Capres-Cawapres 2019 Diimbau Usung Program Ekonomi Syariah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 10 Agustus 2018 18:38
Capres-Cawapres 2019 Diimbau Usung Program Ekonomi Syariah
Jika tidak, ekonomi syariah Indonesia akan tertinggal.

Dream – Ekonom berharap pasangan Capres dan Cawapres 2019 menjadikan ekonomi syariah sebagai salah satu rencana program kerjanya. Hingga saat ini, program ekonomi berbasis prinsip syariah lebih banyak bergerak di tataran wacana. 

“ Saya berpesan betul buat Sandi (Sandiaga) dan Kiai Ma’ruf jangan sampai ekonomi syariah tidak masuk dalam program mereka,” kata pengamat ekonomi syariah dari Institut Pertanian Bogor, Irfan Syauqi Beik dikutip dari Merdeka.com, Jumat 10 Agustus 2018.

Menurut Irfan, perkembangan ekonomi syariah hanya akan bergerak di tataran wacana jika tidak masuk dalam program yang akan diusung pasangan Capres-Cawapres. 

Dengan masuknya ekonomi syariah dalam visi, misi, dan program kerja Capres-Cawapres terpilih, Irfan berharap, Indonesia yang memiliki banyak potensi bisa mengejar ketertinggalannya di antara negara-negara lain di dunia. 

“ Sekarang ini, kalau bicara policy dominasi antara wacana dan realitas, masih lebih besar wacana,” kata dia.

Diakui Irfan, program pengembangan ekonomi syariah nasional memang tak bisa dikerjakan oleh pemerintahan baru mendatang. Butuh dukungan dari seluruh pemangku kepentingan agar ekonomi syariah bisa berkembang.

“ Bagaimana berbagai sektor ada link match yang cukup kuat. Ada konektivitas yang kuat, saling mendukung, saling back up, dan sinergi yang kuat, sehingga masing-masing tidak jalan sendiri. Jadi, ini ada di pundak capres dan cawapres kita,” kata dia.

(Sah)

Beri Komentar
Ditemukan Luka Tembak Pada Jenazah Karyawan Istaka Karya