Mengintip Kreasi Mentai dan Onigiri dari Eatdible, Ternyata Awalnya Hanya Coba-Coba Saja

Reporter : Wuri Anggarini
Senin, 5 September 2022 15:01
Mengintip Kreasi Mentai dan Onigiri dari Eatdible, Ternyata Awalnya Hanya Coba-Coba Saja
Momen awal pandemi yang membuatnya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah justru menjadi awal ia merintis usaha kuliner yang diberi nama Eatdible di Jakarta.

Pasti masih ingat dong masa awal-awal pandemi dulu, di mana banyak kegiatan yang hanya dilakukan dari rumah saja. Selama momen tersebut, banyak orang yang melakukan eksplorasi membuat makanan dan minuman, hingga berbagi resepnya di media sosial. Siapa sangka, berawal dari coba-coba tersebut ternyata bisa menjadi peluang bisnis kuliner yang cukup menjanjikan?

Ini jugalah yang sempat dialami oleh Audrey. Momen awal pandemi yang membuatnya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah justru menjadi awal ia merintis usaha kuliner yang diberi nama Eatdible di Jakarta. Intip perjalanan inspiratifnya, yuk!

1 dari 3 halaman

Peluang di Masa Pandemi

Mengintip Kreasi Mentai dan Onigiri dari Eatdible, Ternyata Awalnya Hanya Coba-Coba Saja

Langkah pertama Audrey dalam membangun Eatdible dimulai pada Juli 2020 selama menjalani work from home atau WFH. Ketika banyak orang mulai sering bereksplorasi memasak, ia pun tergerak untuk membuat mentai sendiri.

“ Setelah melakukan percobaan dan membagi-bagikan kepada orang sekitar, ternyata responnya sangat baik. Akhirnya kami memutuskan membuat mentai untuk dijual dengan brand Eatdible,” cerita Audrey ketika diwawancarai tim ManisdanSedap.com.

Nama Eatdible dipilih bukannya tanpa alasan. Audrey menjelaskan bahwa nama tersebut memiliki makna tersendiri yang berhubungan dengan usaha kulinernya.

“ Nama usaha Eatdible muncul karena kami ingin membuat beberapa macam makanan yang tidak berpatokan terhadap 1 jenis makanan saja. Agar orang-orang bisa melihat Eatdible bukan sebagai brand yang menjual hanya mentai saja tapi juga beragam makanan yang enak,” jelas Audrey.

2 dari 3 halaman

Perjalanan Membangun Eatdible di Tengah Persaingan Ketat

Mengintip Kreasi Mentai dan Onigiri dari Eatdible, Ternyata Awalnya Hanya Coba-Coba Saja

Audrey mengaku bahwa tantangan selama mengembangkan Eatdible adalah banyaknya penjual yang sudah lebih dulu merintis, punya banyak karyawan dan memiliki cabang di mana-mana. Menurutnya, hal tersebut menyulitkan karena usaha yang dirintisnya hanya usaha keluarga dan tidak memiliki karyawan.

“ Kami hanya menerima pre order (PO) karena kami ingin pembeli merasakan makanan yang fresh baru dibuat, bukan sekadar dihangatkan saja. Awalnya PO kami hanya seminggu sekali, karena perlu adanya penyesuaian dengan kerja kantoran kami saat itu. Namun, akhirnya kami memutuskan untuk membuka PO setiap hari agar pelanggan tidak perlu menunggu lama,” cerita Audrey.

Di tengah perjalanannya, Audrey merasa bahwa persaingan mentai semakin banyak sehingga ia memerlukan produk baru untuk menarik perhatian pembeli. “ Akhirnya kami memutuskan untuk membuat onigiri yang saat itu masih sangat jarang dijual. Ternyata, peminatnya sangat banyak,” lanjutnya.

Begitu pandemi mulai usai, ia pun merasakan tantangan lain yang ternyata juga mempengaruhi usaha kulinernya. “ Sejak kondisi mulai kembali normal dan orang-orang mulai bisa membeli makanan lebih cepat dan mudah, usaha kami tentu berdampak dan saat ini menurun penjualannya. Namun, saya bersyukur karena Eatdible sudah memiliki pelanggan setia,” ungkap Audrey.

3 dari 3 halaman

Menu Pre Order dengan Beragam Variasi Ukuran

Mengintip Kreasi Mentai dan Onigiri dari Eatdible, Ternyata Awalnya Hanya Coba-Coba Saja

Eatdible menghadirkan menu pre order berupa mentai dan onigiri yang diolah dengan bahan-bahan berkualitas sehingga cita rasanya terjaga. Untuk mentai, ada berbagai ukuran tersedia mulai dari normal (300gr), medium (700gr), dan party (1000gr). Sementara itu khusus onigiri tersedia varian spicy tuna dan salmon.

“ Onigiri adalah makanan favorit di Eatdible karena kami sudah menjual lebih dari 2000 pcs saat ini,” lanjutnya.

Audrey pun memiliki harapan agar Eatdible yang dirintisnya ini bisa menjangkau lebih banyak konsumen di luar kota dan ke depannya bisa disajikan tanpa harus pre order. Harapan ini pun mendapatkan dukungan dari ManisdanSedap.com yang dikenal sebagai platform kuliner yang menjadi bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

Dilengkapi juga dengan tombol pemesanan, tinggal klik saja maka kamu akan dihubungkan langsung ke nomor WhatsApp untuk melakukan pemesanan. Transaksi dilakukan di luar platform sehingga nggak perlu ribet lagi.

Reporter: Maretha Norma

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Beri Komentar