Akhir Tragis Mantan Penguasa Ponsel Dunia, Nokia

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 23 Oktober 2014 13:13
Akhir Tragis Mantan Penguasa Ponsel Dunia, Nokia
Microsoft secara resmi takkan lagi menggunakan nama Nokia dalam produk-produk telepon selulernya. Apa nama baru pengganti Nokia?

Dream - Nokia, mantan penguasa pasar telepon genggam (handphone) dunia asal Finlandia berakhir tragis. Pemilik baru Microsoft mengumumkan takkan lagi menggunakan merek Nokia dalam produk-produk barunya.

Sebagai penerusnya, Microsoft akan menggunakan nama " Microsoft Lumia" untuk menggeser merek Nokia.

Mengutip laman theverge.com, Kamis, 23 Oktober 2014, isu akan hilangnya nama Nokia sudah berhembus sejak sebulan yang lalu. Penegasan Miscoroft ini memastikan berakhirnya masa kejayaan Nokia.

Perubahan nama ini merupakan perjalanan dari transisi lembut, yang dimulai dengan mengganti laman Nokia.com menjadi situs baru mobile Microsoft.

Perancis akan menjadi negara pertama yang mengadopsi nama Microsoft Lumia untuk akun dalam aplikasi Facebook, Twitter, dan sosial media lainnya.

Microsoft juga memastikan negara-negara lain di dunia akan segera mengikuti langkah rebranding tersebut.

Meski namanya hilang dari jagat bisnis ponsel, tak berarti Nokia benar-benar habis sepenuhnya. Nokia akan tetap hadir sebagai perusahaan terpisah namun tak mengurusi bisnis telepon.

Perusahaan asal Finlandia ini akan fokus pada infrastruktur jaringan dan pemetaan.

Keputusan Microsoft mengubah nama Nokia ini memang tak terlalu mengagetkan sebagian kalangan. Sebab, aplikasi Windows Phone Nokia belum lama ini telah berganti merek menjadi Lumia.

Selain itu, iklan-iklan akhir pekan juga lebih banyak menggunakan nama Lumia daripada Nokia.

Sayang hingga saat ini Microsoft belum memberikan penjelasan terkait masa depan Windows Phone terkait keputusan perubahan merek ini.

Beri Komentar