Syekh Ali Jaber Pernah Bagikan Resep Nasi Mandi Favoritnya

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 14 Januari 2021 18:48
Syekh Ali Jaber Pernah Bagikan Resep Nasi Mandi Favoritnya
Ulama karismatik ini masak mengenakan sarung di dapur.

Dream - Syekh Ali Jaber dikenal sebagai sosok yang begitu hangat. Beliau juga kerap membagikan aktivitasnya saat berada di ruman lewat YouTube channelnya. Rupanya, pendakwah yang dikenal dengan kelembutannya dalam berceramah, juga suka memasak.

Salah satu hidangan yang suka dibuatnya Mandi Laham atau Nasi Mandi. Mengenakan sarung, ia memperlihatkan bahan-bahan yang disiapkan untuk membuat Nasi Mandi, yaitu potongan paha kambing, bumbu kering dan bumbu lainnya yang cukup banyak.

Syekh Ali Jaber masak Nasi Mandi© Youtube Syekh Ali

Satu hal yang juga disiapkan dan begitu khas adalah arang. Rupanya lemak kambing ditaruh di atas arang yang telah dipanaskan untuk mengeluarkan aroma pembangkit selera.

" Lumuri daging dengan bumbu, pewarna, lada garam. Panggang daging 1,5 jam, maksimal sekali 3 jam," ungkap Syekh Ali dalam YouTube Channelnya.

Nasi Mandi buatan Syekh Ali© Youtube Syekh Ali

Arang dengan lemak kambing rupanya ditaruh di pemanggang listrik dan juga di atas nasi Mandi. Siapa sangka ulama tersohor ini juga sangat andal memask.

 

1 dari 6 halaman

Lihat Video Syekh Ali memasak

2 dari 6 halaman

Rahasia Mengolah Nasi Biryani Lezat Kaya Rasa

Dream - Nasi biryani termasuk nasi kaya rempah yang jika hanya dimakan tanpa lauk sudah bisa menggugah selera. Biasanya disajikan dengan ayam atau kambing goreng, acara dan emping.

Nasi nikmat ini banyak dibuat oleh warga keturunan Arab dan India. Penyajiannya, dalam nampan lalu dimakan bersama-sama keluarga tersedekat. Sangat seru! Bagaimana kalau Sahabat Dream membuatnya sendiri di rumah.

© Dream

Jika tertarik membuat nasih biryani, pastikan melakukan lima hal ini. Trik-trik berikut bisa membuat olahan nasi biryani jadi lebih nikmat.

3 dari 6 halaman

Rendam beras

Cara memutihkan wajah dengan air rendaman beras© Google Image

Beras yang digunakan untuk membuat nasi biryani beda dengan beras biasa. Teksturnya lebih tebal dan ukurannya lebih panjang. Untuk mengurangi proses pemasakan dan membuat bumbu jadi meresap, rendam dulu beras. Taruh dalam air selama 10 hingga 15 menit.

4 dari 6 halaman

Lumasi wadah dengan minyak samin

ghee© ghee

Saat ingin menyiapkan biryani, pastikan melumasi wajan dengan ghee atau minyak samin. Lapisan ini akan mencegah pembakaran beras, rempah dan bahan-bahan lainnya. Ghee atau minyak sammin adalah mentega dari lemak hewani yang dimurnikan.

5 dari 6 halaman

Rempah segar

Cara menghilangkan bau ketiak dengan cengkeh© Shutterstock

Demi mendapatkan rasa yang kaya, pastikan menggunakan rempah-rempah segar. Masukkan batang kayu manis, cengkeh, daun salam segar, dan adas bintang untuk memperkaya rasanya.

6 dari 6 halaman

Pasta bawang putih jahe

Sebulan Makan 6 Siung Bawang Putih Panggan, Lihat Hasilnya!© MEN

Kedua bahan ini wajib ada. Merupakan kombinasi ajaib yang dapat meningkatkan rasa pada nasi. Haluskan bawang putih dan jahe segar hingga lembut kemudian aduk ke dalam nasi.

Masak pisah dengan daging

Permintaan Terakhir Pasien Kanker Lambung, Makan Nasi Biryani© MEN

Banyak orang yang memasak biryani sekaligus dengan lauknya dalam satu wajan besar. Justru dianjurkan dimasak dengan terpisah. Nah, saat mengolah ayam atau kambing, masukkan kaldu yang keluar ke dalam nasi. Hal ini akan membuat nasi jadi lebih gurih.

 

Beri Komentar