Cara Social Distancing Blibli.com Saat Mengirim Barang

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 20 Maret 2020 07:31
Cara Social Distancing Blibli.com Saat Mengirim Barang
Perusahaan ini juga ikut serta dalam menekan pandemi virus covid-19.

Dream – Untuk mencegah penyebaran virus corona, salah satu e-commerce, Blibli menerapkan prosedur keamanan dan kebersihan di kantor dan area operasionan logistik.

Misalnya, dengan membersihkan area secara menyeluruh dengan cairan disinfektan di area yang sering terjadi kontak, seperti handling pintu dan fingerprint.

“ Blibli juga menerapkan konsep social distancing, termasuk di warehouse pengiriman barang. Blibli menghimbau untuk melakukan less contact dan/atau no contact. Mulai dari gudang hingga ke pengantaran barang,” kata Executive Vice President (EVP) of Operations Blibli, Lisa Widodo, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 19 Maret 2020.

Cara-cara lainnya untuk menekan penyebaran virus corona adalah membekali kurir dengan masker dan sarung tangan.

Tujuannya agar menjamin kebersihan dan keamanan produk saat tiba di rumah pelanggan.

Perusahaan ini juga mengawasi kesehatan karyawan dengan mengecek suhu badan karyawan dan menerapkan sistem kerja dari rumah (Work from home/WFH) selama 14 hari.

“ Selama masa WFH, layanan Blibli masih beroperasi normal, termasuk warehouse, BES, dan Customer Care,” kata Lisa.

Perusahaannya juga melarang karyawan untuk bepergian ke luar negeri. Jika ada yang pernah ke luar negeri karena dinas atau liburan, mereka harus dikarantina selama 14 hari.

1 dari 1 halaman

Bagaimana dengan Keadaan Pasokan Barang?

Blibli bekerja sama dengan merchant untuk mengamankan ketersediaan produk. Mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai produk kesehatan.

Perusahaan ini juga membatasi pembelian produk kesehatan sepert hand sanitizer, masker, dan sembako.

Perusahaan ini juga menerapkan pembatasan pembelian produk khususnya untuk produk-produk sensitif terkait situasi saat ini, seperti hand sanitizer, cairan antiseptik, dan juga masker, serta produk sembako.

Hal ini sesuai dengan anjuran Pemerintah Indonesia untuk melakukan pembatasan pembelian stok untuk menghindari pihak-pihak yang bertujuan untuk menimbun barang.

Penerapan pembatasan pembelian produk tertentu tersebut berlaku dari tanggal 16 Maret 2020 hingga akhir bulan dan memungkinkan untuk bertambah masa penambahan sesuai situasi di lapangan.

Layanan Customer Care tetap berjalan 24/7 seperti biasa. Selain itu Blibli juga telah memperpanjang waktu pengembalian produk menjadi 30 hari yang disesuaikan dengan kondisi saat ini, di mana perpanjangan waktu ini berlaku dari 18 Maret 2020 – 31 Maret 2020.

“ Blibli juga mengajak seluruh pelanggan untuk selalu menjaga kondisi dan kesehatan badan, melakukan praktik social distancing seperti yang telah dianjurkan oleh Pemerintah Indonesia, dan tetap bijak dalam berbelanja dengan #beliseperlunya,” kata Lisa.

Beri Komentar