BRI Dukung Pengembangan Garam Legendaris dari Bali

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 4 Oktober 2019 15:48
BRI Dukung Pengembangan Garam Legendaris dari Bali
Garam Amed memiliki kualitas tinggi dan tersohor hingga mancanegara.

Dream - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memberikan dukungan terhadap upaya pengembangan produksi dan pemasaran komoditas Garam Amed. Ini ditunjukkan lewat penyelenggaraan Festival Garam Amed pada Kamis, 3 September 2019 di Amed, Bali.

Bersama Sahabat Cipta dan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Garam Amed Bali, festival ini digelar untuk memperkenalkan garam murni Amed kepada masyarakat luas. Garam Amed merupakan komoditas lokal bernilai tinggi.

Garam Amed Bali merupakan komoditas yang diproduksi masyarakat Amed secara tradisional sejak abad ke-15. Aktivitas produksi saat itu dijalankan atas perintah Raja Karangasem yang meminta upeti berupa garam Amed.

Garam ini memiliki kualitas tinggi dan bercita rasa khas. Kekhasan garam ini yaitu mudah larut di mulut, menghadirkan rasa asin yang kuat namun tidak pahit, beraroma enak, teksturnya lunak, kering dan bersih.

 

1 dari 6 halaman

Permintaan Tinggi, Produksi Menurun

Permintaan Garam Amed cukup tinggi, bahkan sangat disukai turis asing. Sayangnya produksi garam ini menunjukkan penurunan sejak 1980-an akibat beralihnya lahan garam menjadi pemukiman, hotel atau penginapan, serta aktivitas wisata lainnnya.

Selain itu, munculnya produk palsu membuat eksistensi Garam Amed terancam. Menyadari hal itu, (MPIG) Garam Amed Bali mendaftarkan Garam Amed Bali sebagai produk yang dilindungi kekayaan intelektualnya melalui Indikasi Geografis (IG) di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor sertifikat ID G 000000038 pada tanggal 23 Desember 2015.

" Pemerintah Indonesia mendorong pendaftaran kekayaan intelektual untuk produk-produk asli Indonesia yang memiliki kekhasan dan keunikan karena kondisi geografisnya”, ujar Direktur Merek dan Indikasi Geografis, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM, Fathlurachman.

 

2 dari 6 halaman

Pusat Promosi

Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Ketua MPIG Garam Amed Bali, Bapak I Nengah Suanda, mengatakan festival ini diisi dengan sejumlah kegiatan. Salah satunya peresmian Amed Salt Center pusat promosi dan penjualan garam Amed yang terletak di Jl. Ketut Natih, Banjar Lebah, Desa Purwa Kerthi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali.

" Dengan adanya Amed Salt Center dan melalui penyelenggaraan Festival Garam Amed ini, diharapkan promosi, pemasaran, dan penjualan garam Amed meningkat, masyarakat petani garam pun semakin giat berproduksi, dan kearifan lokal garam tradisional Amed terjaga. Amed Bali tidak hanya dikenal sebagai tempat tujuan wisata alam laut namun juga tempat asal salah satu garam terbaik di dunia," kata Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, I Gede Dana, meresmikan Amed Salt Center.

3 dari 6 halaman

BRI Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan D-3

Dream - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) membuka lowongan kerja terbaru. Bank pelat merah ini tengah membutuhkan tenaga baru yang akan ditempatkan sebagai relation manager dana.

Posisi lowongan kerja BRI tersebut berlaku bagi lulusan D-3 untuk semua jurusan.

Dikutip dari laman BRI, Kamis 3 Oktober 2019, lowongan ini dibuka sejak 19 September hingga 11 Oktober 2019. Para pelamar bisa mendaftar secara online melalui situs e-recruitment.bri.co.id.

Jika tertarik, berikut ini adalah daftar persyaratan administrasi untuk posisi Relation Manager Dana

4 dari 6 halaman

Ini Syaratnya

1. Pendidikan formal minimal D-3 untuk semua jurusan/fakultas yang terakreditasi di PTN/PTS.

2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 dari skala 4,00.

