Mengenal Susu Kental Manis yang Sering Dikonsumsi Sehari-hari

Reporter : Wuri Anggarini
Jumat, 16 Juli 2021 18:00
Mengenal Susu Kental Manis yang Sering Dikonsumsi Sehari-hari
Susu kental manis itu terbuat dari susu sapi segar dan nikmat untuk menu sarapan keluarga, simak fakta lainnya!

Susu kental manis seringnya jadi rahasia berbagai makanan favorit terasa makin sedap. Sebut saja kopi, roti panggang, pisang goreng, hingga salad buah yang terasa makin lezat dan creamy saat dikombinasikan dengan produk yang satu ini.

 

Baca juga:

 

Nggak hanya diolah jadi dessert saja, susu kental manis juga bisa dikreasikan menjadi berbagai hidangan spesial lainnya. Sebut saja menu sarapan favorit keluarga yang terasa makin nikmat saat dipadukan dengan cita rasa susu kental manis yang khas.

Biarpun jadi salah satu produk serbaguna di dapur, tapi mungkin masih banyak yang belum mengetahui berbagai fakta tentang susu kental manis. Kenalan dulu lebih jauh dengan produk favorit yang satu ini, yuk!

 

Baca juga:

 

1 dari 3 halaman

Terbuat dari Susu Sapi Segar

Mengenal Susu Kental Manis yang Sering Dikonsumsi Sehari-hari© Shutterstock

Sejak ditemukan pertama kali oleh Nicholas Appert pada tahun 1862, susu kental manis dibuat dari susu segar. Penambahan gula kemudian dilakukan oleh Charles Page, bukan hanya untuk menambah rasa tapi juga sebagai pengawet alami yang mampu mengurangi risiko kontaminasi bakteri.

 

Baca juga:

 

Dibuat dari campuran susu dan gula, sebagian besar airnya akan dihilangkan untuk mendapatkan tingkat kekentalan tertentu. Selain yang ada di dalam susu kental manis Frisian Flag Gold sejumlah 130 kkal per sasetnya, produk ini juga terbuat dari susu segar, diperkaya dengan mengandung 9 vitamin (Vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12 dan C)dan 5 mineral (Kalsium, Fosfor, Selenium, Mangan dan Yodium)

2 dari 3 halaman

Imbangi dengan Pola Hidup Sehat dan Aktif Meski di Rumah Saja

Kalori kental manis yang masuk ke dalam tubuh tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan dan hindari konsumsi secara berlebihan. Ikuti saja aturan penyajian dan takaran saji yang selalu tercantum di label kemasan.

Selain itu, imbangi juga dengan pola makan sehat. Mulai dari konsumsi sayur dan buah yang kaya nutrisi penting bagi tubuh, cukup air putih setiap hari. Jangan lupa olahraga secara rutin sekalipun lebih banyak melakukan aktivitas di rumah saja. Jogging keliling kompleks di pagi hari atau yoga di dalam ruangan bisa jadi pilihan kegiatan menggerakkan tubuh yang bisa menambah kebugaran.

3 dari 3 halaman

Susu Kental Manis Frisian Flag Gold untuk Menu Sarapan

Kelezatan Susu Kental Manis Frisian Flag membuatnya cocok dikreasikan menjadi berbagai menu sarapan yang disukai keluarga. Intip beberapa resep praktisnya di sini, coba sendiri di rumah yuk!

1. Cinnamon Toast

Mengenal Susu Kental Manis yang Sering Dikonsumsi Sehari-hari© Frisian Flag

Tak sedikit yang memilih melewatkan sarapan karena keterbatasan waktu saat menyiapkannya. Untungnya, ada menu Roti Bakar Kayu Manis yang mudah disiapkan. Kelezatannya juga bisa bikin kamu jadi good mood, lho.

Bahan:

  • 2 lembar roti tawar
  • 1sdt kayu manis bubuk
  • 125ml Frisian Flag Kental Manis Full Cream Gold
  • 30gr mentega

Bahan Saus Keju:

  • 150ml air
  • 30ml Frisian Flag Kental Manis Full Cream Gold
  • 1sdm tepung maizena
  • 50gr keju parut
  • 1sdm krim keju
  • 1/2sdt garam

Cara Membuat:

  1. Tuang bahan saus keju, aduk rata dan tambahkan Frisian Flag Kental Manis Full Cream Gold. Masak hingga mengental
  2. Campurkan bubuk kayu manis dan Frisian Flag Kental Manis Full Cream Gold. Oleskan campuran ini pada kedua sisi roti.
  3. Panaskan mentega, panggang roti dengan api kecil lalu sajikan dengan saus keju.

