang Indonesia itu suka makanan gorengan dan sesuatu yang rasanya gurih dan kuat," kata Hajime.

11 dari 16 halaman

"Makannya saya juga konsultasi dulu bagaimana caranya supaya masakan Jepang ini benar-benar bisa sesuai bisa cocok dengan lidah orang Indonesia. Makannya itu menjadi salah satu faktor kesuksesan marugame Indonesia,"

imbuh Hajime Kondoh.

12 dari 16 halaman

© Dream

Selain itu, Hajime mengatakan udon buatan marugame menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan alami sehingga menghadirkan rasa otentik.

Bahan dasar  mi gandum yang dibuat menggunakan teknik khas Jepang sehingga terasa tebal dan kenyal. Bedanya ada pada bumbu pelengkap setiap menu.

13 dari 16 halaman

“Yang membedakan pada menu udon kami berada pada bumbu pelengkap udon, seperti pada menu-menu Kamaage Udon, Kake Udon, Tori Baitan Udon, Niku Udon, dan lain sebagainya,”

14 dari 16 halaman

© Dream

Menurut Hajime salah satu stategi untuk memikat daya tarik pengunjung adalah menampilkan aktivitas para pegawai memasak udon sampai siap dihidangkan.

15 dari 16 halaman

"Ini sebenarnya masuk dalam strategi kami. Pengunjung yang tergoda dengan makanan hangat tepat di depan mereka, tak perlu menunggu pegawai, mereka bisa langsung menambah menu yang diinginkan,” tambah Kondo.

16 dari 16 halaman

Takaya Awata selaku President and CEO of TORIDOLL Holdings Corporation, menyatakan, target marugame udon adalah memiliki 200 gerai di tahun 2028.

Setelah perkembangan pesat selama 10 tahun ini, mereka yakin 5 tahun ke depan Marugame Udon akan tersebar luas di Indonesia dari sabang hingga merauke.

Terlebih selama 23 tahun memulai bisnis ini bersama  Hajime Kondoh diberbagai negara, Indonesia palinng sukses.

" Tak terasa juga marugame udon sudah membuka cabang di berbagai negara. Menurut saya di antara semua negara yang membuka cabang marugame udon, Indonesia itu yang paling sukses," kata Takaya Awata.

Beri Komentar