Baru Lulus? Ini 4 Orang yang Bisa Masuk Daftar Referensi dalam CV

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 10 Juli 2019 08:36
Baru Lulus? Ini 4 Orang yang Bisa Masuk Daftar Referensi dalam CV
Terlebih bagi fresh graduate yang minim pengalaman bekerja.

Dream – Resume telah dipoles sempurna, surat lamaran sudah disusun rapi, dan situs web pribadi maupun media sosial telah dibersihkan dari unggahan aneh. Kalau lihat kondisi itu, kKamu pasti sudah yakin untuk segera melamar kerja. 

Eits, yakin semuanya sudah lengkap dan peluang diterima kerja sangat besar? Tahukah kamu jika ada satu hal sering kali luput dipersiapkan. 

Banyak sekali pelamar yang lupa mencantumkan referensi yang kuat. Ini adalah informasi tentang orang yang bisa dihubungi perusahaan saat mereka ingin menggali informasi lebih banyak tentang kandidat. 

Untuk mereka yang sudah bekerja, informasi soal referensi ini tentu hal yang dengan mudah mereka cantumkan. Namun bagaimana jika situasinya jika kamu adalah pelamar yang baru lulus kuliah dan belum pernah bekerja atau magang. 

Terkadang pula, para pekerja malas mencantumkan nama mantan bos mereka. Alasannya bisa beragam. 

Jika dua kondisi itu sedang kamu alami, jangan dulu panik. 

Mengutip laman The Muse, Rabu 10 Juli 2019, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami jika masalah ini tak hanya kamu alami sendiri. Banyak orang menghadapi dilema yang sama. 

Mereka punya satu pekerjaan dan tak ada mantan kolega untuk dimasukkan ke dalam daftar, apalagi mantan bos.

Pegawai fresh graduate mungkin lebih tenang. Calon perusahaan akan memahami jika pekerjaan yang kamu lamar adalah yang pertama. 

Nah buat kamu pelamar fresh graduate, ada lho beberapa orang yang bisa kamu sertakan sebagai referensi dalam surat lamaran.

1 dari 5 halaman

Ini Daftarnya

Professor Favorit

Kamu mungkin memiliki beberapa profesor yang bisa ditanyakan tentang hal ini. Dari semua referensi untuk seseorang yang tak punya banyak pengalaman, cara ini yang paling jelas.

Jangan mengabaikannya. Profesor biasa menjadi referensi. Ini serupa tetapi lebih mudah dan lebih sedikit memakan waktu daripada menulis surat rekomendasi yang dipersonalisasi.

Anggota Keluarga atau Teman

Kamu pernah bekerja di tempat usaha milik teman atau anggota keluarga? Ini juga menjadi refernsi yang mudah dan masuk akal.

Senior di Kelas yang Sama

Kamu juga bisa menjadikan senior yang dikenal untuk menjadi referensi. Kamu bisa meminta tolong kepada senior untuk bercerita bagaimana rasanya bekerja sama denganmu,

Pemimpin Organisasi

Pernah ikut kegiatan organisasi? Misalnya Pramuka atau pecinta alam? Jika ya, kamu bisa menambahkan pimpinan organisasi ini menjadi daftar referensi pekerjaan.

Dalam referensi, bisa juga dijelaskan peranmu dalam organisasi. Misalnya, menjabat sebagai sekretaris organisasi.

Selamat mencoba!

2 dari 5 halaman

3 Trik Bikin CV Lamaran Kerja Dilirik Perusahaan

Dream – Ketika hendak melamar pekerjaan, satu tahapan yang pasti dilalui setiap pencari adalah membuat curriculum vitae (CV). Dkumen berisi data pribadi pelamar kerja ini merupakan gerbang pertama agar bisa memikat perusahaan impian.

CV akan memberi tahu calon perusahaan yang diincar mengenai data diri, keterampilan, pengalaman, dan latar belakang pendidikanmu. Dengan membuat CV dengan benar, tentu saja peluangmu dipanggil dan masuk daftar kandidat akan terbuka lebar.

Dengan kata lain, CV merupakan kesempatan pertama kamu untuk “ menjual diri” kepada calon atasan perusahaan yang diimpikan.

Mengingat posisinya yang sangat penting, mempersiapkan dokumen CV tentu tak bisa dibuat sembarangan. Kamu harus memberikan kesan pertama yang terbaik.

