Ekonom AS Akui Solusi Islami Lebih Ampuh Atasi Krisis Utang

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 28 Juni 2016 17:29
Ekonom AS Akui Solusi Islami Lebih Ampuh Atasi Krisis Utang
Keuangan syariah punya skema keuangan bagi rumah tangga yang tidak mampu.

Dream - Selama ini, sangat jarang ekonom, khususnya di negara maju, yang mau menyelesaikan masalah keuangan dengan pendekatan agama. Namun pemikiran itu pelan-pelan mulai terkikis. Seorang ekonom dari lembaga keuangan dunia bahkan mengakui keampuhan solusi cara Islami masa lampau yang bisa menyelesaikan tumbuhnya masalah utang rumah tangga. 

Dialah Kepala Ekonom Citigroup, Willem Buiter. Dilansir dari Australian Financial Review, Selasa 28 Juni 2016, Buiter mengakui sistem keuangan syariah menawarkan skema pembiayaan untuk keluarga tak mampu, misalnya skema pembiayaan rumah.

" Rumah tangga seharusnya menjadi entitas terakhir yang berutang," kata dia kepada Australian Financial Review.

Buiter mengatakan rumah tangga memiliki aset yang kecil, yang membuat mereka tak bisa mengambil utang yang besar. Ada dua aset yang dimiliki oleh rumah tangga, yaitu sumber daya manusia dan properti.

" Itu tidak likuid dan sulit untuk direalisasikan," kata dia.

Buiter mengatakan solusinya adalah skema pembiayaan rumah syariah. Dalam agama, keuangan syariah melarang adanya bunga atau riba. Jadi, pemberi jasa keuangan tak boleh mengenakan bunga kepada peminjam untuk membeli suatu properti. Hasilnya, risiko keuangannya lebih kecil daripada pembiayaan rumah konvensional.

" Saya membeli rumah dari sebuah bank dengan dua cara. Pertama, dengan menyewanya. Selama bisa menyewa, saya tidak akan terdampak. Kedua, diskresi, misalnya Anda membayar 5 persen per tahun kepada bank," kata dia.

Risiko rendah

Buiter mengatakan manfaat skema pembiayaan syariah adalah rendahnya risiko keuangan. Misalnya, nasabah mengalami gangguan dalam pekerjaan, dia bisa berhenti membeli rumah atau menjualnya kembali rumah yang telah dibeli. Risiko digusur pun menjadi sangat kecil.

Skema pembiayaan ini sangat bermanfaat apabila diterapkan untuk perumahan yang biayanya tidak terjangkau. Contohnya lagi, seorang asisten profesor sulit membeli rumah di Palo Alto, California karena harganya terlalu mahal. Dia bisa patungan dengan Stanford untuk membeli rumah.

Beri Komentar