Tak Bisa Mudik, Begini Keseruan Lebaran WNI di Tiongkok

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Sabtu, 16 Juni 2018 10:39
Tak Bisa Mudik, Begini Keseruan Lebaran WNI di Tiongkok
Mereka tetap bersilaturahmi membingkai persaudaraan antar masyarakat Indonesia.

Dream - Umat Muslim seluruh dunia kini tengah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Di Indonesia, untuk merayakan Lebaran, masyarakat berbondong-bondong mudik ke kampung halaman untuk bersilaturahmi bersama keluarga yang sudah lama tidak bertemu.
 
Namun, tak sedikit pula yang tidak bisa mudik. Hal itu lantaran tidak memiliki ongkos atau karena pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. 
 
Tak bisa mudik ke kampung halaman juga turut dirasakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Tiongkok. Meski tak mudik, mereka tetap bersilaturahmi membingkai persaudaraan antar masyarakat Indonesia. 
 
Silaturahmi itu digelar di kediaman resmi Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok (RRT) merangkap Mongolia, Djauhari Oratmangun di Beijing, Tiongkok.
 

 Lebaran WNI di Tiongkok

 
Sebelum merayakan hari lebaran. Sekitar 150 WNI yang kebanyakan mahasiswa itu terlebih dulu berkumpul pada 13 Juni 2018 untuk buka puasa bersama di hari terakhir bulan Ramadan. 
 
" Ini merupakan kali kedua buka puasa bersama dilaksanakan di Wisma Duta," ujar Djauhari dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Sabtu 16 Juni 2018.
 
Djauhari menuturkan, dalam acara silaturahmi itu turut diisi ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Muhlisin. Para WNI turut diingatkan untuk saling menjaga persaudaraan antar umat beragama.
 

 Lebaran WNI di Tiongkok

 
" Indonesia sejatinya terdiri dari beragam suku bangsa dan agama. Oleh karena itu, perbedaan seharusnya bukan menjadi penghambat, namun justru menjadi modal untuk bersama-sama memberikan kontribusi bagi pembangunan dan kemajuan Indonesia," ucap dia.
 
Meski jauh dari keluarga yang berada di Tanah Air. Para WNI dan Dubes Djauhari turut mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri Idul Fitri untuk masyarakat Indonesia.
 

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik