Panjang Umur dengan Menu Sehat ala Okinawa

Reporter :
Senin, 11 Maret 2019 07:13
Panjang Umur dengan Menu Sehat ala Okinawa
Warga Okinawa memperlakukan makanan seperti sumber pengobatan mereka.

Dream - Okinawa, salah satu pulau di Jepang terkenal dengan warganya yang berumur panjang. Pulau cantik ini, termasuk wilayah di dunia yang warganya banyak berumur hingga 100 tahun.

Tingkat obesitas dan penyakit kronisnya juga sangat rendah. Para ahli kesehatan menduga hal ini karena kebiasaan makan warganya yang sangat sehat.

" Banyak variabel yang menjelaskan rentang hidup yang panjang ini, tetapi kuncinya adalah pola makan mereka yang sehat," kata Luiza Petre, MD, asisten profesor klinis kardiologi di Fakultas Kedokteran Mount Sinai di New York, seperti dikutip dari Prevention.

Tak heran kalau kebiasaan makan warga Okinawa banyak diadaptasi dan dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Dasar dari makan sehat ala Okinawa adalah pada banyaknya menu sayur dan makanan laut.

Porsinya juga termasuk sedang, tidak berlebihan atau terlalu sedikit. Warga Okinawa juga memperlakukan makanan seperti sumber pengobatan mereka.

 

1 dari 1 halaman

Deretan Bahan Makanan Okinawa

Penasaran apa saja bahan-bahan andalan mereka dalam mengolah masakan? Berikut daftarnya.

- Karbohidrat serat tinggi, seperti ubi jalar, sayuran akar, dan mie soba. Porsinya sangat dominan
- Sayuran hijau seperti sayuran hijau dan kol
- Makanan dari kedelai seperti tahu dan pasta miso
- Makanan laut dan rumput laut seperti ikan, kombu dan hijiki
- Daging merah dalam porsi sedikit
- Jamur shiitake dan pare, buah seperti labu pahit
- Teh melati

Warga Okinawa tak terlalu suka makanan manis yang memang hanya muncul di acara khusus. Mereka juga lebih sering mengolah masakan dengan cara dikukus dan ditumis. Sehingga, makanan tak banyak menyerap minyak. (ism)

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary