Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Bakal Dibangun di Marunda

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Sabtu, 16 Februari 2019 11:03
Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Bakal Dibangun di Marunda
Pembangunan pembangkit listrik ini akan dimulai tahun 2019.

Dream – PT Adhi Karya Tbk (Persero) berencana membuat pembangkit listrik tenaga sampah di Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Rencananya, pembangkit listrik ini akan digarap tahun ini.

“ Kami juga akan membangun pusat listrik dari sampah,” kata Direktur Utama Adhi Karya, Budi Hartono, di Jakarta, Jumat 15 Februari 2019.

Budi mengatakan proyek ini masih dalam perencanaan dan belum mendapat keputusan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dia berharap proses kontruksi proyek ini bisa dikerjakan tahun 2019.

" Kami harapkan semester pertama ini ada putusan dari gubernur, sehingga semester kedua kami mulai konstruksi,” kata dia.

Ketika membangun proyek ini, BUMN konstruksi ini akan menggandeng perusahaan lain dari Indonesia dan Jerman. Perusahaan yang digandeng ini memiliki teknologi di bidang listrik dari sampah.

“ (Untuk) Listrik sampah, kami bekerja sama dengan perusahaan Jerman," kata dia.

Dalam proyek ini, dua perusahaan Indonesia akan memiliki saham 55 persen, sementara perusahaan Jerman berhak mendapat saham 45 persen.

" Kira-kira Adi Karya akan investasi Rp1,5 triliun di situ," ujar dia.

Nantinya, pembangkit listrik tenaga sampah ini akan menghasilkan daya listrik sebesar 50 MW. “ Inisiatornya Adhi, nanti listriknya dijual ke PLN. Sampahnya kan bisa bantu masyarakat," kata dia. (ism)

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo