Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ingin Orang Desa Sejahtera, `Minimarket` BUMNShop Dipacu

Ingin Orang Desa Sejahtera, `Minimarket` BUMNShop Dipacu Menteri BUMN, Rini Soemarno, Menyebut BUMNShop Bisa Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Sekitar. (Foto: Kementerian BUMN)

Dream – BUMN kembali bersinergi memperluas jaringan layanan BUMNShop. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa.

Salah satu wilayah perluasan BUMNShop adalah Sukabumi, Jawa Barat.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 23 Juli 2019, selain produk-produk barang dan jasa BUMN, toko ini juga menjual produk UMKM hasil masyarakat sekitar.

Keberadaan BUMNShop diharapkan meningkatkan layanan inklusi keuangan di masyarakat desa melalui berbagai layanan transaksi keuangan.

Menteri BUMN, Rini M. Soemarno, menargetkan akan hadir 100 BUMNShop di Sukabumi. Saat ini, baru ada 49 toko BUMN yang telah hadir di daerah tersebut.

"Saya ke sini mengecek langsung dan memastikan yang sudah kita bangun berjalan baik. Ke depan kami akan mengevaluasi skala ukurannya sehingga bisa juga menampung UKM lokal," kata Rini di sela-sela kunjungan.

Ada pun produk-produk BUMN yang dijual di BUMNShop yaitu layanan penjualan kebutuhan sembako, obat-obatan, BBM dan LPG, kebutuhan pulsa, pupuk dan lain lain.

Selain menjual kebutuhan sehari-hari, di BUMNShop juga terdapat Pertashop, yaitu layanan Pertamina yang memberikan akses energi bagi masyarakat di perdesaan terutama daerah terpencil dengan menyediakan One Stop Pertamina Product yaitu BBM, LPG dan Pelumas.

Sekitar 22 Pertashop kini telah beroperasi di Sukabumi dan ditargetkan bertambah hingga 30 Pertashop.

Pentingnya Digitalisasi

Rini menegaskan penjualan produk-produk di BUMNShop perlu mendapat dukungan digitalisasi agar membantu pemasaran dan perluasan usaha.

"Upaya-upaya ini, tidak sebatas pada ketersediaan produk, tapi juga pemikiran jangka panjang. Bagaimana bisa menambah lapangan pekerjaan dan menciptakan aktivitas produktif di tengah masyarakat," kata dia.

Untuk mendukung permodalan BUMNShop yang sudah beroperasi, BNI telah memberikan fasilitas pinjaman berupa kredit kemitraan kepada 6 BUMDes sebagai modal kerja BUMN Shop. Skema pinjaman ini diharapkan akan menjadi percontohan bagi pengembangan BUMDes lainnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis kredit kemitraan kepada BUMDes Motekar yang diwakili oleh pak Ilman selaku ketua BUMDes dan simbolis KUR ke salah satu pelaku UKM di Sukabumi. 

Menteri Rini Dorong BUMN Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Dream – Menteri BUMN, Rini Soemarno, mendorong peran BUMN dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu caranya dengan memberikan beasiswa kepada para siswa dan guru dari sekolah di wilayah Terpencil, Terluar, dan Terdepan (3T).

Hal ini dikatakan Rini saat menghadiri acara 54th Telkom Peduli Pendidikan Nasional Golf Tournament 2019 di Royale Golf Club, Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Sabtu 20 Juli 2019.

“Peran BUMN sangat vital dalam meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Akses terhadap digital juga perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan,” kata dia dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream.

Rini mengatakan program peduli pendidikan ini digagas Telkom Group sejak 2000. Pada 2016, perusahaan ini merilis Pustaka Digital (PADI) untuk 1.000 sekolah. Saat ini, Telkom telah memiliki 4.200 PADI yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Harapan saya program ini terus dikembangkan hingga mencapai 10.000 sekolah,” kata Rini.

Dorong Digitalisasi Dunia Pendidikan

Sekadar informasi, dalam HUT ke-54, Telkom telah memberikan bantuan berupa alat bantu ajar dan beasiswa yang diberikan kepada guru dan siswa. Bantuan ini diberikan kepada sekolah di Riau, Flores, dan Papua yang mewakili wilayah 3T. Selain itu, juga diberikan bantuan sarana laboratorium untuk sekolah.

Total bantuan CSR Peduli Pendidikan Nasional yang diberikan Telkom dalam peringatan HUT ke-54 ini mencapai Rp2,6 miliar.

Rini juga meminta Telkom untuk mendorong digitalisasi dunia pendidikan atau digital learning. Ke depannya, kompetisi Sumber Daya Manusia (SDM) yang bergerak di segala bidang melalui digital.

“Ini harus bisa disinergikan Telkom dengan BUMN yang lain,” kata dia.

Kerja Sama Telkom dan PGRI

Selain pemberian bantuan, Rini juga menyaksikan penandatanganan kerjasama berupa dukungan dari Telkom Indonesia untuk Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Komitmen Telkom untuk membangun Pendidikan Indonesia telah dilakukan sejak lama melalui berbagai program seperti Internet Goes to School, Bagimu Guru Kupersembahkan, Indonesia Digital Learning, My Teacher My Hero, Broadband Learning Center, Pustaka Digital, Employee Volunteer Program, dan AnniverSafari.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, mengatakan Telkom berperan aktif mendorong pembangunan masyarakat serta ekonomi nasional. “Tak hanya melalui penyediaan layanan telekomunikasi terkini, namun juga dalam berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan yang berdaya saing global,” kata Ririek. 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Penampakan Dapur Unik di Rumah Mewah Komeng, Bar Mininya Bikin Salfok!

Penampakan Dapur Unik di Rumah Mewah Komeng, Bar Mininya Bikin Salfok!

Komeng memiliki dua rumah mewah yang letaknya saling berdekatan

Baca Selengkapnya
Bikin Biskuit Keju dengan 4 Bahan untuk Camilan Gurih Si Kecil

Bikin Biskuit Keju dengan 4 Bahan untuk Camilan Gurih Si Kecil

Bikin camilan anak yang lezat dan mirip dengan rasa jajanan di supermarket tidak membutuhkan banyak bahan. Kamu bisa membuat biskuit gurih hanya dengan 4 bahan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Pesan BPOM Jajan Es Teh Manis dengan Aman

Pesan BPOM Jajan Es Teh Manis dengan Aman

Sahabat Dream suka beli es teh manis di toko minuman? Harus baca pesan dari BPOM.

Baca Selengkapnya
Pedagang Kaki Lima hingga UMKM Jual Makanan Minuman Wajib Punya Sertifikat Halal, Segini Biaya Mengurusnya

Pedagang Kaki Lima hingga UMKM Jual Makanan Minuman Wajib Punya Sertifikat Halal, Segini Biaya Mengurusnya

Segini biaya mengurus sertifikat halal per sertifikat untuk UMKM

Baca Selengkapnya