145 Ribu Pelamar Serbu 11 Ribu Lowongan Kerja BUMN

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 12 Maret 2019 06:43
145 Ribu Pelamar Serbu 11 Ribu Lowongan Kerja BUMN
Bahkan, server sempat down karena minat masyarakat tinggi.

Dream – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka sebelas ribu posisi lowongan kerja di 110 perusahaan milik negara. Program Perekrutan Bersama BUMN ini dibuka sampai 17 Maret 2019.

Dikutip dari Liputan6.com, Senin 11 Maret 2019, Forum Human Capital Indonesia (FHCI), selaku penyelenggara program perekrutan ini, menyampaikan bahwa hingga hari ini tercatat telah ada sekitar 145 ribu pelamar.

" Setiap saat bisa kita lihat progres pelamarnya. Sekarang (jumlah pelamar) 145 ribu orang," ungkap Ketua FHCI, Herdy Rosadi Harman.

Menurut Herdy, tingginya animo masyarakat membuat situs pendaftaran terganggu dan sempat down. Kini, situsnya sudah lancar.

“ Ya, sempat ada gangguan di salah satu server. Insyaallah sekarang sudah lancar lagi,” kata pria yang sekaligus direktur human capital management di PT Telkom Indonesia Tbk (Persero).

Herdy mengatakan, ada tiga jalur yang bisa diikuti, yaitu jalur reguler, disabilitas, dan perekrutan khusus putra/putri dari daerah Indonesia Timur.

Rekrutmen reguler ditujukan bagi lulusan SMA-SMK sampai sarjana. Rekrutmen disabilitas adalah perekrutan dengan kaum disabilitas yang memenuhi kualifikasi kebutuhan tenaga kerja sesuai kebutuhan, baik berupa lulusan SLTA, Diploma dan Sarjana.

Sedangkan untuk rekrutmen KTI (Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, NTB, NTT) disediakan bagi putra/putri dengan latar belakang pendidikan SLTA, Diploma dan S1 untuk ditempatkan di daerah domisili masing-masing atau di seluruh wilayah kerja sesuai kebutuhan tiap BUMN.

1 dari 1 halaman

Ajak Generasi Milenial Bergabung di BUMN

Menteri BUMN, Rini Soemarno, membuka rekrutmen bersama 11 ribu lowongan kerja diadakan oleh 110 perusahaan BUMN. Dia mengajak para generasi milenial untuk ikut serta mendaftarkan diri menjadi pegawai BUMN.

" Untuk pertama kalinya kita lakukan rekrutmen bersama BUMN mulai tahun ini. Kami terus berusaha untuk bagaimana milenial nantinya bisa jadi pegawai dan berusaha memajukan BUMN," kata dia.

Rini mengatakan total BUMN ada 143 perusahaan. Akan tetapi, belum semua perusahaan BUMN bisa berpartsipasi dalam sesi perekrutan.

Dia menginformasikan, 110 perusahaan tersebut bakal menyediakan total sekitar 11 ribu lowongan kerja untuk berbagai posisi. Adapun perekrutan kali ini terbuka untuk banyak lulusan, mulai dari SMA/SMK, Vokasi, S1, hingga S2.

Secara posisi, 9 ribu formasi diantaranya dibuka untuk rekrutmen umum. Sementara 1.000 lainnya disediakan khusus untuk disabilitas, dan 1.000 posisi khusus kawasan timur Indonesia.

Lebih lanjut, Menteri Rini pun menyerukan generasi muda dan milenial agar mau bergabung menjadi pegawai BUMN. " Kehadiran milenial dengan pemikiran barunya itu bagus. Soalnya BUMN ke depan bisa makin maju, direksinya juga makin semangat kerjanya," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya