Singkirkan Lalat Buah Menggangu yang Kerap Muncul di Dapur

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 14 September 2021 06:35
Singkirkan Lalat Buah Menggangu yang Kerap Muncul di Dapur
Jangan sampai area dapur dan meja makan dipenuhi lalat.

Dream – Serangga kerap muncul di dapur dan meja makan. Keberadaannya tentu sangat menganggu dan membuat tak nyaman. Salah satu yang tiba-tiba datang saat kita memotong buah dan membiarkannya terbuka adalah lalat buah.'

Lalat buah dapat bertelur hingga 500 telur sekaligus di dekat permukaan makanan fermentasi atau bahan organik lainnya, seperti tanah di tanaman hias. Lalat juga dapat bertelur di saluran pembuangan, tempat pembuangan sampah, botol, kaleng kosong, kantong sampah, pel, dan spons basah.

Tidak hanya mengganggu, lalat buah juga dapat membawa bakteri Salmonella dan E.coli. Namun kita tetap mencegahnya memenuhi dapur dan meja makan. Bagaimana caranya?

1. Hilangkan tempat berkembangbiak
Lalat berkembang biak di lingkungan yang lembap. Termasuk area wastafel, pakaian basah atau kain lap, dan tanaman pot. Untuk itu, bersihkan area tersebuts secara rutin dan hindari tumpukan barang yang lembap. Tutup buah yang sudah terbuka, atau segera masukkan kulkas.

2. Tutup rapat jndela dan pintu
Jaga agar jendela dan pintu tertutup rapat. Jika ingin membuka jendela untuk merasakan angin sepoi-sepoi, pastikan ada jaring untuk mencegah lalat masuk.

 

1 dari 6 halaman

3. Simpan dan bersihkan makanan
Jangan biarkan buah atau sayuran matang seperti pisang, bawang, tomat, dan kentang dalam kondisi terbuka, simpan di lemari es! Lalat menyukai buah dan minuman manis lainnya, jadi berhati-hatilah.

4. Siapkan perangkap lalat
Perangkap lalat merupakan alat kontrol penting yang berfungsi menghilangkan lalat saat muncul. Meskipun insektisida aerosol berbasis piretrum dapat digunakan untuk membunuh lalat dewasa, namun insektisida tidak mampu mengatasi telur atau larva yang bersembunyi.

Perangkap lalat yang dibeli di toko akan mencegah lalat berkembang biak. Perangkap lalat buah sekali pakai ini, yang bisa diberi umpan tidak beracun. Selamat mencoba!

Laporan Angela Irena Mihardja/ Sumber: RealSimple

 

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

2 dari 6 halaman

Noorjahan, Mangga Sultan Harganya Rp195 Ribu per Buah

Dream - Mangga identik dengan rasa manis dan segar, apalagi dinikmati dingin. Harganya pun sangat terjangkau, terutama jika sedang musimnya. Biasanya, mangga dijual per kilogram sekitar Rp25 ribu hingga Rp35ribu.

Tahukah Sahabat Dream ada varietas mangga yang harganya cukup mahal dan hanya dijual per buah? Mangga ini bernama Noorjahan dan hanya ditanam di daerah Alirajpur Madhya Pradesh, India.

Harganya menurut petani setempat antara Rs.500 hingga Rs.1.000 per buah atau sekitar Rp98 ribu hingga Rp196ribu per buah. Ukuran mangga ini memang lebih besar pada mangga umumnya.

Penduduk setempat mengklaim bahwa mangga 'Noorjahan' berasal dari Afghanistan dan hanya tumbuh di wilayah Katthiwada di distrik Alirajpur, sekitar 250 km dari Indore, dekat perbatasan Gujarat.

" Tiga pohon mangga Noorjahan di kebun saya telah menghasilkan 250 mangga. Pemesanan telah dilakukan untuk ini," kata Shivraj Singh Jadav, seorang pembudidaya mangga Noorjahan dikutip dari NDTV.

Kabarnya untuk mendapatkan mangga ini harus memesan lebih dulu bahkan saat mangga masih di pohon. Pada Juni, varietas 'Noorjahan' berbuah. Pada Januari dan Februari, pohon-pohon ini mulai berbunga.