Perlu diingat, usahakan CV yang kamu buat terlihat menonjol dan berbeda dari yang lain. Tinggalkan kesan tak terlupakan saat pencari kerja membaca CV kamu di 10 detik pertama.

Terdengar mudah dibaca namun sulit diterapkan memang. Namun bukan berarti tidak mungkin dilaksanakan.

Berikut ini adalah tiga tips agar bisa membuat CV yang kece, dikutip dari Liputan6.com, Kamis 31 Januari 2019.

3 dari 5 halaman

Begini Caranya

Presentasikan dengan Jelas dan Perhatikan Bahasa

Pastikan CV kamu disajikan dengan baik, terstruktur, dan mudah dibaca. Kamu bisa membaginya menjadi beberapa bagian, seperti keterampilan utama, riwayat pekerjaan, pendidikan, pelatihan, dan minat.

Gunakanlah poin-poin dan kalimat yang pendek. Jangan lupakan ejaan dan tata bahasa yang digunakan. Usahakan CV tidak melebihi 3 lembar.

Perhatikan Bahasa yang Digunakan

Untuk membuat CV yang baik, gunakanlah bahasa yang profesional dan formal. Hindari jargon dan akronim yang sulit dipahami oleh beberapa orang.

Walaupun sudah banyak layanan jasa pembuatan CV, lebih baik kamu membuatnya sendiri. Tujuannya agar kamu bisa menyesuaikan jawaban yang tertera di CV.

Jangan segan meminta bantuan teman untuk memeriksanya. Kadang kita tak sadar telah melakukan kesalahan penulisan.

Sesuaikan CV dengan Perusahaan yang Akan Dilamar

Kebanyakan perusahaan akan melihat pengalaman kerja dan keterampilan yang dimiliki sudah sesuai dengan persyaratan pekerja di perusahaan tersebut atau tidak. Untuk itu, kamu harus punya pengalaman dan kemampuan yang relevan.


(Sumber: Liputan6.com/Ayu Lestari Wahyu Puranidhi)

4 dari 5 halaman

5 Cara Pengusir Galau Kala Lamaran Kerja Impian Ditolak

Dream – Tak semua orang bisa beruntung langsung mendapatkan pekerjaan di kali pertama mereka melamar kerja. Beberapa harus melewati berbagai proses seleksi sampai akhirnya satu perusahaan menerima mereka.

Ditolak memang terasa menyakitkan. Apalagi jika kamu baru lulus kuliah dan perusahaan yang diincar adalah tempat kerja impian kamu. Berat rasanya untuk bangkit dari keterpurukan itu. 

Meski normal, kamu yang baru saja ditolak kerja jangan biarkan kesedihanmu berlarut-larut. Kamu harus segera bangkit.

Dikutip dari Vemale, Selasa 8 Januari 2018, ada lima cara agar kamu bisa bangkit dengan segera tanpa berlarut-larut tenggelam dalam kesedihan.

Yang pertama, lihatlah sisi penolakan itu sebagai jalanmu untuk berkembang. Agar bisa meraih pekerjaan yang diimpikan, kamu harus mengasah segala kemampuan agar bisa lebih matang. Kamu punya banyak waktu untuk berkembang dan mempersiapkan diri untuk seleksi yang lain.

Kedua, hindarilah berandai-andai tentang hal yang membuatmu gagal. Kegiatan ini akan membuatmu mencari-cari kesalahan diri sendiri. Ingat, kegagalan itu wajar. Terima saja kritik dan saran yang membangun sebagai evaluasi.

5 dari 5 halaman

Ambil Me Time!

Ketiga, buatlah dirimu merasa nyaman setelah kecewa. Ambil waktu sebanyak mungkin untuk me time. Kamu bisa melampiaskan rasa kecewa dan sedih dengan membeli kue favorit, belanja, atau curhat di blog. Lakukan saja aktivitas yang membuatmu lebih ikhlas dan menghilangkan rasa kecewa.

Keempat, jangan buat keputusan permanen selama 24 jam. Usai lamaran ditolak, hindari membuat keputusan permanen. Kamu baru saja mengalami penolakan dan masih dalam keadaan yang campur aduk.

Kelima, jangan salahkan diri. Bisa saja kamu sudah bagus. Tapi, ada pelamar lain yang kriterianya lebih sesuai dengan yang dicari perusahaan. Anggap saja belum rezeki.

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi