Catat, Ini Titik Rawan Macet Arus Mudik

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 7 Juni 2018 07:45
Catat, Ini Titik Rawan Macet Arus Mudik
Kamu harus mewaspadai titik-titik ini.

Dream – Sahabat Dream sudah merencanakan mudik untuk Lebaran tahun ini dengan menggunakan kendaraan pribadi? Sebaiknya kamu mulai memperhitungkan jalur mudik yang akan dilewati. Jangan sampai kamu terjebak di titik rawan kemacetan.

Dikutip dari Liputan6.com, Kamis 7 Juni 2018, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) memperkirakan titik-titik rawan macet itu antara lain Serang Timur-Cikampek, Jakarta-Cikampek, terutama di Gerbang Tol (GT) Cikunir, dan Cikarang Utama. Ada juga titik rawan macet di GT Palimanan dan Ciawi.

Titik rawan macet juga terjadi di ruang tol fungsional Pejagan-Pemalang dan Batang-Semarang, terutama di pintu keluar Grengsing dan jalur masuk Weleri.

BPJT memperkirakan akan ada kenaikan lalu lintas di jalan tol pada Lebaran 2018 terhadap lalu lintas normal. Kenaikan rata-rata untuk arus mudik sebesar 87 persen dan arus balik 90 persen. Lonjakan tertinggi ada di GT Palimanan, Merak, dan Banyumanik.

Di GT Palimananan, akan ada lonjakan hingga 478 persen dari arus normal dengan kendaraan sebanyak 12.901 kendaraan per hari. Sementara di Merak, kenaikannya mencapai 163 persen dari arus normal yang biasanya sekitar 7.345 kendaraan per hari.

Untuk Banyumanik, jumlah kendaraannya melonjak hingga 176 persen dari arus normal yang mencapai 15.373 mobil per hari.

Di luar itu, ada juga gerbang tol yang akan mengalami penurunan arus, yaitu Brebes Timur. Penurunannya sebesar 47 persen dari lalu lintas normal yang sebesar 11.673 kendaraan per hari.

(Sumber: Liputan6.com/Arthur Gideon)

Beri Komentar