Rahasia Membuat Roti Lembut dan Meleleh di Lidah

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 28 Februari 2020 06:13
Rahasia Membuat Roti Lembut dan Meleleh di Lidah
Pastikan Sahabat Dream tahu tips ini sebelum membuat roti sendiri.

Dream - Roti termasuk hidangan favorit banyak orang. Mudah dibawa dan bisa dinikmati kapan pun. Jenis roti pun beragam dan bisa dipadukan dengan berbagai isian dan topping sesuai selera.

Sahabat Dream suka membuat roti sendiri di rumah? Jika iya, penting untuk mengetahui trik membuat roti lembut dari Chef Burhanudin, baker dari Breadtalk. Kuncinya terletak dari bahan baku dan takaran yang pas

" Bahan baku harus benar-benar bagus sehingga menghasilkan roti yang lembut dan juga takaran-takarannya harus sesuai dengan komposisi yang telah ditentukan,” ujar Chef Burhanudin, di Jakarta, 25 Februari 2020.

Sangat penting untuk memperhatikan takaran setiap bahan. Mulai dari terigu, ragi, air dan bahan lainnya. Jangan berlebihan atau kekurangan. Roti bisa menjadi keras, terasa pahit atau malah tidak mengembang.

Saat memanggang, kondisikan nyala oven dengan pas dan sesuai dengan waktu. Tiap jenis roti membutuhkan penanganan yang berbeda untuk itu perhatikan detailnya.

“ Api yang digunakan ketika memanggang roti macem-macem, tergantung jenis rotinya,” ujar Chef yang kerap disapa Hans ini.

 

1 dari 5 halaman

Promo Seru

Jika tak sempat membuat roti sendiri, bisa juga menikmati roti dan pastry dari Breadtalk yang baru saja berulang tahun ke-17. Bertajuk ‘Sweet 17 BreadTalk Journey’, ada penawaran menarik untuk sajian roti favorit.

 Breadtalk© Dream

" Hari ini spesial karena kita mau represent roti-roti yang menjadi favorit selama 17 tahun ini," ujar Tesa Adriani, Brand Manager BreadTalk Indonesia, di Jakarta, 25 Februari 2020.

Menu favorit antara lain Fire Floss, C’s Floss, D’Diva, Blueberry Rocky, BinoQ Fire, Coffee Uno, Floss n Roll, Choco Lava, Banana Lekker, New Cheese Boat, Lucky Red Bean, Double Cheese, Say Cheese, Choco Mesyes, Almond Blanc, Choconut Cheese Roll, dan Rolling Floss.

Pada 2 hingga 4 Maret 2020 mendatang, semua jenis roti akan dijual seharga Rp7.500, Sliced Cake mulai dr Rp16.000 dan semua Roll Cakes Rp54.000. Menarik, bukan?

Laporan Cindy Azari

 

2 dari 5 halaman

Jangan Simpan Roti Terlalu Lama, Ini Alasannya

Dream - Saat berpuasa, biasanya seseorang kehilangan nafsu makan, terutama saat sahur. Tapi, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat yang lebih praktis seperti mengganti nasi dengan roti.

Sayangnya, roti tidak bisa disimpan terlalu lama, meskipun berada di kulkas. Biasanya masa kedaluwarsa roti hanya beberapa hari saja.

 © Dream

" Roti yang tidak menggunakan bahan pengawet hanya akan bertahan dua hari di kulkas," tutur Damien Koh, Co-Founder dan Managing Director Joe and Dough di Kota Kasablanka, beberapa waktu lalu

Semakin lama disimpan, rasa dari roti akan menghilang dan teksturnya lebih lembap. " Kalau disimpan terlalu lama, cita rasanya akan menurun dan roti akan semakin alot," imbuh Dawn Wee, Co-Founder dan Marketing Communication Director Joe and Dough.

 

3 dari 5 halaman

Kehilangan Kelembapannya

Sama dengan berbagai jenis roti lainnya, cake pun hanya bisa disimpan selama 2 hari. Pastikan saat mengonsumsi roti atau cake, kondisinya masih segar. Jangan sampai malah menimbulkan masalah pencernaan.

 Resep Lemon Mandarin Cake© MEN

" Tapi, tergantung dengan jenis kuenya. Kalau yang ada mousse-nya, dia akan split. Sedangkan yang sponge, akan dry. Kehilangan moist-nya," kata Damien.

Sedikit berbeda dengan jenis roti lainnya, croissant harus segera dimakan setelah dipanggang.

" Karena rasanya paling mudah menghilang. Jadi, harus dimakan secepatnya. Semakin hangat akan semakin baik," tutup Dawn.(Sah)

4 dari 5 halaman

Cara Menyimpan Roti Agar Tak Mudah Berjamur

Dream - Menikmati roti bisa dilakukan kapan pun. Pagi hari untuk sarapan atau sore hari sebagai kudapan menemani kopi dan teh. Hal yang paling menyebalkan dari sajian roti adalah saat ingin dimakan, sudah ditumbuhi jamur.

Biasanya terlihat jelas jamur yang putih bahkan sudah menghitam di bagian permukaan. Pada bagian-bagian yang tersembunyi tanpa disadari juga terdapat jamur. Biasanya roti yang sudah lama disimpan akan ditumbuhi oleh jamur.

 © Dream

Dikutip dari Rd.com, jamur pada roti akan tumbuh subur pada tempat yang terang, lembap, dan panas. Tempat-tempat seperti itu memungkinkan spora untuk berkembang biak dengan cepat.

Jika roti ingin dimakan dalam jangka waktu 1 atau 2 hari simpan pada tempat yang jauh dari sinar matahari serta tempat yang sejuk dan kering.

 

5 dari 5 halaman

Jamur Tumbuh dalam 5 Hari

Biasanya dibutuhkan waktu sekitar lima hari bagi jamur untuk tumbuh. Jika ingin roti yang lebih tahan lama lebih baik beli produk roti rumahan dibandingkan buatan pabrik.

Roti rumahan lebih sedikit menggunakan bahan pengawet dibandingkan buatan pabrik. Sementara, roti yang memiliki banyak bahan pengawet akan lebih cepat ditumbuhi oleh jamur.

 Bahaya Sering Makan Roti Untuk Kesehatan© MEN

Lebih baik membeli roti yang belum dipotong dibandingkan yang sudah diiris.

Roti yang sudah diiris sebelumnya terkena lebih banyak udara, sehingga lebih mungkin untuk pertumbuhan jamur di bagian irisan bukan hanya bagian luarnya saja.

Demi mencegah tumbuhnya jamur, simpan roti pada tempat yang sejuk dan gelap seperti lemari es atau kotak roti.

Jika ditaruh di plastik pembungkus, tutup rapat agar jamur tidak memiliki ruang untuk bergerak dan berlipat ganda. Apabila menaruhnya di dalam lemari es, keluarkan roti secukupnya saja pada saat ingin dimakan.

(ism, Laporan: Ava Haprin)

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya