Biar #JadiBerkah, Ini Alasan Beralih ke Bank Syariah

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 7 Februari 2019 13:15
Biar #JadiBerkah, Ini Alasan Beralih ke Bank Syariah
Di era modern seperti sekarang, menabung pun kian mudah.

Dream - Orang bilang, menabung dapat mendukung masa depan yang lebih pasti. Hal ini memang bukan sekadar jargon belaka. Apalagi menabung juga menjadi cara yang ampuh untuk menjaga kondisi keuangan agar tetap stabil.

Di era modern seperti sekarang, menabung pun kian mudah. Jaringan kantor yang tersebar luas, hingga fitur-fitur digital akan memudahkan kamu untuk menabung. Selain itu ada banyak manfaat dan keuntungan yang diperoleh dari menabung di bank.

Lantas, sudahkah kamu memilih bank yang tepat? Saat ini tidak hanya bank konvensional, bank syariah bisa menjadi pilihan utama Sahabat Dream. Biar #JadiBerkah, ini lho alasan kenapa perlu beralih ke bank syariah.

Akad Berdasarkan Hukum Islam

Berbeda dengan bank konvensional, menabung di bank syariah memiliki akad berdasarkan hukum Islam. Umumnya, produk tabungan di bank syariah didasarkan pada akad Mudharabah dan Wadiah.

Pada akad Mudharabah, uang yang nasabah tabung akan dikelola oleh pihak bank dan nasabah akan mendapatkan bagi hasil.

Sementara itu, akad Wadiah adalah simpanan atau titipan murni dari nasabah ke pihak bank. Ketika seorang nasabah membuka tabungan dengan akad ini, nasabah dapat menyimpan uang dalam jumlah tertentu ke bank dan dananya sendiri bisa diambil sewaktu-waktu.

Penyimpanan uang dengan akad ini juga membuat nasabah tidak mendapatkan bagi hasil, tapi berupa bonus suka rela dari pihak bank. Status dananya sendiri pada akad wadiah adalah simpanan atau titipan.

Sistem Return Bagi Hasil

Istilah bunga tidak dikenal di perbankan syariah. Pada perbankan syariah, nasabah akan mendapatkan bagi hasil atau bonus. Bedanya, bunga ditetapkan berdasarkan kebutuhan dana bank, sedangkan perhitungan bagi hasil akan ditentukan dari pendapatan bank.

Memiliki Dewan Pengawas Syariah

Salah satu perbedaan lainnya antara bank konvensional dan bank syariah adalah adanya dewan pengawas. Perbankan syariah memiliki dewan pengawas syariah, fungsinya adalah mengawasi dan memastikan transaksi perbankan yang dijalankan bank syariah tidak keluar dari koridor dalam hukum Islam.

Investasi Menurut Syariah

Seperti bank konvensional, bank syariah juga memiliki aneka produk dan investasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat bahkan ada produk-produk yang hanya dimiliki bank syariah.

Beberapa produk yang ada di bank syariah diantaranya adalah deposito, investasi berupa emas, sukuk ritel, sampai reksadana yang semuanya dikelola berdasarkan prinsip syariah. Sehingga nasabah tak perlu khawatir lagi.

Menariknya, semua itu dapat kamu temukan di Bank Syariah Mandiri, bank syariah terbesar di Indonesia yang memiliki jaringan luas dan memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan karena didukung 18.000 ATM Mandiri dan ATM Mandiri Syariah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bank Syariah Mandiri juga memiliki produk-produk dan investasi menarik, di antaranya Tabungan Mudharabah, Tabungan Wadiah, yaitu sebuah produk tabungan bebas biaya administrasi bulanan, Cicil Emas, Gadai Emas, SiMuda EmasKu serta didukung oleh fasilitas Mobile dan Internet Banking serta layanan Prioritas.

Bukan hanya itu, Bank Syariah Mandiri juga menawarkan Reksa Dana Syariah yang terpercaya sebagai pilihan investasi sesuai syariat Islam. Tak salah, jikam enabung di Bank Syariah Mandiri akan membuat perencanaan keuangan mu #JadiBerkah.

Bagi kamu yang kepo banget dengan produk dari Bank Syariah Mandiri, bisa ikutan isi polling di sini. Bagi 5 orang yang beruntung juga akan mendapatkan hadiah menarik dari Bank Syariah Mandiri. Pastikan kamu jadi salah satunya ya!

Beri Komentar
Kuliah di PTN Mahal? Ini Jawaban Menristekdikti