3. Berpenampilan menarik dan mampu berkomunikasi dengan baik.

4. Maksimal berusia 25 tahun untuk fresh graduate dan 30 tahun bagi yang sudah berpengalaman.

5. Memiliki SIM A/C yang aktif dan bisa mengendarai kendaraan bermotor.

6. Tidak memiliki hubungan keluarga inti dengan karyawan BRI.

7. Lowongan ini berlaku untuk wilayah Palembang. Kandidat yang terpilih akan ditempatkan di Bangko, Pagar Alam, Rimbo Bujang, dan Sekayu.

5 dari 6 halaman

BRI-Traveloka Permudah Pengguna Traveling via PayLater Card

Dream – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) dan Traveloka mempermudah masyarakat untuk keperluan traveling. Dua pihak ini bekerja sama meluncurkan PayLater Card.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 27 September 2019, Direktur Konsumer BRI, Handayani, mengatakan kehadiran PayLater Card menawarkan hal unik kepada pengguna. Kerja sama ini juga diharapkan bisa memberikan nilai tambah bagi alternatif pembayaran kepada masyarakat.

“ Kerja sama co-branding ini juga sejalan dengan strategi pemasaran kartu kredit kami untuk meningkatkan customer base dan penetrasi pasar di segmen milenial. PayLater Card menandai era baru bisnis kartu kredit di Indonesia,” kata Handayani di Singapura.

Sekadar informasi, PayLater Card menawarkan solusi yang inovatif bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan akses terhadap produk finansial. Produk ini akan memberikan user experience yang inovatif dengan manajemen kartu secara end-to-end melalui aplikasi Traveloka.

Selain di Indonesia, kartu ini juga dapat digunakan di seluruh dunia untuk bertransaksi di merchant online dan offline melalui jaringan Visa, yang memiliki reputasi sebagai perusahaan teknologi pembayaran global.

President Traveloka Group of Operations, Henry Hendrawan, mengatakan perusahaannya ingin memberikan solusi pengguna yang memesan tiket maupun hotel mendekati hari-H karena terkendala akses ke sumber dana. Masalah ini teratasi jika pengguna punya kartu kredit.

" Banyak pengguna yang akhirnya mendapatkan tiket dengan harga lebih tinggi atau bahkan tidak bisa mendapatkan tiket pesawat maupun kamar hotel yang mereka inginkan karena pemesanan yang dilakukan sangat dekat dengan waktu keberangkatan,” kata Henry.

Dengan kerja sama ini, Henry berharap akan ada 5 juta pengguna PayLater Card hingga tahun 2025. 

6 dari 6 halaman

Apa Keunggulannya?

PayLater Card menawarkan proses aplikasi dan verifikasi yang mudah dan cepat karena bsia diselesaikan dalam waktu maksimal 1 hari. Persetujuan atas aplikasi dilakukan melalui proses penilaian kredit yang efisien dan canggih yang dikembangkan bersama oleh Bank BRI dan Traveloka. Pengguna juga dapat mengaktifkan dan mengelola PayLater Card mereka melalui aplikasi Traveloka.

Pengguna dapat membeli seluruh produk dan layanan Traveloka mulai dari tiket perjalanan dan kebutuhan gaya hidup yang bervariasi, akses ke Traveloka Eats dan bahkan membeli asuransi untuk diri sendiri dan keluarga.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan PayLater Card untuk bertransaksi di merchant online dan offline di lebih dari 53 juta lokasi merchants di seluruh dunia yang menerima pembayaran dengan Visa.

“ Bersama dengan Bank BRI dan Traveloka, kami memiliki kesempatan untuk mentransformas pengalaman membayar bagi para wisatawan, mereka yang sedang merencanakan berlibur, dan konsumen lainnya yang belum terjangkau layanan finansial secara maksimal,” kata Chief Financial Officer VISA Asia Pasific, Andrew Tan.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, I Gde Ngurah Swajaya, mengharapkan inovasi itu bisa lebih membantu memperkuat posisi Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.(Sah)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone