3 Cara Biar Bisa Jadi `Bintang` di Kantor

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 2 Agustus 2017 08:15
3 Cara Biar Bisa Jadi `Bintang` di Kantor
Berprestasi di tempat kerja tentu akan sangat menyenangkan.

Dream Sahabat Dream, semua pegawai ingin kariernya bersinar, sukses, dan menjadi superstar di kantor. Mereka menginvestasikan semuanya dan memusatkan energi demi menjadi yang terbaik.

Bisa cemerlang di lingkungan kerja itu sulit. Terlebih jika kamu bekerja di tim yang besar atau perusahaan unggul. Untuk membantu Sahabat Dream menjadi 'bintang' di kantor, ada tiga hal yang bisa dipelajari.

Dilansir Lifehack, Rabu, 2 Agustus 2017, pelajaran yang pertama, tuliskan tujuan karier. Ini sama  dengan menuliskan rencana wisata. Ketika hendak pergi ke suatu tempat, yang harus ditentukan adalah berapa lama liburan dan bagaimana caranya pergi ke sana.  

Begitu pula dengan karier, tentu ada tujuan yang harus ditetapkan. Tapi ingat, tentukanlah target itu menjadi tiga waktu yang berbeda, yaitu jangka pendek (6 bulan-1 tahun), jangka menengah (3 tahun-5 tahun), dan jangka panjang (12 tahun-15 tahun).

Prioritaskan goals yang telah ditentukan dan buatlah jadwal kerja setiap minggu untuk menggapai tujuan. Luangkan waktu 15 menit untuk memonitor progress, investigasi, dan koreksi jika ada yang salah.

Yang kedua, mintalah umpan balik. Jika ingin menjadi yang terbaik di kantor, rasanya sulit untuk mengetahui apakah langkah yang dilakukan sudah tepat.

Untuk itu, jangan sungkan meminta umpan balik dari rekan kerja lain atau atasan. Dengan meminta umpan balik, artinya kamu bisa membuat dirimu menjadi lebih dan bisa meningkatkan kemampuan kerja dengan cukup baik.

Ingat, jangan defensif ketika mendengar masukan dari orang lain. Jika mendapatkan kritik atau tidak sependapat, jangan berargumen.

Mintalah contoh dari langkah yang kurang tepat yang telah kita lakukan. Yang terpenting adalah mencoba rekomendasi yang telah diberikan.

Yang ketiga adalah mengendalikan situasi buruk layaknya seorang pemimpin. Sahabat Dream, situasi di tempat kerja tak selamanya baik. Kadang-kadang tugas pemimpin adalah memberikan kabar buruk, entah itu kinerja yang negatif atau proyek yang batal.

Kirimkan berita itu secara langsung untuk menunjukkan kepedulian dan bisa merespons reaksi karyawan secara tim secara tepat plus tepat waktu. Jika ada karyawan yang kinerjanya kurang baik, katakan secara langsung. Beri tahu apa yang salah dari mereka sehingga mereka tahu apa yang salah dan apa yang harus diperbaiki.

Selanjutnya, berilah waktu untuk karyawan atau tim yang kinerjanya kurang, untuk segera memperbaiki diri. Jangan sungkan untuk menerima pertanyaan dari karyawan dan jelaskan kamu ingin membantu. Dengan begitu, kondisi ini bisa membuat hubungan Anda dengan karyawan lainnya menjadi positif.(Sah)

Beri Komentar