Undang Para Foodies, Begini Keseruan Nonton Bareng Singapore Food Festival 2021

Reporter : Iwan Tantomi
Senin, 6 September 2021 15:41
Undang Para Foodies, Begini Keseruan Nonton Bareng Singapore Food Festival 2021
SFF bahkan mengajak para foodies bersama Chef Rinrin Marinka dan Food Blogger Windy Iwandy untuk nonton bareng SFF 2021 dari rumah masing-masing!

Setelah ditunggu-tunggu, acara ‘Nonton Bareng Singapore Food Festival 2021’ akhirnya resmi dilangsungkan pada 4 September 2021. Persembahan spesial dari Singapore Tourism Board ini menghadirkan kemeriahan festival kuliner tahunan terbesar di Singapura, yaitu Singapore Food Festival atau SFF yang tahun ini digelar secara virtual.

Menariknya, SFF 2021 tak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat Singapura, tetapi juga mancanegara. Di Indonesia, SFF bahkan mengajak para foodies bersama Chef Rinrin Marinka dan Food Blogger Windy Iwandy untuk nonton bareng SFF 2021 dari rumah masing-masing. Berikut rangkuman keseruannya!

1 dari 3 halaman

Nonton Live Masterclass ‘Blocks of Gold: The Durian Pound Cake’ oleh Chef Joe Leong

Undang Para Foodies, Begini Keseruan Nonton Bareng Singapore Food Festival 2021© Vidio

Pada sesi pertama para foodies bersama Chef Marinka dan Kak Windy menonton keseruan Live Masterclass bertajuk ‘Blocks of Gold: The Durian Pound Cake’ oleh Chef Joe Leong. Baik Chef Marinka maupun Kak Windy begitu penasaran dengan Durian Pound Cake. Apalagi meski pernah bikin Pound Cake, Chef Marinka mengaku belum pernah mencoba membuatnya dengan durian. Begitu juga dengan Kak Windy, ia mengaku beberapa kali makan Pound Cake, tetapi belum pernah merasakan Durian Pound Cake.

Itulah kenapa mereka begitu antusias menyimak bareng para foodies, keseruan Live Masterclass oleh Chef Joe Leong di acara SFF 2021. “ Chef Joe ini sangat detail, jadi resepnya bisa dicoba sendiri di rumah. Kebayang rasanya, karena aku juga suka banget Pound Cake, apalagi bentuknya kecil-kecil, jadi bisa langsung dilahap,“ ungkap Chef Marinka setelah menonton video Live Masterclass tersebut. Kak Windy pun sependapat dengan Chef Marinka, sehingga penonton Live Masterclass di SFF 2021 yang ikutan nonton bareng lebih gampang memahaminya.

Undang Para Foodies, Begini Keseruan Nonton Bareng Singapore Food Festival 2021© Vidio

Dalam kesempatan tersebut, Chef Marinka juga membagikan tips memilih durian, agar bisa dinikmati banyak orang, “ Kita harus cium, kalau wangi banget berarti sudah matang.” Kak Windy lantas menambahkan jangan lupa menepuk-nepuk buahnya, kalau bisa juga dicoba, agar tak kecewa saat membelinya.

2 dari 3 halaman

Virtual Food Tour ke Little India

Undang Para Foodies, Begini Keseruan Nonton Bareng Singapore Food Festival 2021© Vidio

Setelah puas menikmati Live Masterclass versama Chef Joe Leong, para foodies, bersama Chef Marinka dan Kak Windy kemudian diajak jalan-jalan lewat Virtual Food Tour. Sebelum ditentukan destinasinya, para penonton diminta memilih antara Tiong Bahru atau Little India lewat polling. Hasilnya, banyak yang memilih Little India. Kawasan ini dikenal kaya dengan sejarah, serta memiliki beragam budaya khas dari komunitas India Singapura, dari kuliner hingga belanja.

Virtual Food Tour ke Little India ini pun menghadirkan banyak sekali keseruan. Para penonton di rumah diajak mengenal bumbu-bumbu khas India lewat video tersebut. Selain itu, para penonton juga jadi tahu jika beberapa masakan India ternyata punya bumbu yang sangat beragam, bahkan jumlahnya tak kurang dari 12 jenis bumbu.

Undang Para Foodies, Begini Keseruan Nonton Bareng Singapore Food Festival 2021© Vidio

Acara makin interaktif, karena para penonton di rumah kembali diminta memilih mencicipi Nasi Briyani atau mencoba salah satu camilan India lewat polling. Hasilnya, banyak yang ingin melihat dan mencicipi Nasi Briyani, sehingga diajak menikmati Virtual Food Tour Nasi Briyani. Dalam video tersebut sempat ditampilkan pula Tekka Market yang menjadi salah satu surga kuliner wajib kunjung di Singapura. Lagi-lagi para penonton diminta memilih, mau lanjut jalan-jalan ke Tekka Market atau ingin tahu lebih lanjut ada apa di sekitar Tekka Market?

