Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya Indonesia, Hartanya Triliunan

Reporter : Syahid Latif
Senin, 4 Desember 2017 10:43
Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya Indonesia, Hartanya Triliunan
Tak ada yang sanggup mengalahkan orang kaya yang sudah 9 tahun berturut-turut berada di posisi pertama.

Dream - Forbes kembali merilis daftar orang terkaya se-Indonesia di tahun 2017. Selama sembilan tahun berturut-turut, pasangan saudara Budi dan Michael Hartono tak tergoyahkan sebagai miliarder paling kaya di Tanah Air.

Dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia, Forbes melaporkan jika harta kekayaan miliarder di Tanah Air terus semakin bertambah.

Berada di puncak teratas, kekayaan Budi dan Michael Hartono semakin menjauh dari pesaingnya dengan harta mencapai US$32 miliar atau setara Rp432,99 triliun.

Harta kekayaan dua bersaudara ini bertambah US$17,1 miliar berkat harga saham PT Bank Central Asia Tbk yang meroket 50 persen. Hartono bersaudara tahun ini diketahui menambah porsi kepemilikan saham BCA dari 47 persen menjadi 55 persen.

Dari 10 pemuncak daftar orang terkaya Indonesia, tercatat hanya satu miliarder yang kekayaannya menyusut. Kenaikan harta para miliarder ini rata-rata 10 persen berkat harga saham yang naik.

Kenaikan lainnya dipicu keterbukaan informasi dalam program pengampunan pajak (Tax Amnesty) yang membuat harta beberapa miliarder tercatat meningkat.

Tercatat total harta 50 miliarder terkaya Indonesia tahun ini mencapai US$126 miliar, naik US$ 99 miliar dibandingkan tahun lalu. Miliarder yang berada di posisi terbuncit tercatat mengantongi harta US$450 juta, naik US$30 juta dari tahun 2016.

Data orang terkaya Indonesia 2017 ini diperoleh dari informasi kepemilikan saham dan keterbukaan keuangan dari keluarga dan para individu, otoritas bursa saham, laporan keuangan, dan analis.

Nilai saham yang dipakai adalah harga pada penutupan perdagangan pada 17 November 2017. Sementara untuk perusahaan tertutup, perhitungan menggunakan data dari perusahaan serupa yang sudah berstatus publik.

Berikut adalah 10 orang terkaya Indonesia 2017 seperti dikutip dari laman Forbes.com:

1. R Budi Hartono dan Michael Hartono
Harta kekayaan : US$ 32,3 miliar

2. Eka Tjipta Widjaja & keluarga
Harta kekayaan: US$ 9,1 miliar

3. Susilo Wonowidjojo & Keluarga
Harta kekayaan: US$ 8,8 miliar

4. Anthony Salim dan keluarga
Harta kekayaan: US$ 6,9 miliar

5. Sri Prakash Lohia
Harta kekayaan: US$ 6,4 miliar

6. Boenjamin Setiawan 7 Keluarga
Harta kekayaan: US$ 3,65 miliar

7. Chairul Tandjung
Harta kekayaan: US$ 3,6 miliar

8. Tahir dan Keluarga
Harta kekayaan: US$ 3,5 miliar

9. Mochtar Riady dan keluarga
Harta kekayaan: US$ 3 miliar

10. Jogi Hendra Atmadja
Harta kekayaan: US$ 2,7 miliar

1 dari 3 halaman

Anak Punk ini Pacari Putri Orang Terkaya ke-4 di Indonesia

Dream - Siapa yang menyangka, mantan anak punk ini memiliki hubungan khusus dengan anak dari orang terkaya nomor 4 di Indonesia.

Ya, Pria bertato yang bernama Gofar Hilman ini berpacaran dengan Putri Tanjung yang tak lain merupakan anak pengusaha Chairul Tanjung.

Gofar yang kini menjadi seorang MC, penyiar radio dan aktor tersebut tetap percaya diri menjalin kasih dengan Putri meski usia mereka terpaut cukup jauh.

 

@creativepreneurec 2015 dan 2017. Bangga!

A post shared by Gofar Hilman (@pergijauh) on 

Diketahui bahwa pemilik akun @pergijauh itu berusia 34 tahun dan Putri berusia 21 tahun.

Bahkan Gofar kerap menggungah kebersamaannya dengan Putri di akun Instagram miliknya. Kini keduanya tengah menjalani hubungan Long Distance Relationship (LDR-red) karena Putri tengah menuntut ilmu di Negeri Paman Sam.

 

2 dari 3 halaman

Pekerjaan Anak Orang Terkaya ke-4 di Indonesia Bikin Kaget

Dream - Tak banyak yang menyangka, jika keseharian anak dari salah satu orang terkaya di Indonesia dijalani dengan penuh kesederhanaan.

