Inilah Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya Indonesia Tahun 2016

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 1 Desember 2016 13:11
Inilah Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya Indonesia Tahun 2016
Pemuncak daftar orang terkaya di Indonesia tak pernah turun dari tahtanya selama 8 tahun berturut-turut.

Dream - Majalah bisnis terkemuka, Forbes, kembali melansir daftar orang terkaya Indonesia tahun 2016. Selama 8 tahun berturut-turut, miliarder Hartono bersaudara belum tergusur dari posisi puncak.

Melansir daftar Indonesian 50 Richest yang akan diterbitkan Forbes pada 16 November mendatang, Budi dan Michael Hartono memiliki harta bersama hingga US$ 17,1 miliar atau sekitar Rp231,88 triliun. Kekayaan mereka melejit US$1,7 miliar atau Rp23,05 triliun dari tahun lalu. 

Kekayaan dua hartawan palin tajir di Tanah Air ini lebih besar US$ 10 miliar dibandingkan miliarder yang menguntit dibelakagnya.

Kekayaan mereka ini bertambah berkat peningkatan angka investasi mereka di PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Mengutip laman Forbes, Kamis, 1 Desember 2016, laporan harta kekayaan 50 orang terkaya Indonsia ini Sekadar informasi, kekayaan publik ini dihitung berdasarkan harga saham dan nilai tukar per 16 November 2016. Nilai perusahaan swasta pun dihitung sama dengan perusahaan yang sahamnya diperdagangkan kepada publik.

Dalam daftar 50 orang terkaya, Forbes mencatat total kekayaan mereka mencapai US$99 miliar (Rp1.342,47 triliun) pada tahun ini. Angka kekayaan tersebut meningkat US$7 miliar (Rp94,92 triliun) dari US$92 miliar (Rp1.247,55 triliun) pada 2015.

Forbes juga mencatat ada 36 orang kaya yang “ bertahan” dalam daftar terbaru mereka. Lalu, ada juga 3 taipan baru yang masuk ke dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia, sedangkan 3 lainnya terdepak. Media ini juga mencatat ada 12 taipan yang jumlah kekayaannya merosot.

Berikut adalah daftar terbaru 10 dari 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes: 

 

1 dari 2 halaman

Posisi 10 Besar

10. Mochtar Riady

Pengusaha pemilik bisnis Lippop Group in tercatat memiliki kekayaan hingga US$ 1,9 miliar atau sekitar Rp 25,65 triliun.

Mochtar perlahan-lahan mulai menyerahkan raksasa bisnisnya kepada anaknya, James Riady.

Jejaring bisnis Mochtar juga mulai merambah dunia digital. Lippo Group terlihat aktif mengembangkan bisnis e-commerce MatahariMall. Selain itu, Mochtar Riady kembali ke bisnis bank dengan mengembangkan bisnis digital banking lewat Bank Nobu, yang dijalankan cucunya, John Riady. 

9. Murdaya Poo

Inilah orang terkaya yang juga masuk kancah dunia politik. Murdaya Poo merupakan pemilik Jakarta International Expo, kawasan konvensi terbesar di Jakarta. Harta kekayaan Murdaya mencapai US$ 2,1 miliar, atau sekitar Rp 28,3 triliun.

Tak hanya pemilik JIEXpo, Murdaya juga memiliki bisnis di sektor kelapa sawit, mekanik, dan IT.

8. Tahir

Namanya melambung setelah mampu bergabung dalam kelompok filantropis bersama miliarder terkaya dunia. Jumlah kekayaan Tahir dilaporkan mencapai US$ 3,1 miliar, atau sekitar Rp 41,8 triliun.

Sumber kakayaan tahir berasal dari bisnis Grup Mayapada yang bergerak di bidang rumah sakit, bank, hingga real estate. 

7. Boenjamin Setiawan

Jika Anda pernah melihat Rumah Sakit Mitra Keluarga, pria inilah pemiliknya. Dia memutuskan IPO rumah sakit ini pada Maret 2015. Boenjamin dan keluarganya sebelumnya menjalankan bisnis perusahaan obat lewat Kalbe Farma yang didirikan 1966.

Jumlah kekayaan Boenjamin mencapai US$ 3,3 miliar, atau sekitar Rp 44,5 triliun.

6. Chairul Tanjung

Namanya melambung setelah sukses mengangkat bisnis media, Trans Corp. Chairul Tanjung menduduki peringkat orang terkaya nomor enam di Indonesia dengan kekayaannya US$ 4,9 miliar atau sekitar Rp 66,1 triliun.

Selain stasiun televisi, Chairul Tanjung juga memiliki bisnis ritel, Transmart Carrefour. Serta jejaring franschise merek ternama dunia seperti Versace, Mango, serta Jimmy Choo.

2 dari 2 halaman

5 Orang Indonesia Terkaya

5. Sri Prakash Lohia

Nilai kekayaan Sri Prakash Lohia adalah US$ 5 miliar, atau sekitar Rp 67,5 triliun. Sri Prakash Lohia memperoleh kekayaan dari usahanya memproduksi komponen pembuat botol plastik.

Dia dan ayahnya mendirikan Indorama di 1976, yang sekarang menjadi perusahaan petrokimia.

4. Eka Tjipta Widjaja

Namanya terkenal sebagai pemilik konglomerasi bisnis Sinarmas. Eka Tjipta Widjaja merupakan langganan daftar orang terkaya dunia dalam jajaran lima besar. Tahun ini, nilai kekayaan Eka saat ini adalah US$ 5,6 mliar atau sekitar Rp 75,6 triliun.

Nama perusahaan yang terkenal diantaranya  Golden Agri-Resources yang bergerak di bisnis kelapa sawit dan dijalankan dua anaknya, Franky dan Muktar.

Sinarmas juga terkenal sebagai salah satu pengembang sejumlah proyek ternama lewat Sinar Mas Land.

3. Anthoni Salim

Pemilik bisnis Indofoof ini merupakan pemimpin dari raksasa Salim Group. Nilai kekayaan Anthoni dan keluarganya tercatat US$ 5,7 miliar, atau sekitar Rp 76,9 triliun.

Baru-baru ini, Anthoni mengakuisisi perusahaan tambang batu bara di Australia senilai US$ 224 juta, lalu membeli saham di perusahaan penjual kopi Korea Selatan, yaitu Caffebene, serta membuka pabrik mi instan di Serbia.

2. Susilo Wonowidjojo

Nama Susilo Wonowidjojo dan keluarganya selalu bersaing menjadi orang nomor satu Indonesia. Dia adalah pemilik perusahaan rokok, PT Gudang Garam Tbk, yang memproduksi 70 miliar batang per tahun, dan mempekerjakan 36.900 tenaga kerja.

Harta kekayaan Susilo Wonowidjojo dan keluarganya tercatat US$ 7,1 miliar atau Rp 95,85 triliun, naik US$ 1,6 miliar dalam setahun.

1. R.Budi dan Michael Hartono

Inilah miliarder terkaya di Indonesia. Merekalah pemilik Grup Djarum yang kembali didaulat menjadi hartawan terkaya. Hartanya berjumlah US$ 17,1 miliar, atau sekitar Rp 230,85 triliun.

Selain pemilik bisnis Grup Djarum, mereka adalah pemilik bank swasta terbesar di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Beri Komentar