Sempat Bikin Geger, Bu Sisca Ternyata Tak Jadi Gantung Panci

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 6 Agustus 2020 17:24
Sempat Bikin Geger, Bu Sisca Ternyata Tak Jadi Gantung Panci
Ia menjelaskan kalau dirinya masih akan tetap berkarya di dunia kuliner Indonesia.

Dream - Sisca Soewitomo ahli masak masakan Indonesia beberapa hari lalu mengunggah fotonya menggantung panci di akun Instagramnya. Ia mengisyaratkan seperti bakal mundur dari dunia kuliner Indonesia.

Tentu saja hal itu membuat heboh para penggemar dan netizen. Komentar sedih pun bermunculan, terutama dari mereka yang sangat menyukai acara masak Sisca dan kolektor buku resepnya.

Untung saja hal tersebut tidak benar. Ternyata unggahan tersebut baian dari iklan layanan pesan makan antar dari salah satu perusahaan transporasi di Indonesia, GoFood.

Sisca juga pun membuat video klarifikasi. Ia menjelaskan kalau dirinya masih akan tetap berkarya di dunia kuliner Indonesia.

" Sahabat-sahabatku tercinta, saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi perhatian yang sudah diberikan untuk saya. Gak cuma gantung panci, saya jelaskan yang lainnya di video ini. Silakan disimak klarifikasinya," tulis Sisca di Instagram.

1 dari 6 halaman

Sisca Soewitomo 'Gantung Panci', Netizen Sedih Berjamaah

Dream - Nama Sisca Soewitomo sangat terkenal di dunia kuliner Indonesia. Ahli masak sajian Indonesia ini kerap keliling berbagai negara untuk memperkenalkan kuliner Tanah Air.

Beliau juga kerap tergabung dalam tim diplomasi kuliner. Puluhan buku masak dan dan ribuan resep sudah diciptakannya. Rupanya, sang ahli masak berpikir untuk pensiun dan mundur dari dapur.

Hal ini diketahui dari unggahan di Instagramnya. Sisca mengunggah foto dirinya sedang menggantung panci.

Unggahan Sisca Soewitomo© Instagram Sisca

" Sahabat-sahabatku tercinta, setelah puluhan tahun saya di dunia kuliner dan ribuan resep yang sudah saya ciptakan, ini mungkin saat yang tepat untuk gantung panci..,"  tulis Sisca.

 

 

2 dari 6 halaman

Komentar Bermunculan

Unggahan Sisca membuat banyak orang bersedih terutama para penggemar dan mereka yang sangat terbantu dengan buku resep dan panduan memasak yang dibuat oleh perempuan 71 tahun ini.

Komentar sedih pun bermunculan. Seperti dari akun @noviyantidian yang menulis " Saya penggemar ibu sejak saya masih smp, ketika pertama kali belajar masak dan tertarik dunia kuliner..sehat terus bu sisca" .

Sisca Soewitomo© Instagram

Ada juga komentar lain dari akun @marcelinasamsuar yang bertanya " buu kenapaa gantungg pancii??" .

Lalu ada juga yang berharap agar Sisca tak 'menggantung' pancinya. Akun @dianlemu79 menulis " Jangan gantung panci donk bu... Ibu tuh master bgt.. Dan ak msih merindukan resep2 ibu yg baru" .

3 dari 6 halaman

Cerita Chef Bahtiar Bikin Nasgor Dendeng Lemak Laris Manis Saat Pandemi

Dream - Butuh berhari-hari bahkan berminggu-minggu untuk bisa mencicipi Nasi Goreng Dendeng Lemak racikan Chef Bahtiar Sigar. Sahabat Dream pernah mencobanya?

Nasi goreng ala Chef ini memang sangat menguras stok sabar, sekaligus bikin penasaran. Awalnya, nasi goreng tanpa kecap ini dibuatnya di Belitung, kediaman Chef Bahtiar.

Cerita Chef Bahtiar Bikin Nasgor Dendeng Lemak Laris Manis Saat Pandemi© MEN

Dalam sehari, nasi goreng selalu ludes 100 hingga 150 porsi. Nasi gorengnya memang berbeda dari nasi goreng kebanyakan.

Bukan menggunakan ayam, bakso atau ati ampela seperti nasi goreng biasa. Chef yang sebelumnya bekerja di hotel berbintang ini, menggunakan lemak sapi yang diolah menjadi dendeng sebagai campuran.

" Masakan ini lahirnya gak sengaja, karena di sini pulau kecil (Belitung), pandemi, lihat berita takut pasokan makanan terbatas. Akhirnya coba mengawetkan protein, karena saya suka lemak, lalu dibikin dendeng," ujar Chef Bahtiar dalam Live Instagram bersama Dream.co.id, Senin 20 Juli 2020.

 

4 dari 6 halaman

Bisnis Sosial

Chef Bahtiar meracik sendiri resepnya, lalu kemudian bersama timnya, membuat kemitraan. Bukan franchise dan bagi hasil, seluruh keuntungan boleh diambil mitra dan resep pun dibagikan. Menurutnya, ini bukan bisnis biasa, tapi bisnis sosial.

" Totally, semua yang mitra dapet itu semua untuk mitra. Untuk bahan baku, awal kita kasih sampel dikirim ke semua mitra. Selanjutnya saya kasih recipe, jika bahan baku susah, maka kita menyediakan dendeng, ada standar recipe-nya, alat ukurnya," ungkap Bahtiar.

Nasgor Dendeng Lemak© Instagram

(Foto: Instagram Nasgortiarbah)

Kini total ada 27 mitra yang tersebar di Indonesia. Nasi goreng dendeng lemak ini jadi perbincangan, awalnya karena banyak yang penasaran. Untuk memesannya pun harus ekstra sabar karena sistemnya pre order atau pesan lebih dulu.

 

5 dari 6 halaman

Sabar Menanti Pesanan

Saat Dream.co.id mencoba memesan Nasi Goreng Dendeng Lemak cabang Jakarta Timur saat dibuka PO, hanya dalam lima menit langsung ditutup karena kuota habis. Akhirnya mencoba cara lain melalui jastip ojek online yang banyak ditawarkan di Twitter.

Tentu saja tak bisa pesan dan langsung ada, butuh 1 minggu untuk bisa mencicipinya. Nasi goreng dendeng pun datang setelah menanti 7 hari. Saat dicicipi, langsung terasa kalau kualitas beras yang diolah menjadi nasi merupakan beras berkualitas tinggi.

Nasgor Dendeng Lemak© Dream

Bumbunya memang sederhana, bawang merah, bawang putih, daun bawang tapi memang diolah dengan teknik tertentu sehingga rasanya meresap dan aromanya menyeruak.

Dendeng lemaknya juara! Super gurih dan meleleh di lidah.

" Dendeng yang biasa kita makan kan manis, saya racik sendiri biar sendiri gurih," kata Chef Bahtiar.

Untuk pilihan menu ada tiga, Nasi Goreng Biasa, Nasi Goreng Pedas Sedang, Nasi Goreng Sangat Pedas. Harganya melalui jastip sekitar Rp28 ribu, jika beli langsung Rp25 ribu.

Mau pesan juga? Sabar-sabar ya

 

6 dari 6 halaman

Simak Wawancara Dream dengan Chef Bahtiar di Video Ini

      View this post on Instagram

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid) on Jul 20, 2020 at 1:04am PDT

Beri Komentar