Tempat Tisu Mobil Sampai Terjual 2x Lipat, Ini Produk Terlaris dalam 2 Pekan Pertama Puasa di Tokopedia

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Selasa, 11 April 2023 19:48
Tempat Tisu Mobil Sampai Terjual 2x Lipat, Ini Produk Terlaris dalam 2 Pekan Pertama Puasa di Tokopedia
Fesyen, otomotif, rumah tangga, perawatan diri, serta makanan dan minuman menjadi sejumlah kategori yang paling laris selama dua minggu pertama puasa dibandingkan dwimingguan biasanya

Dream - Selain beribadah puasa dan sholat tarawih, momen Ramadan juga identik dengan pengeluaran masyarakat yang justru semakin meningkat. Masyarakat cenderung lebih antusias untuk berbelanja berbagai produk kebutuhan Ramadhan hingga Lebaran melalui online.

Hal ini terbukti dari laporan Tokopedia yang menemukan 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadhan tahun ini. Sekitar 80 persen konsumen digital pun akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Data internal Tokopedia menunjukkan produk fesyen, otomotif, rumah tangga, perawatan diri, serta makanan dan minuman menjadi kategori terlaris selama dua minggu pertama puasa dibandingkan dwimingguan biasanya.

" Artinya, produk-produk inilah yang paling dibutuhkan masyarakat belakang ini,” jelas Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak pada acara Media Gathering: Buka Puasa Bersama dan Bicara Tren Belanja Online Ramadan 2023 di Tokopedia, Senin 10 April 2023.

1 dari 3 halaman

Produk Terlaris di 2 Pekan Pertama Ramadhan

Pada kategori produk Fesyen, Tokopedia mencatat scarf wanita, baju koko pria dan busana muslim keluarga masing-masing mengalami peningkatan transaksi hampir 6x lipat, lebih dari 5x lipat dan lebih dari 7x lipat di dua minggu pertama Ramadan.

Hal ini dipengaruhi kegiatan khas Ramadan, seperti buka bersama (Bukber), cenderung membuat masyarakat lebih memperhatikan penampilan.

Pada kategori produk Perawatan Diri, Tokopedia pun mencatat parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi menjadi sejumlah produk yang paling diburu masyarakat di dua minggu pertama Ramadhan.

“ Masyarakat di sisi lain tampak tengah mempersiapkan kendaraan untuk mudik. Buktinya, produk seperti spare part mobil, produk perawatan mobil dan produk interior mobil menjadi yang paling laris di Tokopedia pada kategori produk Otomotif,” tambah Nuraini.

Interior mobil seperti kasur mobil, tempat tisu mobil dan bantal mobil bahkan mengalami peningkatan transaksi hampir 2x lipat.

2 dari 3 halaman

Kategori Produk Rumah Tangga

Pada kategori produk Rumah Tangga di Tokopedia, transaksi perlengkapan ruang tamu dan keluarga (seperti sarung bantal, cover sofa dan taplak meja), penyimpanan makanan (seperti toples makanan, alumunium foil dan plastik wrapping) dan peralatan baking (seperti cetakan kue, kuas kue dan tatakan kue) mengalami peningkatan signifikan di dua minggu pertama Ramadhan.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Bulan puasa tidak terpisahkan dari sahur dan berbuka, serta momen berbagi dengan kerabat maupun teman. Tokopedia mencatat produk seperti hampers atau parsel, tepung dan buah menjadi sejumlah produk yang paling laris, dengan peningkatan rata-rata transaksi lebih dari 2x lipat,” kata Nuraini.

Bahkan buah kurma mengalami peningkatan penjualannya tercatat lebih dari 3x lipat.

3 dari 3 halaman

Jelang Lebaran, Penjualan Hampers Naik 3,5 Kali Lipat

“ Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia saat Ramadan, Tokopedia berupaya membantu pelaku usaha memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya, untuk menciptakan peluang tanpa hambatan (zero barriers) lewat berbagai inisiatif, salah satunya lewat inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal,” kata Nuraini.

Kumpulan Toko Pilihan (KTP) misalnya, sebuah halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli. Beberapa wilayah dengan kampanye KTP seperti Bandung, Surabaya dan Denpasar mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada dua minggu pertama Ramadan 2023.

Untuk membantu pelaku usaha menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus berpindah ke kota besar, Tokopedia menghadirkan Dilayani Tokopedia. Layanan pemenuhan pesanan ini memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Aktivitas operasional penjual, mulai dari penerimaan pesanan, pengemasan produk, pengantaran ke kurir, hingga penanganan kendala jika dibutuhkan, akan Dilayani Tokopedia.

Beri Komentar