2. Singkong Thailand

Mengenal Susu Kental Manis yang Sering Dikonsumsi Sehari-hari© Frisian Flag

Buat yang masih menikmati WFH alias work from home, mungkin rasa jenuh sudah mulai memuncak karena harus melalui rutinitas yang sama selama lebih dari setahun ini. Tapi, manfaatkan waktu bekerja di rumah yang bisa diselingi dengan berkreasi membuat camilan sebagai mood booster hadapi hari. Singkong Thailand yang fancy ini bisa jadi ide menarik, lho.

Bahan:

  • 300gr singkong
  • 500ml air
  • 4 lembar daun pandan
  • 70gr gula pasir
  • 80ml Frisian Flag Kental Manis Full Cream Gold
  • 250ml santan kental
  • 1sdt tepung maizena
  • 1/4sdt garam

Cara membuat:

  1. Rebus singkong dalam air dengan 2 lembar daun pandan hingga empuk. Tambahkan gula pasir dan Frisian Flag Kental Manis Full Cream Gold untuk memberikan citarasa manis dan gurih, aduk rata.
  2. Panaskan wajan lalu masukkan santan dan daun pandan, aduk hingga aromanya harum dan jangan sampai santan pecah.
  3. Hidangkan singkong Thailand lengkap dengan saus santan yang creamy.

3. Bolu Bhoi

Mengenal Susu Kental Manis yang Sering Dikonsumsi Sehari-hari© Frisian Flag

Ada beragam menu kuliner Nusantara yang dapat dibuat dengan mudah di rumah, salah satuya bolu bhoi. Panganan khas Aceh ini sering dijadikan teman menikmati segelas teh atau kopi hangat, juga bagian dari seserahan pengantin pria untuk pasangannya. Bisa disajikan hangat atau dingin, yuk jajal resep mudahnya berikut ini.

Bahan:

  • 4 butir telur
  • 75gr gula pasir
  • 1sdt cake emulsifier atau SP
  • 100ml Frisian Flag Kental Manis Full Cream Gold
  • 150gram tepung terigu
  • 1/4sdt baking powder
  • 1/2sdt kayu manis bubuk
  • 1 buah pisang ambon, iris tipis

Cara Membuat:

  1. Siapkan Loyang muffin dan alasi dengan paper cup, lalu panaskan oven hingga suhu 180 derajat Celcius.
  2. Ayak tepung terigu, baking powder, dan kayu manis bubuk, sisihkan.
  3. Di wadah lain kocok telur bersama gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang dan berwarna pucat. Tambahkan Frisian Flag Kental Manis Full Cream Gold dan aduk rata. Masukkan bahan kering lalu kembali aduk rata.
  4. Masukkan adonan ke dalam paper cup hingga terisi 3/4 dan tambahkan irisan pisang di atasnya.
  5. Panggang dalam oven selama 20 menit atau mengembang lalu tambahkan Frisian Flag Kental Manis Full Cream Gold di atasnya, panggang kembali hingga benar-benar matang.

Susu Kental Manis hadir dalam berbagai kemasan mulai dari kaleng, pouch maupun sachet yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan memudahkan dalam hal penyimpanan. Kemasan ini juga mempengaruhi kepraktisan saat akan menambahkan susu kental manis ke berbagai olahan makanan dan minuman favorit.

Agar kualitas dan cita rasanya terjamin, selalu perhatikan beberapa hal ini dalam memilih susu kental manis. Mulai dari mengecek kondisi kemasan yang masih utuh, tanggal kedaluwarsa, hingga adanya izin edar produk sebagai jaminan keamanan pangan. Jangan lupa juga untuk memahami informasi pada label, termasuk takaran saji, jumlah sajian per kemasan, sampai cara konsumsi yang tepat. Selain itu, pilih susu kental manis dengan label full cream demi menjamin kualitas rasa.

Kini, tak perlu ragu saat memilih dan mengonsumsi susu kental manis, percayakan pada yang terbaik dari Frisian Flag. (eth)

 

Baca juga:

 

Beri Komentar