23 Tahun Cuma Rencana, Kilang Tanjung Api-Api Akhirnya Siap Dibangun

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 13 Agustus 2020 13:48
23 Tahun Cuma Rencana, Kilang Tanjung Api-Api Akhirnya Siap Dibangun
Kilang ini akan memasok BBM untuk lima provinsi di Sumatera bagian selatan.

Dream - Selama 23 tahun menjadi rencana, kilang pengolahan minyak mentah di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api Sumatera Selatan akhirnya siap dibangun. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) Kilang Pertamina Internasional (KPI) dengan Dex Indonesia, disaksikan oleh Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko pada Rabu, 12 Agustus 2020.

" Kedua belah pihak harus melakukan langkah-langkah progresif agar pembangunan kilang ini dapat terlaksana," ujar Moeldoko sebelum penandatangan MoU, melalui keterangan tertulis diterima Dream.

Deputi I Kantor Staf Presiden, Febry Calvin Tetelepta, berharap kilang ini dapat segera beroperasi sehingga dapat menambah pasokan BBM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

" Target komersialisasi kilang ini harapannya tak sampai tahun 2024 sudah dapat berproduksi," kata Febry.

 

1 dari 2 halaman

Kilang Dibangun 28 Bulan

Febry mengatakan proses pembangunan kilang akan memakan waktu sekitar 28 bulan. Penandatangan MoU yang terjadi menunjukkan komitmen kuat pemerintah mendukung percepatan pembangunan kilang minyak untuk ketahanan energi nasional.

CEO KPI, Ignatius Tallulembang, kilang Tanjung Api-Api ini memiliki peran penting di sektor energi nasional. Bahkan bagi Pertamina sendiri.

MoU Kilang Tanjung Api-Api© Istimewa

" Proyek ini sangat strategis di dalam konsep besar pengembangan Pertamina, sebagai salah satu prioritas," kata Ignatius.

Dia melanjutkan hampir 23 tahun lamanya proyek ini masuk rencana Pertamina namun belum dapat terealisasikan. Dia berharap proses pembangunan tidak mengalami hambatan apapun, termasuk perizinan.

" Semoga perizinan dapat segera selesai sehingga kilang minyak ini nantinya dapat menyuplai dan mencukupi kebutuhan BBM untuk lima provinsi di Sumatera bagian selatan," ucap Ignatius.

 

2 dari 2 halaman

Upgrading maupun pembangunan kilang baru sangat dibutuhkan Pertamina untuk menyokong ketahanan energi nasional. Kilang Tanjung Api-api ini ke depannya mendukung peran kilang Plaju milik PT Pertamina (Persero) yang sudah beroperasi 100 tahun dalam menyediakan pasokan BBM.

MoU Kilang Tanjung Api-Api© Istimewa

Perwakilan Dex Indonesia, ETS Putra, mengapresiasi dukungan pemerintah dalam pembangunan kilang ini. Pihaknya berkomitmen membantu program pemerintah di bidang ketahanan energi nasional.

" Adapun status proyek saat ini, kami mendapatkan izin usaha dari Kementerian ESDM dan BKPM untuk mendirikan kilang minyak di KEK Tanjung Api-Api," kata Putra.

Beri Komentar