'Silsilah' Tongseng, Hidangan Nikmat Berusia Seabad

Reporter :
Rabu, 7 November 2018 11:01
'Silsilah' Tongseng, Hidangan Nikmat Berusia Seabad
Kehadiran tongseng di Indonesia diperkirakan dimulai pada abad ke-18 hingga 19 Masehi.

Dream - Irisan bawang merah dan bawang putih ditumis dengan sedikit minyak. Saat aromanya menyeruak, disiram kuah santan kaya rempah. Daging kambing yang telah diiris atau berasal dari tusukan sate pun dimasukkan.

Rasanya pasti langsung ingin menyendok nasi hangat dan menuang Tongseng yang sedang dimasak ke dalam piring. Masakan satu ini rupanya memiliki 'perjalanan' sangat panjang hingga akhirnya akrab di lidah masyarakat Indonesia.

Kehadiran tongseng di Indonesia diperkirakan dimulai pada abad ke-18 hingga ke-19 Masehi. Masa itu, bangsa Arab dan India mulai berdatangan ke Indonesia untuk berniaga. Pertukaran budaya pun terjadi, termasuk kuliner.

Dua bangsa tersebut memberi pengaruh dengan memperkenalkan ragam hidangan kambing dan domba. Seiring waktu berjalan, keturunan bangsa Arab dan India berkembang dan tinggal di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Beberapa provinsi itu yang kemudian dikenal sebagai daerah penghasil kambing berkualitas. Dari situ, warga setempat mengolah berbagai hidangan kambing dan kreasi pertama mereka sate kambing.

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Akses Komunikasi Ditutup Salmafina, Sunan Kalijaga Terpaksa Gunakan Instagram