Ya, Putri Indahsari Tanjung namanya. Putri dari pengusaha Chairul Tanjung, pemilik CT Corps. Putri memilih untuk berjuang dari nol membangun usahanya dan menepis nama besar sang ayah.

Pada data yang dirilis Forbes pada 2017, pengusaha Chairul Tanjung tercatat memiliki kekayaan US$ 4,6 miliar atau setara dengan Rp 61 triliun. CT, begitu sang ayah disapa, merupakan orang terkaya ke-4 di Indonesia.

Memiliki latar belakang perjuangan yang sangat keras dalam meraih kesuksesan, `Anak Singkong` yang kini berubah menjadi konglomerat ini sepertinya memberlakukan aturan yang keras pula kepada anak-anaknya. Berlaku juga kepada Putri. 

putri_tanjung© dream.co.id

Hal itu terlihat gaya hidup Putri yang banyak dilewatinya dengan kegiatan sosial. Serta kerja keras membesarkan usaha event organizer (EO) yang dirintis bersama teman-temannya sejak beberapa tahun lalu.

Bahkan, belum lama ini Puti ikut merambah bisnis fashion berkolaborasi dengan sebuah brand scarf dalam mengeluarkan beberap koleksi scarf.

Tak ingin bergantung pada sang ayah, yang pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian. Serta dikenal kesuksesannya memimpin beberapa stasiun televisi, bank, tambang hingga properti.

putri_tanjung© dream.co.id

Kendati masih menempuh pendidikan di Academy of Art University, San Francisco, Amerika Serikat jurusan Multimedia Communication, perempuan berusia 20 tahun ini tak menyerah begitu saja.

Ia memilih untuk pulang-pergi dari Indonesia ke Amerika untuk membagi waktu antara kuliah dan pekerjaan.

Tak hanya itu saja, melalui akun Instagram pribadinya @putri_tanjung, anak sulung ini membuat dan juga aktif bergerak dalam kampanye #Mudabergerak. Sebuah kegiatan sosial yang mendukung anak-anak muda untuk bergerak positif demi lingkungan di sekitarnya.

putri_tanjung© dream.co.id

Salah satu bentuk kampanye yang sudah terealisasi yaitu pembuatan sebuah film pendek berjudul `Kinetik` yang disutradarai oleh Putri sendiri. Bahkan, ia juga tak terlihat canggung untuk bercengkerama bersama anak-anak SD dalam proyek pembuatan fim itu. (ism) 

3 dari 3 halaman

Orang Terkaya Indonesia yang Duitnya Tak Berseri

Dream - Indonesia merupakan rumah bagi segelintir orang super kaya. Menurut majalan Forbes, negeri ini menjadi negara ke-20 dengan populasi orang kaya terbanyak di dunia.

Orang-orang ini berhasil mencapai kekayaan mereka melalui beragam usaha, mulai dari minyak kelapa, angkutan umum, maskapai penerbangan, mie instan, hingga dan kasino.

Dengan total kekayaan gabungan lebih dari US$70 miliar atau sekitar Rp931 triliun, 20 individu dan keluarga ini hanya berada di bawah 10% dari PBD (Produk Domestik Bruto) Indonesia.

Sebagai catatan, orang yang bisa disebut miliarder dunia adalah mereka yang memiliki kekayaan pribadi minimal senilai US$1 miliar, atau sekitar Rp13 triliun (kurs Rp 13.000).

Nah, inilah deretan 20 orang Indonesia yang masuk dalam daftar Forbes sebagai terkaya di Indonesia tahun 2017.

20) Ciliandra Fangiono & keluarga (US$1,4 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Ciliandra Fangiono adalah pemilik perusahaan First Resources Ltd. Sebuah perusahaan minyak kelapa sawit dengan perkebunan yang terbentang dari Riau ke Kalimantan.

Chilandra juga merupakan Miliarder termuda di Indonesia.

19) Eddy Kusnadi Sariaatmadja (US$1,4 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Eddy Kusnadi Sariaatmadja adalah pengusaha media dan teknologi yang lahir pada 11 Desember 1963.

Karier dan bisnisnya dimulai dari pendirian perusahaan bernama PT Elang Mahkota Teknologi, yang dikenal Emtek.

Group Emtek berhasil meraih kejayaan sebagai perusahaan raksasa di Indonesia, dan merupakan pemilik saham yang besar dari stasiun TV swasta, seperti SCTV, Indosiar, dan O Channel.

Pada bulan Juni 2016, melalui anak perusahaannya, PT Kreatif Media Karya, ia membeli lisensi Blackberry Messenger sebesar US$208 juta.

Saat ini, kekayaan Eddy ditaksir sebesar US$1,4 miliar atau sekitar Rp18,2 triliun.

18) Martua Sitorus ($ 1,4 B)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Martua Sitorus adalah salah satu pendiri dan wakil eksekutif agribisnis Wilmar International, salah satu perusahaan minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

Wilmar juga bekerja sama dengan perusahaan AS, Kellogg, untuk menjual makanan di China dan mengakuisisi perusahaan tambang batu bara di Australia, yakni Whitehaven Coal Ltd.

Awalnya, Martua Sitorus yang dilahirkan di Pematang Siantar, Sumatera Utara, ini berdagang udang waktu masih muda.

17) Kusnan & Rusdi Kirana ($ 1,4 B)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Rusdi & Kusnan Kirana adalah Pendiri sekaligus CEO perusahaan penerbangan Lion Air, Grup Maskapai swasta terbesar di Asia Tenggara.

Maskapai penerbangan ini telah ditandai dengan ekspansi yang cepat dan keberhasilan model bisnis tarif murahnya. Dengan 250 pesawat. Lion Air lulus penilaian keamanan pada tahun 2016.

16) Sukanto Tanoto (US$1,5 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Sukanto Tanoto merupakan pengusaha Indonesia yang memulai usaha di industri pengolahan kayu. Pada tahun 2013, dia adalah salah satu pengusaha terkaya di Indonesia dengan nilai aset sebesar US$2,3 miliar.

Berawal sebagai pemasok peralatan dan kebutuhan bagi perusahaan minyak negara Pertamina, Sukanto Tanoto merintis usaha di bidang kehutanan pada tahun 1972.

Kepentingan bisnis Sukanto Tanoto dijalankan oleh kelompok usaha the Royal Golden Eagle International (RGEI), yang dulu dikenal sebagai Raja Garuda Mas.

15) Ciputra & keluarga (US$1,6 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Ciputra adalah seorang insinyur dan pengusaha di Indonesia. Ia terkenal sebagai pengusaha properti yang sukses, antara lain pada Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group.

Selain itu ia juga dikenal sebagai seorang filantropis, dan berkiprah di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra.

14) Peter Sondakh (US$ 1.7 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Peter Sondakh memiliki saham di perusahaan taksi Express.

Sebagai pengembang properti, ia juga memiliki Langkawi International Convention Center, the St. Regis Langkawi, dan properti dengan modal sebesar US$ 500 juta di Jakarta.

Pada tahun 2007, Sondakh menjual sahamnya di perusahaan ponsel Excelcomindo Pratama seharga lebih dari US$ 400 juta.

13) Eddy Katuari & keluarga (US$ 1.7 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Eddy William Katuari adalah pemimpin dari Wings Group, yang awalnya bergerak di produksi sabun dan deterjen dengan nama " Fa wings" , berbasis di Surabaya, Jawa Timur. Ia adalah generasi ke dua Grup Wings dan merupakan anak pendiri Wings Group.

Di bawah kepemimpinannya, Wing Grup mengembangkan sayapnya ke produk rumah tangga, perawatan pribadi, dan produksi makanan. Tahun 2000-an, Wings Group merambah bisnis properti, perkebunan, oleochemical, dan keramik.

Di industri oleochemical, Wings Surya bekerja sama dengan Grup Salim dan Grup Lautan Luas lewat PT Ecogreen. Sedangkan di bisnis packaging, Wings bermitra bersama PT Djarum menghadirkan PT Unipack

12) Putera Sampoerna & keluarga (US$ 1,8 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Putera Sampoerna dikenal sebagai bos perusahaan rokok PT HM Sampoerna Tbk.

Putera adalah generasi ke tiga dari keluarga Sampoerna di Indonesia. Dia adalah putra dari Liem Swie Ling (Aga Sampoerna) dan cucu dari Liem Seeng Tee.

11) Theodore Rachmat & keluarga (US$ 1,9 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Theodore Permadi Rachmat dikenal dengan kiprahnya sebagai pimpinan Grup Astra, perusahaan yang didirikan oleh pamannya, William Soeryadjaya.

Ia memulai kariernya sebagai sales Astra pada tahun 1968, setelah dia lulus, ia masuk sebagai karyawan ke-15. Pada tahun 1972, dia dipecaya untuk memulai pekerjaannya mengelola United Tractors (anak perusahaan Astra yang bergerak di bidang alat berat) hingga tahun 2005.

Selepas dari Astra, ia mendirikan perusahaan sendiri yaitu Triputra Group yang bergerak di beberapa bidang seperti karet olahan, batu bara, perdagangan, manufakturing, agribisnis, dealership motor dan logistik pada Oktober 1998.

Selain itu bersama Edwin Soeryadjaya, saudara sepupunya, ia turut terlibat membesarkan perusahaan tambang batu bara di Kalimantan, PT Adaro Energy.

10) Mochtar Riady & keluarga (US$ 1,9 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Pengusaha ini merupakan pendiri sekaligus komisari dari Lippo Group. Di era tahun 1950an, Ia diberi kesempatan untuk mengurus sebuah bank yang sedang bermasalah.

Satu tahun perjalanan, bank tersebut menjadi maju. Setelah cukup besar, pada tahun 1964, Mochtar Riady pindah ke Bank Buana, kemudian pada tahun 1971, dia pindah lagi ke Bank Panin yang merupakan gabungan dari Bank Kemakmuran, Bank Industri Jaya, dan Bank Industri Dagang Indonesia.

9) Murdaya Poo (US$ 2.1 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Murdaya Poo adalah seseorang yang sangat sukses dalam bidang bisnis dan juga sukses memasuki dunia politik.

Lelaki ini adalah sosok lelaki di balik perusahaan kontraktor terkenal yaitu Central Cipta Murdaya Group. Dunia politik yang Murdaya Poo jajaki adalah sebagai anggota legislatif periode 2004 hingga 2009 dari partai PDIP.

Murdaya Poo terkenal sebagai orang yang memiliki talenta yang mumpuni dan jiwa yang baik. Dia merupakan seseorang dengan pribadi yang sederhana dan tidak suka mencari ketenaran di masyarakat.

8) Tahir (US$ 3.1 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Tahir adalah seorang pengusaha, investor, sekaligus pendiri Mayapada Group yang sukses.

Mayapada Group adalah sebuah holding company yang memiliki beberapa unit bidang usaha di Indonesia.

Beberapa dari bidang yang digeluti adalah perbankan, TV berbayar, dan media cetak, properti, dan rumah sakit.

7) Boenjamin Setiawan & keluarga (US$ 3.3 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Lebih dikenal dengan " Dr. Boen" , dbersama 6 saudaranya, ia mendirikan PT Kalbe Farma, bergerak di bidang farmasi, yang berkembang menjadi Grup Kalbe.

Grup Kalbe berkembang ke beberapa lini, di antaranya: farmasi, makanan kesehatan, bisnis pengepakan, distribusi, pergudangan, sarana riset modern, pendidikan (Kalbis Institute) dan rumah sakit.

6) Chairul Tanjung (US$ 4,9 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Chairul memulainya bisnisnya ketika ia kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Sempat jatuh bangun, akhirnya ia sukses membangun bisnisnya. Kini perusahaan konglomerasi miliknya CT Corp, menjadi sebuah perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan, seperti Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resources.

5) Sri Prakash Lohia (US$5 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Sri Prakash Lohia adalah pendiri dan ketua Indorama Corporation, perusahaan petrokimia dan tekstil.

4) Eka Tjipta Widjaja & keluarga (US$ 5,6 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Eka Tjipta Widjaja adalah seorang pengusaha dan pendiri Sinar Mas.

Eka Tjipta dilahirkan dari keluarga miskin di Fujian, Republik Rakyat Tiongkok. Pada tahun 1931, bersama ibunya dia migrasi ke Makassar, Sulawesi Selatan. menyusul ayahnya yang terlebih dahulu migrasi.

Ia juga merupakan pendiri Eka Tjipta Foundation.

3) Anthoni Salim & keluarga (US$ 5,7 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Anthoni Salim adalah pengelola Salim Group. Dahulu, Salim Group pada masa ayah dari Anthony Salim yaitu Sudono Salim banyak mempunyai hutang hingga mencapai 55 Trilyun rupiah.

Anthony Salim yang memegang kekuasaan pada Salim Group akhirnya harus melunasi hutangnya dengan cara menjual beberapa perusahaan, yaitu PT Indocement Tunggal Perkasa, PT BCA, dan PT Indomobil Sukses Internasional.

Meski demikian, Anthony Salim masih mempunyai beberapa perusahaan besar yang tidak dia jual. Perusahaan tersebut antara lain adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT Bogasari Flour Mills. Kedua perusahaan ini merupakan perusahaan penghasil mie instant dan tepung terigu terbesar di dunia.

2) Susilo Wonowidjojo & keluarga (US$ 7.1 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Kekayaan Susilo Wonowidjojo berasal dari pembuatan kretek Gudang Garam. Perusahaan ini memproduksi 70 miliar batang rokok per tahun dan mempekerjakan 36.900 orang.

1) R. Budi & Michael Hartono (US$ 17.1 miliar)

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

20 Orang Terkaya di Indonesia© dream.co.id

Hartono bersaudara secara resmi adalah orang terkaya di Indonesia untuk delapan tahun berturut-turut.

Berawal dari usaha sang ayah, Djarum Gramophon, yang saat ini menjadi sebuah perusahaan rokok terbesar di dunia.

Michael bersama saudaranya, Robert Budi Hartono, terus mengembangkan bisnis warisan ayahnya, termasuk berinvestasi di sektor bisnis keuangan dan perbankan, khususnya di Bank BCA.

(Sumber: Wowshack.com)

Beri Komentar