Rupanya banyak yang penasaran tentang area di sekitar Tekka Market, sehingga Virtual Food Tour berlanjut ke sana. Lewat video tersebut, penonton pun tak hanya diperlihatkan tentang makanan yang sudah jadi saja, tetapi juga dapat informasi tentang bahan-bahan maupun bumbu-bumbu dari masakan India. Tak heran, selain bisa merasakan food tour secara virtual, para penonton di rumah juga bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang masakan India.

3 dari 3 halaman

Rasakan Sendiri Pengalaman Virtual Food Tour di SFF 2021

Undang Para Foodies, Begini Keseruan Nonton Bareng Singapore Food Festival 2021© Vidio

Menanggapi keseruan Virtual Food Tour di SFF 2021 ini, Chef Marinka mengungkapkan jika ia menjadi tahu banyak informasi baru, seperti rempah-rempah India yang menarik buat dicoba memasak. Sementara Kak Windy mengungkapkan jika ia lebih tertarik untuk kulineran langsung ke Little India dan mencoba beragam kuliner khasnya.

Kak Windy juga membagikan tips bagaimana cara mengambil foto atau video makanan agar terlihat menarik, seperti di Virtual Food Tour di SFF 2021. “ Bikin konten, lalu bayangkan konten itu tampak menggiurkan, biasanya aku memaksimalkan cahaya alami dari sinar matahari, seperti dekat jendela. Aku biasanya pakai angle flat lay atau close up, kalau sudah dapat angle yang tepat, foto makanan ini mampu ‘bicara’ sendiri kepada khalayak,” ungkapnya.

Tak sampai di situ, pengalaman seru yang didapatkan di Virtual Food Tour SFF 2021 ini juga bisa dilanjutkan dengan menikmati sendiri, bahkan di manapun kamu berada. Kamu bisa langsung mengunjungi website singaporefoodfestival.sg/virtual-tour/.

Meski dilangsungkan secara virtual, SFF 2021 mampu memberikan perjalanan virtual yang sangat kreatif, sehingga keseruan dan sejarah makanan lokal Singapura bisa dinikmati siapa saja dari rumah masing-masing. Apalagi seperti diketahui, Singapura sangat serius mengembangkan kulinernya. Sebagai bukti, ada 7 restoran yang baru mendapatkan 1 Michelin Star dan 7 restoran yang dipromosikan mendapatkan Michelin Star lebih tinggi pada 2021 ini bersamaan dengan anniversary ke-5 the MICHELIN Guide Singapore.

Restoran Zen yang berlokasi di Kawasan China Town, merupakan satu-satunya restoran yang dipromosikan dan mendapatkan 3 Michelin Star di tahun ini, sehingga saat ini ada 3 restoran yang memiliki 3 Michelin Star di Singapura. Menariknya lagi, di Singapura ada banyak sekali kuliner yang mendapatkan award dari Michelin, mulai dari kuliner yang Affordable sampai kuliner yang High-End.

Beragam warisan kebudayaan kuliner dan cita rasa lokal Singapura bisa diketahui lebih detail lewat acara SFF 2021, yang sudah dimulai sejak 27 Agustus 2021 sampai 12 September 2021. Selama periode tersebut, SFF akan menghadirkan rangkaian acara virtual seperti Live Masterclass dengan chef-chef kenamaan Singapura, hingga Virtual Food Tour. Informasinya bisa dicek lebih lanjut di SINGAPOREFOODFESTIVAL.SG.

Menariknya lagi, acara ini juga didukung GoFood, untuk menghadirkan cita rasa kuliner khas Singapura di 300 lebih merchant otentik Singapura, seperti Old Chang Kee, Wee Nam Kee, Ya Kun Kaya Toast; maupun merchant lokal yang punya menu makanan dengan inspirasi dari kuliner Singapura. Pesan menu-menu dengan cita rasa kuliner khas Singapura selama berlangsungnya SFF 2021 ini langsung di aplikasi GoFood. Semakin banyak pesan, semakin besar kesempatanmu untuk menangkan Voucher GoFood senilai total belasan juta Rupiah. Makanya, jangan lupa follow Instagram @visit_singapore untuk mendapatkan informasi terkini tentang Singapura juga ya.

#SingapoReimagine

Beri Komentar