Pembudidaya lokal mengklaim bahwa mangga Noorjahan dapat tumbuh hampir satu kaki panjangnya dengan biji seberat antara 150 dan 200 gram.

 

3 dari 6 halaman

Yuk Bikin Es Krim Mangga Hanya Pakai 3 Bahan, Sluurp!

Dream - Mangga merupakan buah yang memiliki cita ras segar. Bisa diolah jadi hidangan manis, puding dan tentunya es krim. Jika Sahabat Dream membeli mangga dalam jumlah cukup banyak, jangan hanya didiamkan karena akan cepat membusuk.

Lebih baik diolah menjadi es krim yang bisa bertahan lama. Begitu pun mangga yang asam, menjadikannya camilan dingin jadi pilihan tepat. Untuk membuat es krim sangat mudah.

© Dream

Hanya membutuhkan tiga bahan untuk membuat es krim mangga. Yaitu 2 cangkir krim kental, 1/2 cangkir gula bubuk dan 250 gram cangkir pure mangga. Pertama buatlah pure mangga.

Kupas dan potong 5 hingga 6 buah mangga, potong ukuran besar dan haluskan. Bisa menggunakan food processor atau blender. Jangan campur dengan air, karena mangga sudah mengandung banyak air.

 

4 dari 6 halaman

Cerita Sukses Kakek Berkebun di Balkon, Buahnya Bisa Tumbuh Segar

Dream – Masyarakat Singapura sebagian besar tinggal di flat atau apartemen. Sangat sulit untuk bercocok tanam, apalagi untuk memelihara pohon buah yang biasanya berukuran besar.

Seorang kakek bernama Steven Tan membuktikan kalau balkon juga bisa dimanfaatkan untuk menaman pohon buah. Tinggal di kawasan Bukit Panjang, pria berusai 66 tahun ini menanam berbagai pohon buah dan hasilnya sangat tak diduga.

Buah-buahan seperti melon, paria, jambu, apel berhasil ditanamnya dan berbuah segar di balkon. Kakek satu bahkan menjadi viral, karena pengalamannya diunggah sang putri bernama Wan Jun, di laman Facebooknya.

Steve Tan© Facebook Wan Jun

Dikutip dari Mothership, Tan sudah menanam berbagi sayur dan buah di balkon selama bertahun-tahun. Hasil panennya cukup melimpah. Ia bercerita bahwa buah dan sayuran pertama kali ditanam di pot yang diletakkan di sepanjang koridor luar apartemen mereka.

 

5 dari 6 halaman

Tanaman hanya tumbuh sekitar satu meter, sehingga tidak mengganggu tetangga. Keluarga Tan tinggal di unit sudut yang membuat tanaman merambat dengan mudah di sepanjang jendela mereka.

Panen tomat Steven Tan© Facebook Wan Jun

Tanaman merambat ini kemudian diikat ke tongkat, yang menurut Tan lebih ringan daripada bambu biasa dan ikatan kabel digunakan untuk mengamankannya. Dia juga memberikan jaring-jaring di bawah buah untuk mencegahnya jatuh ke tanah.

Menanamnya di luar jendela dapat memastikan tanaman bernapas dan mendapat paparan sinar matahari yang cukup. Menurut Tan, tanaman membutuhkan banyak perawatan dan kasih sayang seperti memastikannya mendapatkan cukup air dan nutrisi.

 

6 dari 6 halaman

Ia juga mengatur tanah pembibitan dan menambahkan pupuk secara teratur. Dibuat juga kolam kecil untuk mengalirkan air ke tanaman melalui pipa yang diatur menggunakan pengatur waktu. Hal ini sangat berguna untuk memastikan tanaman disiram ketika keluarga sedang bepergian.

Steve Tan© Facebook Wan Jun

Tan berbagi bahwa hobinya ini merupakan cara untuk bersantai dari pekerjaanya di industri konstruksi. Menurutnya, memandang tanaman bisa memanjakan mata.

“ Setiap hari melihat matahari, hujan, beton, logam, saat pulang melihat ikan, air, tanaman, buah-buahan,” katanya.

Ia menambahkan tanaman yang dipeliharanya membantu menghidupkan rumahnya ketika harus tinggal di 'hutan beton' seperti Singapura.


Laporan: Elyzabeth Yulivia

Beri Komentar