Di Padang Pasir, Profesi Petani Justru Makin Menjamur

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 13 Mei 2014 13:11
Di Padang Pasir, Profesi Petani Justru Makin Menjamur
Meski sebagian besar arealnya berupa padang pasir, profesi petani justru makin menjamur di Uni Emirat Arab. Pendiri UEA berjasa besar pada penduduk di negara kosmopolitan baru ini.

Dream - Gejala yang tak lazim tengah melanda negeri padang pasir, Uni Emirat Arab (UEA). Di tengah menjulangnya gedung pencakar langit, penduduk UEA justru beramai-ramai menjadi petani.

Laporan organisasi pemerintah yang mempromosikan pertanian di UEA, Abu Dhabi Farmers Service Centre (ADFSC), menyebutkan jumlah petani di negara terus bertambah setiap tahunnya.

Penduduk Dubai patut berterima kasih kepada bapak pendiri UEA, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan yang mulai memberikan lahan pertanian pada era 1980-an.

Saat ini tercatat ada 4.100 areal pertanian di wilayah Remah, Al Ain, UEA. Sebagian besar areal pertanian di daerah ini masih aktif terutama selama musim dingin.

Laman Gulf News seperti dikutip Dream, Selasa, 14 Mei 2014 menilai bertambahnya jumlah ini menunjukan ketertarikan penduduk UEA pada sektor pertanian.

" Mereka mau melakukan apapun meskipun krisis air menjadi tantang terbesarnya," kata Adel Salem Al Saeedi, petugas dari ADFSC.

Data terakhir SDFSC mencatat lebih dari 14 ribu areal pertanian kini sudah bertebaran di sepanjang wilayah UEA.

Sebagian besar areal pertanian ditanami oleh pohon kurma. Ada lebih 772.533 tanaman kurma di 4.100 areal pertanian di Remah.

" Kami berharap pertanian akan berkembang pesat seperti sektor lainnya di UEA. Bahkan teknik pertanian diharapkan terus berkembang," kata CEO ADFSC, Chris Hirst.

Beri Komentar