Wow! Nilai Dana Kelolaan BPJS Ketenagakerjaan Bikin Kaget

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 24 Maret 2017 06:44
Wow! Nilai Dana Kelolaan BPJS Ketenagakerjaan Bikin Kaget
Tak hanya dari iuran, dana kelolaan juga berasal dari hasil investasi BPJS Ketenagakerjaan.

Dream – Kamu yang sudah bekerja pasti tahu tentang kena potongan 2 persen dari gaji untuk membayar asuransi ketenagakerjaan. Namun pernahkah menghitung berapa jumlah dana yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto mengungkapkan, dana kelolaan instansi yang sebelumnya bernama Jamsostek ini mencapai Rp 262 triliun hingga data Februari 2017.  

Jika dibandingkan posisi sama setahun yang lalu, dana kelolaan ini meningkat dari sebelumnya Rp 260,54 triliun. Tak semua dana yang dikelola perusahaan berasal dari iuran peserta asuransi.

BPJS Ketenagakerjaan selama ini menginvestasikan dana kelolaan ke berbagai instrumen mulai dari pasar modal sampai investasi tak langsung. 

Menurut Agus, perusahaan menginvestasikan sebagian besar dana kelolanya dalam bentuk obligasi berupa Surat Berharga Negara dan saham. Untuk dua produk ini nilainya mencapai Rp58 triliun.

“ Itu investasi langsung,” kata dia.

Untuk investasi tak langsung, Agus mengatakan, porsi dan yang dikeluarkan BPJS Ketenagakerjaan memang masih minim. “ Nilainya 1 persen (dari dana kelola),” kata dia.

Untuk ke depan, Agus mengatakan instansinya telah mengantongi beberapa rencana investasi di sejumlah proyek. Akan tetapi, Agus enggan menjelaskan alokasi dana tersebut karena belum bisa dipublikasikan.

“ Kami belum bisa menyampaikan,” kata dia.

Sementara untuk target dana kelolaam tahun ini, Agus berharap bisa menembus angka Rp296 triliun.

“ Mendekati Rp300 triliun,” kata dia. (Sah)

[crosslink_1]

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup