Beredar Info Wajib Vaksin untuk Tes CPNS, Warganet `Serbu` BKN

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 24 Agustus 2021 14:33
Beredar Info Wajib Vaksin untuk Tes CPNS, Warganet `Serbu` BKN
Mereka keberatan syarat ini ditetapkan.

Dream – Belum lama ini, peserta CPNS 2021 digegerkan dengan salah satu syarat untuk mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Syarat tersebut adalah vaksinasi Covid-19 dan hasil rapid test antigen yang menunjukkan negatif Covid-19.

Menurut Surat BKN Nomor 7787/B-KS.04.01/SD/E/2021 terkait Penyampaian Jadwal SKD CPNS 2021, Seleksi Kompetensi PPPK NonGuru Tahun 2021, dan Rekomendasi Ketua Satgas Covid-19. tes tersebut dilaksanakan mulai 2 September 2021.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi peserta CPNS. Dua di antaranya menjadi sorotan. Pertama, syarat swab test PCR dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam atau rapid test H-1 dengan hasil non reaktif.

Ke dua, khusus bagi peserta CASN di Jawa, Madura, Bali, wajib divaksinasi Covid-19 dosis pertama.

1 dari 4 halaman

Keberatan

Dua syarat ini membuat warganet merasa keberatan. Alasannya, situasi finansial yang sulit dan vaksinasi yang belum merata.

Alhasil, mereka ramai-ramai bertanya kepada Badan Kepegawaian Negara melalui Twitter @BKNgoid. Bahkan, warganet juga meminta persyaratan itu dipertimbangkan.

Min, mohon dipertimbangkan masalah test PCR. Kami yang honorer benar-benar tidak sanggup untuk biaya test tersebut,” tulis @KARTYCYAPOETHRE.

Selamat sore, Min. Min, buat yang belum tiga bulan Covid, gimana, min? Harus maksa vaksin apa gimana ini? Terus ini Jawa-Bali belum merata vaksinnya… Mohon solusi min,” cuit @beevitabee.

Mohon dikaji ulang untuk peserta SKD wajib sudah vaksin atau rapid antigen/pcr, karena distribusi vaksin belum merata, dan rapid antigen/PCR tidak semua mampu dengan biaya sendiri, bukankah seleksi tidak dipungut biaya?” cuit @rezaadhika.

2 dari 4 halaman

Jawaban BKN

Dikutip dari Liputan6.com, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama, mengatakan, akan segera mengumumkan hal ini.

“ Kami akan buat press con (press conference),” kata Satya.

 

 

(Sumber: Liputan6.com/Nurmayanti, Akun Twitter BKN)

3 dari 4 halaman

Ikut Tes CPNS 2021 Harus Pakai Sertifikat Vaksin atau Tidak?

Dream – Pendaftaran seleksi CPNS 2021 akan berakhir pada 21 Juli 2021. Tak sedikit calon pelamar bertanya tentang kemungkinan kewajiban memiliki surat keterangan negatif Covid-19 berupa hasil rapid test antigen dan sertifikat vaksin.

Dikutip dari Liputan6.com, Kamis 8 Juli 2021, Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum bisa memastikan apakah sertifikat vaksin Covid-19 jadi salah satu syarat wajib mengikuti tes CPNS 2021. Ketentuan seperti itu nanti akan menyusul dan dikeluarkan seiring situasi pandemi ke depan.

 

© Dream

 

“ Itu ikuti aja ketentuan saat tes, karena tiap wilayah berbeda,” kata BKN.

Apalagi, saat ini sedang masa darurat Covid-19. “ Apalagi sekarang kalau masa darurat kan harus bawa keterangan vaksin sama keterangan antigen, jadi diikuti aja,” kata dia.

4 dari 4 halaman

Jangan Lupa Lakukan Ini

BKN juga menghimbau kepada seluruh calon pendaftar CPNS 2021 agar rajin membaca segala persyaratan yang tertera di laman SSCASN sebelum waktu pendaftaran ditutup per Juli.

Calon pendaftar disarankan untuk memastikan terlebih dahulu mana instansi yang mau dilamar, beserta syarat-syarat yang harus dipenuhi agar bisa jadi CPNS di sana.

“ Nanti kalau udah di-list dibaca baik-baik persyaratan tiap instansinya, karena bisa saja berbeda, ada syarat-syarat (CPNS) tertentu yang kadang diminta instansi,” tulis BKN.

 

(Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizki Bayu Kencana)

Beri Komentar