Tips Kerja Bebas Stres saat Ramadan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 18 Mei 2018 10:30
Tips Kerja Bebas Stres saat Ramadan
Caranya gampang banget.

Dream – Bulan Ramadan baru saja mulai. Bagaimana puasa hari pertama di tempat kerja, lancar?

Saat bulan Puasa, apalagi di pekan pertama, tubuh kita memang mengalami perubahan. Coba lihat sekeliling kamu. Pasti ada beberapa pegawai yang sedari tadi menguap.

Bekerja ketika perut kosong bisa membuat tubuh dan pikiran tertekan. Apalagi, saat bekerja, kamu duduk berlama-lama di depan komputer.

Dikutip dari stress-free-and-alert-during-the-working-hours-in-ramadan" >Khaleej Times, Jumat 18 Mei 2018, pakar kesehatan dan kebugaran, Rob Donker, mengatakan duduk terlalu lama tidak baik untuk tubuh. Donker mengatakan tubuh manusia terdiri atas lebih dari 600 otot dan 300 sendi dan mereka tidak dirancang untuk duduk berlama-lama, tetapi untuk bergerak.

Selain itu, pernapasan menjadi tidak aktif ketika duduk dalam waktu yang lama. Ini akan berdampak negatif terhadap mood, ditambah dengan efek makanan berat yang dikonsumsi selama sahur.

“ Jika dalam posisi duduk, kamu hanya bisa bernapas 60-70 persen dari kapasitas penuh kamu. Ini akan berdampak besar terhadap suasana hati dan kewaspadaan, sehingga menyebabkan stres yang lebih besar,” kata dia.

Maka, Donker menyarankan orang yang berpuasa untuk berjalan-jalan setiap 30 menit sekali. Ini akan membantu meningkatkan kewaspadaan dan tubuh supaya tetap terjaga. Apalagi tenaga akan habis dan tubuh menjadi cepat lelah selama Ramadan, khususnya selama minggu pertama.

Ada juga, lho, cara-cara yang lainnya.

 

1 dari 2 halaman

Makan Buah dan Minum Air Putih

Selain jalan kaki, spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Internasional Bareen, Shaimaa Mashal, mengatakan makan makanan sehat dan bernutrisi saat buka puasa dan sahur bisa memperkecil stres ketika bekerja sambil puasa. Misalnya, buah-buahan bisa meningkatkan energi.

Sedangkan makan makanan berlemak, karbohidrat, garam, dan gula bisa menguras energi karena ada peningkatan glukosa di dalam tubuh.

Mashal juga menyarankan agar orang yang berpuasa meningkatkan konsumsi air putih saat buka puasa dan sahur.

“ Kalau mengikuti pola makan sehat selama Ramadan dan minum banyak air, kamu akan merasa lebih tenang di tempat kerja karena hormonnya akan kembali pulih,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Yoga Juga Bisa Kurangi Stres

Psikolog di Sheikh Khalifa Medical City (SKMC), Naser Al Riyami, mengatakan stres bisa dikurangi dengan mengontrol pikiran dengan tarikan napas dalam-dalam selama dua menit. “ Ini akan membantu untuk menenangkan pikiran,” kata Naser.

Instruktur yoga di Dubai, Sasha Edwards, mengatakan peregangan bisa membuat perasaan lega bagi para pekerja yang sibuk.

“ Cari posisi duduk yang nyaman, baik di lantai di kursi, lalu tutup mata. Fokuskan diri untuk menarik napas dan mengeluarkan napas,” kata dia.(Sah)

Beri Komentar