Wajib Tahu! Porsi Konsumsi Mi Instan yang Ideal dan Aman

Reporter : Gladys Velonia
Rabu, 24 Januari 2018 09:00
Wajib Tahu! Porsi Konsumsi Mi Instan yang Ideal dan Aman
Mengonsumsi mi instan tidak akan berbahaya. Tentunya jika porsi atau takarannya tidak berlebihan.

Dream - Mengonsumsi karbohidrat merupakan kebutuhan yang menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Selain nasi, mi adalah makanan yang paling diminati untuk konsumsi harian.

Salah satu jenis mi yang paling banyak dikonsumsi ialah mi instan. Asumsi yang beredar di masyarakat, mi instan berbahaya bagi kesehatan.

Sebenarnya mengonsumsi mi instan tidak akan berbahaya. Tentunya jika porsi atau takarannya tidak berlebihan.

" Makan mi instan itu tidak apa-apa," ujar Hardinsyah, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB, di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa 23 Januari 2018.

" Aman dikonsumsi harian sekitar 60-100 gram. Nyatanya mi instan di Indonesia cuma 20-40 gram," tambah dia.

1 dari 3 halaman

Cara Saji yang Benar

Menurut Hardinsyah, hal terpenting dari pengonsumsian mi instan adalah cara mengonsumsinya. Pastikan ada campuran bahan makanan lain agar membuatnya lebih bergizi. Seimbangkan juga dengan sayur dan buah.

" Yang penting itu cara makannya, tiap makan ada sayur mayur, buah bisa dipisah sebelum atau sesudah. Jeleknya di masyarakat, tidak nyiapin mi instan sama kayak yang ada di bungkus mi nya," jelas Hardin.

Lebih lanjut, menurut Hardinsyah produsen mi instan tidak bisa disalahkan terkait mitos 'konsumsi bikin bodoh' karena sebenarnya sudah mencontohkan penyajian mi instan di kemasannya.

" Pernah tidak bikin mi nya sesuai dengan yang ada di bungkusnya? Ada telur atau ayam atau udang campur sayur? Pasti jarang. Terus cara ngolahnya juga harus diperhatikan, jangan direbus lama-lama, cukup 3-5 menit," kata Hardin.

2 dari 3 halaman

Rahasia Kelezatan Mie Instan Asli Indonesia

Dream - Mie instan seakan sudah menjadi makanan utama kedua setelah nasi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain mudah dalam proses pembuatan, rasa dan aroma yang lezat selalu menggoda setiap orang untuk mencicipinya.

Namun tahukan anda apa yang menjadikan mie instan asli Indonesia memiliki cita rasa yang berbeda? Bahkan sejumlah food blogger asing lebih menggunggulkan mie instan buatan Indonesia dibanding buatan negara lain seperti Jepang, Korea hingga Tiongkok

Tekstur kenyal mie instan buatan Indonesia memang tidak jauh berbeda dengan produk serupa buatan negeri tetangga. Namun yang membedakan adalah minyak yang mampu menimbulkan aroma khas pada mie instan dengan rasa tertentu.

Kekayaan kuliner tanah air yang kemudian ditransformasi dalam bentuk rasa pendukung mie instan juga menjadi salah satu kekuatan. Sejumlah produsen mie instan pun melihat hal ini sebagai suatu hal yang menjanjikan bagi bisnis mereka.

Tidak dapat dipungkiri jika sejumlah makanan khas tanah air seperti soto, rendang hingga bakso menjadi salah satu yang difavoritkan pecinta mie instan. Rasanya yang unik dengan taburan bawang goreng atau sayuran kering dan bumbu gurih menjadi 'godaan' utama dibanding produk mie instan produksi negara lain.

Selain itu kemasan mie instan yang kerap tampil dengan bahan pelengkap seperti telur, berbagai sayuran hingga potongan ayam seakan menjadi salah satu nilai jual tambahan. Meski difavoritkan oleh sebagian besar masyarakat, ada baiknya anda menjadikan makanan ini hanya sebagai selingan bukan sebagai makanan utama sehari-hari.

(Ism, Dari berbagai sumber)

3 dari 3 halaman

Ini yang Terjadi di Perut Saat Konsumsi Mie Instan

Dream - Makanan mie instan kini semakin populer saja. Selain karena bombardir iklan yang seperti tidak ada habisnya, makanan jenis ini sangat membantu mereka yang tidak punya banyak waktu untuk memasak.

Selain murah, mie instan adalah andalan mahasiswa jika mereka belum mendapat kiriman uang.

Namun di balik itu semua ada temuan menarik tentang mie instan saat masuk ke dalam saluran pencernaan kita.

Untuk pertama kalinya, Braden Kuo dari Massachusetts General Hospital melakukan percobaan untuk mengetahui kondisi pencernaan saat mie instan masuk ke dalamnya.

Dengan menggunakan kamera pintar seukuran pil multivitamin, Kuo sangat tercengang dengan reaksi saluran pencernaan saat diberikan mie instan.

Kamera cerdas tersebut telah memberikan Kuo gambaran keadaan di dalam, mulai dari perut hingga ke usus kecil selama 32 jam yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Sebelum uji klinis ini, kamera tersebut hanya digunakan untuk mempelajari bagian dalam seseorang ketika perut mereka kosong.

Kuo mengatakan dalam video terlihat perut bolak-balik berkontraksi seperti mencoba untuk menggiling mie instan.

Sebagai perbandingan, subjek penelitian juga makan mie buatan sendiri di hari yang berbeda.

Bila dilihat berdampingan, hasilnya berbeda secara signifikan.

" Hal yang paling mencolok tentang percobaan kami adalah masalah waktu yang dibutuhkan (agar mie hancur), katakanlah satu atau dua jam. Kami melihat mie instan sulit diproses dibandingkan dengan mie buatan sendiri," kata Kuo.

" Saya menyadari bahwa video tersebut sangat provokatif" , kata Kuo, yang menambahkan studi ini masih terlalu dini untuk menghasilkan sebuah kesimpulan tentang apa pun.

Namun dia dan timnya berencana akan melakukan penelitian lebih dalam.

Ia berharap studi ini bisa mengungkapkan apakah pencernaan yang lambat memengaruhi jumlah nutrisi yang diserap tubuh.

" Saya pikir makanan olahan masih perlu diteliti lebih lanjut."

(Sumber: www.wcvb.com)

 

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie