BSM Genjot Bisnis Cicil dan Gadai Emas, Nasabah Bisa Umroh Gratis

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 14 September 2018 17:45
BSM Genjot Bisnis Cicil dan Gadai Emas, Nasabah Bisa Umroh Gratis
Begini caranya.

Dream – Bisnis cicil dan gadai emas semakin menjadi andalan PT Bank Syariah Mandiri (BSM) untuk menambah pundi pendapatannya. Anak usaha PT Bank Mandiri Tbk ini bahkan menggelar program khusus untuk menggaet nasabahnya. 

Corporate Secretary BSM, Ahmad Reza, mengatakan cicil emas merupakan salah satu alternatif investasi yang menguntung bagi masyarakat. 

“ Bisa dikatakan emas relatif stabil, harganya dari tahun ke tahun cenderung naik dan cukup likuid karena mudah diperjualbelikan,” kata Reza dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 14 September 2018.

Secara korporasi, bisnis cicilan dan gadai emas selama ini juga menjadi andalan pelaku bisnis keuangan syariah.

Di BSM, lanjut Reza, bisnsi emas perusahaan tumbuh sekitar 21 persen (year on year) dari Rp4,35 triliun per Agustus 2017 menjadi Rp5,27 triliun per Agustus 2018. Diharapkan dengan program baru yang diadakan BSM, transaksi cicil dan gadai emas akan kembali meningkat. 

BSM diketahui menggelar program berhadiah Berkah Emas Tahap II. Dalam program ini, nasabah ditawarkan hadiah grand prize tujuh paket umroh dan ratusan hadiah lainnya.

Berkah Emas ini merupakan program promosi berhadiah untuk nasabah yang bertransaksi produk cicil dan gadai emas. Program ini berlangsung 1 September—Desember 2018.

Masyarakat yang bertransaksi gadai emas minimal Rp1 juta atau cicil emas minimal Rp2 juta, akan mendapatkan 1 poin. Nantinya proses pengundian akan dilakukan serentak di tujuh kantor BSM, yaitu Jakarta, Medan, Palembang, Bandung, Surabaya, Makassar dan Banjarmasin. Program ini dibagi dua tahap.

Untuk tahap I program berhadiah telah berlangsung sejak 1 Mei-31 Agustus 2018 dan hari ini diumumkan nama pemenangnya.

“ Total nasabah yang berhak ikut pengundian Tahap I sebanyak 79 ribu nasabah dengan total poin 2,1 juta. Sementara pemenang Berkah Emas Tahap II akan diumumkan pada Januari 2019,” 

1 dari 2 halaman

Bayar Tagihan BPJS Kesehatan Bisa Lewat BSM

Dream – Kini, pembayaran tagihan fasilitas kesehatan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) bisa melalui Bank Syariah Mandiri (BSM). Layanan ini tersedia dengan ditandatanganinya kerja sama BSM dengan BPJS Kesehatan.

Dilansir dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 31 Agustus 2018, kerja sama ini merupakan kerja sama pembiayaan tagihan Supply Chain Financing (SCF) atau Islamic-Banking Supplier Financing (iB-SF) Mandiri Syariah bagi faskes mitra BPJS Kesehatan.

Penandatanganan dilakukan Direktur Utama BSM, Toni E.B. Subari, dan Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Kemal Imam Santoso.

SCF atau iB-SF adalah dukungan penyediaan finansial guna mempercepat arus kas (likuiditas) serta perputaran modal Faskes mitra BPJS Kesehatan sehingga pembayaran klaim pelayanan kesehatan dapat lebih cepat.

Toni mengatakan kerja sama SCF ini ditujukan bagi seluruh jenis faskes, baik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

“ Kami berharap SCF juga dapat mendorong peningkatan kualitas pelayanan bagi para peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS),” kata dia di Jakarta.

Toni mengatakan BSM juga telah bekerja sama dengan banyak faskes yang terdiri dari rumah sakit, klinik kesehatan, lembaga pendidikan kesehatan, dan lain-lain.

Kerja sama ini mencakup fasilitas pembiayaan investasi, pembiayaan modal kerja, maupun cash management dengan prinsip syariah termasuk di dalamnya dukungan supply chain untuk para rekanan RS.

“ Alhamdullilah saat ini ada lebih dari 350 RS yang telah bekerjasama dengan Mandiri Syariah. Tidak hanya RS Islam tapi juga rumah sakit internasional,” kata dia.

Toni juga berharap kerja sama dengan BPJS Kesehatan juga bisa berlanjut untuk kerja sama produk BSM lainnya. “ Terutama pembiayaan ritel seperti pembiayaan kepemilikan rumah, kendaraan, modal kerja,” kata dia. (ism)

2 dari 2 halaman

Bayar Biaya Perkara Pengadilan Agama Bisa Lewat BSM

Dream – PT Bank Syariah Mandiri (BSM) mendukung layanan pembayaran biaya perkara secara online di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Layanan ini terwujud menyusul kesepakatan kerja sama pembayaran biaya perkara secara elektronik.

“ Sebagai permulaan, kerja sama akan dimulai di satuan kerja (satker) Pengadilan Agama,” kata Direktur Utama BSM, Toni E. B. Subari, di Mahkamah Agung, Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 28 Agustus 2018.

Penandatangan ini dilakukan bersama Sekretaris Mahkamah Agung, Achmad Setyo Pudjoharsoyo.

Sekadar informasi, e-court adalah kegiatan pendaftaran secara online, mendapatkan e-skum (surat keterangan untuk membayar) secara online, pembayaran, melakukan konfirmasi pembayaran, dan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan secara online.

Dengan layanan ini masyarakat akan lebih mudah melakukan pembayaran biaya perkara di Pengadilan Agama baik untuk biaya perkara waris, perceraian ataupun perkara lainnya.

Toni menjelaskan, masyarakat yang telah mendapat nomor pendaftaran perkara bisa membayarkan biaya perkaranya melalui berbagai elektronik channel (e-channel) BSM, yaitu internet banking, mobile banking, ATM Mandiri Syariah dan jaringan ATM lainnya.

“ Jadi dengan e-court, masyarakat dapat mengatur waktu pembayaran biaya perkara dengan lebih efisien serta fleksibel memilih berbagai channel pembayarannya,” tambah Toni.

Toni EB Subari berharap ke depannya kerjasama dapat berkembang pada produk layanan BSM lainnya.

“ Kami akan terus akan terus meningkatkan teknologi dan fasilitas sesuai dengan kebutuhan transaksi perbankan di lingkungan Mahkamah Agung dan menawarkan desain solusi produk dan layanan berbasis syariah bagi lingkungan Mahkamah Agung,” kata dia. 

Beri Komentar