Jaring Investor Asing, BKPM Gandeng Bank Mandiri

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 9 Agustus 2016 18:43
Jaring Investor Asing, BKPM Gandeng Bank Mandiri
Kerja sama ini bertujuan untuk memudahkan investasi.

Dream – PT Bank Mandiri Tbk (Persero) menjalin kerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terkait promosi bersama dan pelayanan jasa perbankan. Kerja sama ini bertujuan untuk menciptakan kemudahan dan kenyamanan bagi investor.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh Kepala BKPM, Thomas Trikasih Lembong dan Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo, di Jakarta, Selasa 9 Agustus 2016.

Dilansir dari keterangan tertulis yang diterima Dream, bank pelat merah ini akan mendukung BKPM terkait informasi daftar proyek penanaman modal di Indonesia yang potensial bagi investor, terutama investor asing.

Selain itu, Bank Mandiri juga akan menyediakan layanan perbankan yang dibutuhkan investor untuk memaksimalkan investasi di Indonesia, seperti melalui produk-produk treasury antara lain yang terkait dengan transaksi konversi valuta asing maupun transaksi lindung nilai (hedging).

Kartika mengatakan kerja sama ini menguntungkan mengingat BKPM merupakan institusi yang sangat strategis dan dapat dijadikan mitra kerjasama bagi Bank Mandiri untuk mempresentasikan kesiapan Bank Mandiri dalam meningkatkan investasi di di Indonesia melalui layanan dan produk perbankan yang bertaraf internasional

“ Dengan proyeksi pertumbuhan nasional yang positif dan stabilnya situasi politik di Tanah Air, Indonesia diprediksi bakal menjadi tujuan investasi yang sangat menarik, khususnya bagi investor asing. Tentunya, investasi yang diharapkan lebih dalam bentuk penanaman modal di sektor riil yang padat karya daripada sektor finansial yang padat modal, namun melibatkan SDM yang terbatas,” kata dia.

Sementara itu,Thomas menilai bahwa kerja sama yang dilakukan merupakan salah satu langkah untuk membangun kerjasama dengan lembaga keuangan, baik nasional maupun internasional. Dia menilai bahwa berbagai manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya kerja sama ini antara lain adalah kemudahan jalur informasi mengenai investasi yang sedang berkembang di Indonesia, meningkatkan kemudahan bagi investor asing yang potensial untuk berinvestasi di Indonesia dan sebaliknya meningkatkan mutu atau kualitas pelayanan penanaman modal kepada investor.

Mantan menteri perdagangan itu mengatakan kerja sama dengan Bank Mandiri merupakan kerja sama yang strategis dalam kegiatan promosi investasi Indonesia. “ Pada saat menarik investasi ke Indonesia, maka mitra perbankan yang reliable, seperti PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, merupakan salah satu selling point yang dapat ditawarkan kepada calon investor. Selain itu, kerjasama ini sangat mendukung matchmaking process sebagai bagian dari kegiatan promosi investasi,” jelasnya.

Sekadar informasi, Nota Kesepahaman ini merupakan pembaharuan dari Nota Kesepahaman sebelumnya yang ditandatangani pada tanggal 1 Agustus 2012. Berdasarkan Nota Kesepahaman pembaharuan ini, BKPM dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berkomitmen untuk meningkatkan hubungan kerjasama yang telah terjalin selama ini. Kegiatan – kegiatan promosi bersama yang telah dilakukan oleh BKPM d

an PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, antara lain adalah Gelar Potensi Investasi Daerah/Regional Investment Forum, program diskusi antara BKPM dan UKM mitra binaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, serta Forum Komunikasi Pemberdayaan Usaha Nasional.

Beri Komentar