5 Penyesalan Orang yang Baru Diterima Kerja

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 17 Mei 2016 07:29
5 Penyesalan Orang yang Baru Diterima Kerja
Banyak lulusan baru terlena saat mendapatkan pekerjaan pertama. Banya yang lupa dengan 5 hal ini.

Dream - Mendapatkan pekerjaan pertama pasti menyenangkan bagi mahasiswa yang baru lulus. Apalagi jika perusahaan yang dipilih telah lama diidamkan.

Namun banyak mahasiswa, dengan pemikirannya, masih awam dengan dunia kerja. Mereka masih belum sadar banyak perbedaan antara dunia sekolah dan kerja.

Berikut 5 hal yang harus diketahui sarjana baru saat menerima pekerjaan pertama mereka. Para pegawai lama bahkan berharap bisa mengetahui 5 hal ini lebih awal. Apa saja?

1. Bos Kamu Bukan Teman Kamu

Sangat menyenangkan jika kamu menyukai bos apalagi hubungannya saling menguntungkan. Namun jangan biarkan hubungan pertemanan itu membuat kamu lupa.

Ingatkan, perhatian terbesar bos kamu adalah kinerja perusahaan bukan tentang kamu. Jadi jika mau naik gaji, bonus, atau promosi, jangan pernah mengharapkan bos akan memberikan cuma-cuma kepada kamu.

2. Punya Utang itu Tak Normal

Saat muda, banyak yang berpikir kartu kredit adalah jalan keluar saat tak punya uang. Pemikiran yang sangat dangkal. Pelajaran cara cerdas mengggunakan kartu kredit adalah membayar penuh tagihan tepat waktu setiap bulannya. Hanya membayar tagihan minimal hanya akan membuat utang kamu menumpuk.

3. Tentu Saja Kamu Bisa Menabung

Sebagian orang berpikir menabung hanya bisa dilakukan orang kaya. Pekerjaan pertama biasanya habis untuk uang kontrakan atau pengeluaran lain. Pemikiran ini tentu saja salah. Cobalah untuk menyisihkan 5-6 persen dari gaji kamu untuk menabung.

4. Kemampuan Membeli itu Relatif

Pindah ke kota besar tentunya berbeda kondisinya saat kamu tinggal di desa. Biaya hidup di kota besar sangat mahal. Mungkin kamu harus cari pekerjaan sampingan untuk menutup biaya hidup. Cobalah melihat dulu biaya hidup di kota yang kamu akan singgahi agar tak kaget saat tinggal di sana.

5. Ingat! Tak Salah jika Mau Berhenti Kerja

Catat, tak semua orang akan mencintai pekerjaan pertamanya. Orang berusia 20 tahunan mungkin akan berpindah kerja 7 kali sebelum sampai di usia 30 tahun. Jika kamu tak suka pekerjaan pertamanya, belajarlah dan bersiap move on.

Hal terburuk yang terjadi adalah kamu membiarkan hidup menderita dan meninggalkan jejak pekerjaan dengan hasil buruk.

(Sumber: finance.yahoo.com)

Beri Komentar