Indonesia Resmi Pakai Indeks Zakat Nasional, Apa Manfaatnya?

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 13 Desember 2016 13:30
Indonesia Resmi Pakai Indeks Zakat Nasional, Apa Manfaatnya?
Di beberapa negara lain, pengelolaan zakat telah menggunakan indeks semacam ini.

Dream – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) resmi meluncurkan Indeks Zakat Nasional (IZN). Indeks tersebut akan menjadi indikator peran zakat dalam mengatasi kemiskinan dan mengawasi kesejahteraan munafik.

Dalam peluncuan IZN di Jakarta,  Selasa 13 Desember 2016, Ketua Baznas, Bambang Sudibyo, mengatakan IZN secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan zakat nasional, seperti yang tercantum dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.  

“ Indeks dapat menjadi referensi dalam pengelolaan zakat sekaligus menjadi acuan dalam menyusun kebijakan,” kata Bambang di Jakarta.

Dia mengharapkan IZN bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja zakat secara nasional maupun internasional. Sebab, di beberapa negara lain, pengelolaan zakat telah menggunakan indeks semacam ini.

“ Bukan hanya oleh lembaga zakat, IZN diharapkan menjadi sebuah ukuran standar yang dapat dipakai oleh regulator lembaga zakat dan juga masyarakat dalam mengevaluasi perkembangan zakat secara nasional,” kata dia.

Direktur Pusat Kajian Strategis Baznas, Irfan Syauqi Beik, mengatakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif digunakan untuk penyusunan IZN. Metode kualitatif digunakan untuk menyusun komponen pembentuk IZN, sedangkan metode kuantitatif membentuk model estimasi.

Rencananya, indeks ini akan diterapkan pada penghitungan zakat pada kuarter pertama 2017.(Sah)

Beri Komentar