Berencana Tutup Pabrik, Nestle Bakal PHK Massal

Reporter : Alfi Salima Puteri
Jumat, 4 Februari 2022 13:12
Berencana Tutup Pabrik, Nestle Bakal PHK Massal
Rencana ini ditentang oleh serikat pekerja karena pabrik itu dinilai masih menguntungkan sehingga tak ada alasan menutupnya.

Dream - Nestle mengumumkan segera menutup pabriknya yang berada di Fawdon, Newcastle, pada tahun 2023. Akibatnya, Nestle harus memberhentikan sekitar 474 karyawannya.

Dikutip dari BBC, Jumat 4 Februari 2022, seorang juru bicara mengatakan mayoritas produksi saat ini di Nort East akan pindah ke Halifax, West Yorkshire. Serikat pekerja GMB dan Unite mengutuk keputusan tersebut, mereka menyebut menutup pabrik yang menghasilkan keuntungan merupakan tindakan tidak dapat diterima.

Masa depan bekas pabrik Rowntree ini telah diragukan sejak Nestle mengumumkan ingin mengakhiri produksi di lokasi tersebut pada April 2021.

Pabrik Fawdon telah memproduksi gula-gula sejak tahun 1958. Tetapi, menurut serikat pekerja, pembuatan Fruit Pastilles akan beralih ke Republik Ceko dan Toffee Crisps akan dibuat di Polandia.

Dalam beberapa tahun terakhir pabrik ini telah membuat merek populer lainnya, seperti Rolos, Munchies, dan Matchmakers.

1 dari 1 halaman

" Sejak awal kami ingin memberikan waktu dan ruang yang memadai untuk diskusi ini, dan itu benar bahwa mereka diadakan langsung dengan karyawan dan serikat pekerja kami dan tidak di depan umum," kata Nestle dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, pejabat nasional GMB, Ross Murdoch, mengatakan pihaknya tidak dapat menerima penutupan pabrik tersebut mengingat keberadaannya masih meghasilkan keuntungan.

" Ini akan berdampak buruk pada pekerja dan keluarga mereka. GMB dan Unite sekarang akan berbicara dengan anggota di Fawdon dan mencari tahu apa yang ingin mereka lakukan selanjutnya. Kami akan memberi mereka dukungan dan sumber daya apa pun yang mereka butuhkan untuk melawan ini," kata Murdoch.

Pejabat nasional untuk Unite, Joe Clarke,mengatakan, pihaknya sangat kecewa karena proposal alternatif untuk menjaga pabrik di dalam Nestle Fawdon tetap terbuka telah ditolak.

" Kami sedang mencari informasi lebih lanjut sehubungan dengan proposal tersebut dan kami akan melakukan dialog tentang langkah selanjutnya dalam waktu dekat."

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More