Pegadaian Gregetan Temukan 3.208 Penipuan Lelang Online Catut Nama Perusahaan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 25 Agustus 2021 10:48
Pegadaian Gregetan Temukan 3.208 Penipuan Lelang Online Catut Nama Perusahaan
Tak hanya merugikan nama perusahaan, Pegadaian khawatir aksi mereka menyebabkan banyak masyarakat tertipu.

Dream – PT Pegadaian (Persero) terus memerangi aksi penipuan yang mencatut nama perusahaan yang dilakukan melalui berbagai platform. Hasil perburuan bahkan sudah menghasilkan ribuan platform aba-abal yang diblokir oleh pihak berwajib.

“ Kami benar-benar gregetan terhadap tindakan ini,” kata Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Pegadaian, Basuki Tri Andayani, dalam webinar, Selasa 24 Agustus 2021.

Upaya perang terhadap para pencatut nama perusahaan ini dilakukan dengan mengandeng sejumlah pihak mulai dari Polri hingga Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Hasilnya tim menemukan dan telah menutup 3.208 tautan yang mencatut nama perusahaan dalam menjalankan aksinya. Ribuan platform itu terdiri dari 118 link situs, 2 link marketplace, 199 link mobile apps, 2.779 link di media sosial, dan 110 link di aplikasi perpesanan instan.

“ Kami nggak main-main, perang melawan penipuan online,” kata dia.

1 dari 4 halaman

Merugikan Masyarakat

Basuki melanjutkan penipuan ini tak hanya merusak nama perusahaan, tetapi juga merugikan masyarakat. Dikatakan bahwa penipuan ini bermodus lelang barang yang harganya jauh lebih murah daripada harga pasar.

“ Harga logam mulia sekarang Rp900 ribu-Rp1 juta (per gram). Kemudian, (penipuan) menawarkan Rp500 ribu-Rp600 ribu. Ini nggak masuk akal,” kata dia.

Kalau masyarakat tidak mengecek ulang penawaran ini, bisa-bisa termakan tipu daya penipuan. Basuki menyebut masyarakat bisa mengecek kebenaran lelang ini di Google.

“ Kalau recheck sangat mudah. Cari pegadaian lelang online di Google. Banyak berita yang dibuat bahwa Pegadaian tidak ada lelang online,” kata dia.

2 dari 4 halaman

Kini, Investasi Emas di Pegadaian Bisa Dapat Cashback dan Asuransi

Dream – PT Pegadaian (Persero) tak ketinggalan menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Perusahaan pelat merah itu menggelar promo untuk guru dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dikutip dari laman Pegadaian, Selasa 3 Agustus 2021, promo ini merupakan pengembalian transaksi secara tunai (cash back) senilai Rp100 ribu dan perlindungan diri berupa asuransi jiwa senilai Rp30 juta. Promo ini berlaku bagi guru dan ASN yang mengakses produk investasi EmasKu mulai 1 Agustus-31 Oktober 2021.

 

© Dream

 

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian (Persero), Basuki Tri Andayani, mengatakan bahwa EmasKu adalah produk cicil emas mulai pecahan denominasi 1 gram dan 2 gram dengan jangka waktu angsuran 12 bulan.

“ Syaratnya cukup mudah dengan mengakses Produk Investasi EmasKu di Pegadaian dengan uang muka tertentu ditambah fotokopi KTP dan kartu identitas pegawai yang mencantumkan Nomor Induk Pegawai (NIP), para Guru dan ASN akan memperoleh promo menarik ini,” kata Basuki di Jakarta.

3 dari 4 halaman

Mulai dari Emas 1 Gram

Proses investasi bisa dimulai dari emas batangan pecahan denominasi 1 gram dengan uang muka Rp150 ribu. Jumlah ini bisa dijangkau guru dan ASN.

Basuki melanjutkan, prosedurnya cukup mudah dan cepat. Bahkan, untuk proses angsuran dapat dilakukan dengan aplikasi Pegadaian Digital.

4 dari 4 halaman

Emas Investasi yang Aman

Emas, lanjut Basuki, merupakan salah satu investasi yang aman karena bisa melindungi nilai aset. emas juga bisa digunakan untuk merancang masa depan yang lebih baik.

Dia menyebut investasi emas tepat untuk mempersiapkan biaya pendidikan, ibadah, haji, dan umroh. Investasi emas juga bisa bermanfaat ketika menghadapi kondisi perekonomian yang tidak menentu seperti pandemi Covid-19.

Dengan promo ini, Basuki berharap masyarakat bisa terdorong untuk menyisihkan sebagian pendapatan dengan investasi emas. “ Dengan perencanaan keuangan dan investasi yang tepat diharapkan mereka dapat meraih kemerdekaan finansial dan ketangguhan ekonomi di masa mendatang,” kata dia.

Beri Komentar