Janji Pertama Zulkifli Hasan Sebagai Mendag Baru

Reporter : Okti Nur Alifia
Rabu, 15 Juni 2022 16:20
Janji Pertama Zulkifli Hasan Sebagai Mendag Baru
“Saya kira background pengalaman saya yang panjang banyak membantu segera menyelesaikan minyak goreng di manapun dengan harga terjangkau,” ujar Zulkifli.

Dream - Menteri Perdagangan (Mendag) hasil reshuffle kabinet, Zulkifli Hasan langsung mematok target pertama setelah dilantik presiden Joko Widodo. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) berjanji akan segera membereskan masalah lonjakan harga minyak goreng yang telah berlangsung cukup lama. 

Zulkifli dilantik menggantikan Mendag lama yang sebelumnya dijabat oleh Muhammad Lutfi.

Bersama Wakil Mendag, Afriansyah Noor. Zulkifli optimistis bisa mengatasi masalah kenaikan harga minyak goreng yang hingga kini belum tuntas.

“ Kasihan rakyat kalau tidak diselesaikan tepat waktu,” kata Zulkifli Hasan di Istana Negara pada Rabu, 15 Juni 2022.

1 dari 3 halaman

Zulkifli juga mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Muhammad Lutfi.

“ Tentu saya apresiasi yang sudah dikerjakan Luhut, Lutfi dan teman yang lain,” lanjut Zulkifli.

Berdasarkan pengalamannya, Zulkifli percaya diri bisa mengembalikan stabilitas harga minyak goreng ke level yang bisa terjangkau masyarakat.

“ Saya kira background pengalaman saya yang panjang banyak membantu segera menyelesaikan minyak goreng di manapun dengan harga terjangkau,” ujar Zulkifli.

2 dari 3 halaman

Jokowi Resmi Lantik 2 Menteri dan 3 Wamen Baru, Ini Nama-namanya

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri (wamen) baru di Istana Merdeka, Rabu 15 Juni 2022 pukul 13.30 WIB.

Pelantikan para menteri tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Adapun dua menteri yang dilantik adalah Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) serta Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Sementara, pelantikan wakil menteri (wamen) berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24/M Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Adapun tiga nama wamen yang dilantik yaitu Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan, dan Raja Juli Antoni sebagai Wamen ATR/Wakil Kepala BPN.

3 dari 3 halaman

Usai pembacaan Keppres, Jokowi kemudian memimpin pengucapan sumpah jabatan para menteri dan wamen yang baru tersebut.

“ Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” demikian ujar presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Turut hadir dalam pelantikan antara lain Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa.

Hadir juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Beri Komentar