Minyak Zaitun Terbaik Dunia Berasal dari Negara Ini

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 26 November 2020 08:42
Minyak Zaitun Terbaik Dunia Berasal dari Negara Ini
Bukan Italia, Sahabat Dream bisa menebak?

Dream - Minyak zaitun sejak lama jadi minyak andalan untuk memasak sehat. Terutama mereka yang tak lagi menggunakan minyak sawit biasa untuk mengolah makanan. Selama ini, minyak zaitun identik dengan hidangan Italia.

Masyarakat Italia memang selalu menggunakan minyak zaitun untuk mengolah masakan rumahan mereka. Perkebunan zaitun juga cukup banyak di Italia, namun siapa sangka kalau minyak zaitun terbaik bukan dari negara cantik ini.

Lalu dari mana minyak zaitun terbaik di dunia berasal? Rupanya dari semenanjung Istrian Crotia di Adriatik utara, Kroasia.

Dikutip dari Times of India, hanya dalam 15 tahun, semenanjung Istrian Kroasia di utara Adriatik telah menjadi salah satu penghasil minyak zaitun terbaik dunia dan telah menerima penghargaan industri teratas.

 

1 dari 6 halaman

Minyak zaitun yang diproduksi di sini diyakini memiliki kualitas terbaik. Pada 2020, Istrian memenangkan penghargaan wilayah terbaik di dunia panduan Flos Olei untuk minyak zaitun extra virgin selama 6 tahun berturut-turut. Panduan ini disusun oleh para pencicip minyak zaitun yang sangat ahli.

4 Dampak Buruk Pemakaian Minyak Zaitun Sebagai Pelumas© MEN

Menurut Denis Ivosevic dari Dewan Pariwisata Istrian, sekitar 15 tahun yang lalu tidak ada produsen minyak zaitun kemasan di Istria dan tidak ada verifikasi ahli tentang kualitasnya.

“ Sekarang Istrian telah menjadi daerah tempat para tamu karena mereka tahu minyak zaitun jenis apa yang bisa mereka beli," kata Ivosevic.

 

2 dari 6 halaman

Sekitar 70 produsen minyak zaitun dari Istrian dinilai oleh panduan Flos Olei. Manuel Grubic, pemilik pabrik minyak zaitun di kota Bale, mengatakan kualitas minyak didasarkan pada hasil kerja produsen.

Khasiat Minyak Zaitun untuk Kecantikan© MEN

" Panen zaitun dilakukan secara manual, langsung diproses dan kuantitas yang dihasilkan relatif sedikit," katanya.

Miroslav Pliso, salah satu pebisnis minyak zaitun di Istrian, mengatakan bahwa fokus pada kualitas produksi dan penghargaan industri telah menempatkan Istrian di peta dengan turis yang mencari gastronomi lokal yang baik.

3 dari 6 halaman

Lebih Sehat, Ide Mengolah Hidangan dengan Sedikit Minyak

Dream - Bagi Sahabat Dream yang sedang ingin menjaga berat badan, hidup lebih sehat atau mungkin berdiet ketat, salah stau yang harus dikurangi konsumsinya adalah minyak. Hidangan kaya minyak seperti ayam goreng, kerupuk atau gorengan, memang sebaiknya tak dikonsumsi.

Kita harus mencari cara lain untuk mengolah hidangan agar lebih sehat. Bisa membuat makanan minim minyak atau tanpa minyak sama sekali. Mungkin awal-awal akan penuh tantangan, terutama bagi kamu yang suka hidangan gorengan.

Bagaimana kalau mencoba dulu trik-trik masak berikut yang tak banyak gunakan minyak tapi tetap nikmat.

Pilih perkakas masak yang tepat
Kini banyak sekali pilihan pan atau penggorengan yang antilengket non PFOA, yang aman bagi kesehatan. Perkakas masak ini anti lengket dan tak perlu banyak minyak untuk mengolah bahan makanan.

Untuk mengolah telur pun tak perlu mentega. Nah, menyediakan perkakas masak yang tepat di rumah bisa dilakukan. Meski diolah tanpa minya, hidangan tetap akan menggugaj selera jika dimasak dan dibumbui dengan tepat.

 

4 dari 6 halaman

Tumisan
Sayur, daging, ikan bisa diolah dengan cara ditumis. Untuk membuat tumisan hanya perlu sedikit minyak. Dalam memilih minyak untuk menumis, hindari menggunakan minyak goreng biasa. Lebih baik memakai minyak zaitu, canola atau minyak bunga matahari.

Hindari mengolah masakan dengan deep fried atau merendamnya dalam minyak panas yang banyak. Buat saja menu tumisan yang hanya membutuhkan sedikit minyak, tapi perbanyak bumbu. Rasanya juga akan nikmat.

Ikan kukus© Shutterstock

Panggang dan kukus
Jika biasanya mengolah ayam dengan digoreng, cobalah lebih sering untuk memanggang atau mengukusnya. Begitu pun saat memasak ikan atau daging. Cari-cari resep menu panggangan dan kukus yang cocok di lidah.

5 dari 6 halaman

Tumis Tahu Saus Teriyaki, Hidangan Sedap Kaya Gizi

Dream - Tahu termasuk bahan pangan yang kaya akan protein. Biasanya diolah dengan digoreng, dikukus atau ditumis dengan sayuran hijau. Ada cara lain mengolahnya dengan gaya oriental, yaitu menggunakan saus teriyaki.

Bisa jadi hidangan untuk makan sarapan, makan siang atau makan malam. Untuk membuatnya sangat mudah, tak perlu ribet. Intip saja resepnya.

Tumis Tahu Saus Teriyaki, Hidangan Sedap Kaya Gizi© MEN

Bahan:
- 2 kotak tahu (potong dadu)
- 4 siung bawang putih (potong tips)
- 1 batang daun bawang
- 5 buah cabai rawit (potong kecil)
- 4 sdm saus teriyaki
- ½ sdt lada
- 3 sdm kecap manis
- Garam dan penyedap rasa secukupnya
- 100 ml air
- Wijen (untuk taburan)
- Minyak goreng untuk menumis

 

6 dari 6 halaman

Cara Membuat:

Tahu saus teriyaki© Shutterstock

- Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai hingga layu.
- Masukkan saus teriyaki, garam, penyedap rasa, lada, kecap dan air.
- Tumis hingga kuah mendidih, masukkan potongan tahu putih.
- Masak hingga bumbu meresap.
- Angkat dan sajikan di piring.
- Taburi dengan wijen dan daun bawang.
- Selamat mencoba dan semoga suka!

Laporan Gayuh Tri/ Sumber: Fimela.com

Beri Komentar