Belum Bisa Berkurban Tahun Ini? Begini Tips Menabung Walau Gaji Pas-Pasan

Reporter : Wuri Anggarini
Sabtu, 2 Juli 2022 09:00
Belum Bisa Berkurban Tahun Ini? Begini Tips Menabung Walau Gaji Pas-Pasan
Masih ada kesempatan mempersiapkan kurban tahun depan walau memiliki gaji pas-pasan. Intip dulu beberapa strategi yang bisa dilakukan, yuk!

Momen Idul Adha semakin dekat yang pastinya sudah dinanti umat muslim dengan penuh suka cita. Namun, bagi yang masih belum bisa berkurban tahun ini pasti merasakan kesedihan tersendiri. Meskipun sudah memiliki gaji sendiri, banyaknya kebutuhan dan gaji yang pas-pasan menjadi tantangan tersendiri dalam menjalankan ibadah tersebut.

Tapi, nggak perlu berkecil hati karena hal tersebut. Masih ada kesempatan mempersiapkan kurban tahun depan walau memiliki gaji pas-pasan. Intip dulu beberapa strategi yang bisa dilakukan, yuk!

1 dari 4 halaman

Pertimbangkan Hewan Kurban yang Ingin Dibeli

Belum Bisa Berkurban Tahun Ini? Begini Tips Menabung Walau Gaji Pas-Pasan© Shutterstock

Hal pertama yang harus dilakukan saat mempersiapkan kurban untuk tahun depan adalah menentukan terlebih dulu hewan kurban yang akan dibeli. Jika sapi masih terlalu mahal, kambing adalah hewan kurban yang dirasa paling pas dan paling memungkinkan untuk diwujudkan.

Setelah memutuskan akan berkurban kambing, cek harga kambing kurban tahun ini untuk batas terendah dan batas tertingginya. Harga kambing sendiri bervariasi tergantung jenisnya. Khusus tahun ini, di pasaran beredar harga jual mulai dari Rp 1,6 juta hingga Rp 2,5 juta tergantung jenisnya. Untuk menabung tahun depan, kamu bisa mempersiapkan tabungan sekitar Rp 3 juta hingga Rp 3,5 juta. Mengapa perbedaan harganya cukup jauh? Hal ini untuk mempertimbangkan inflasi, sehingga jika ada dana lebih kamu bisa memilih kambing kurban dengan kualitas yang baik juga.

2 dari 4 halaman

Mulai Menabung Sekarang Hingga 10 Bulan ke Depan

Belum Bisa Berkurban Tahun Ini? Begini Tips Menabung Walau Gaji Pas-Pasan© Shutterstock

Jika memang ingin benar-benar menabung untuk kurban tahun depan, wajib untuk mulai mempersiapkan tabungan sekarang juga. Buat jangka waktu menabung dan tetapkan batasannya, misalnya untuk 10 bulan ke depan sehingga kamu punya waktu yang cukup panjang untuk survey dan mencari kambing kurban yang baik dan sesuai budget.

Selanjutnya, tentukan besaran dana yang akan disiapkan setiap bulannya untuk memenuhi total budget Rp 3,5 juta. Jika dibagi dalam 10 bulan, maka setiap bulannya setidaknya kamu harus menyisihkan Rp 350ribu.

3 dari 4 halaman

Pisahkan Tabungan Kurban dari Rekening Kebutuhan Lainnya

Belum Bisa Berkurban Tahun Ini? Begini Tips Menabung Walau Gaji Pas-Pasan© Shutterstock

Supaya rencana menabung bisa benar-benar diwujudkan, pastikan memisahkan dana tabungan kurban dari rekening lainnya. Jadi setiap gajian tiba, segera sisihkan Rp 350ribu ke rekening tabungan khusus kurban agar tidak tersentuh kebutuhan lainnya yang bikin gagal menabung.

Bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi bank digital kekinian yang punya fitur memisahkan beberapa tabungan dalam 1 rekening. Jadi nggak perlu repot mengurus pembuatan rekening bank baru. Asalkan konsisten dilakukan, menabung kurban pun bisa diwujudkan.

4 dari 4 halaman

Patungan dengan Saudara atau Teman Jika Dirasa Masih Berat

Belum Bisa Berkurban Tahun Ini? Begini Tips Menabung Walau Gaji Pas-Pasan© Shutterstock

Islam tidak memberatkan umatnya yang memiliki niat untuk berbuat kebaikan. Jika berkurban sendiri masih dirasa berat karena kamu memiliki banyak kebutuhan, termasuk membiayai orang tua, patungan kurban bisa jadi pilihan yang tepat.

Dengan mengajak teman atau saudara berkurban bersama, tentu dana yang harus disisihkan setiap bulannya akan lebih ringan. Tapi, pastikan teman yang diajak patungan adalah mereka yang benar-benar konsisten dan niat untuk berkurban juga agar rencanamu nggak gagal total menjelang kurban tahun depan tiba.

Jadi, nggak perlu bersedih jika masih belum bisa berkurban tahun ini. Masih ada waktu mempersiapkan kurban tahun depan selama ada niat dan keinginan. Selamat menabung, Sahabat Dream!

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More