Hati-Hati! Asuransi Mobil Bisa Gugur Jika Dijadikan Taksi Online

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 22 Juni 2020 18:33
Hati-Hati! Asuransi Mobil Bisa Gugur Jika Dijadikan Taksi Online
Begini penjelasannya.

Dream – Asuransi mobil pribadi bisa gugur jika kendaraannya diubah jadi taksi online. Penghapusan klaim asuransi itu dilakukan karena kendaraan pribadi telah dialihfungsikan menjadi kendaraan komersial.

Dikutip dari Merdeka.com yang melansir Antara, Senin 22 Juni 2020, Kepala Komunikasi, Event, dan Service Management PT Asuransi Astra, Iwan Pranoto, mengatakan banyak pemilik kendaraan mengalihfungsikan mobil pribadinya menjadi taksi online karena ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

“ Pemilik asuransi mobil juga perlu berhati-hati jika hendak mengalihfungsikan mobil pribadi jika menjadi taksi online,” kata Iwan di Jakarta.

Dengan demikian, lanjutnya, berdasarkan fungsinya, status mobil pribadi akan berubah menjadi kendaraan komersial.

1 dari 2 halaman

Laporan Diperlukan

Biasanya pemilik mobil membeli mobil secara kredit degan pake asuransinya. Namun, dalam paket itu, mobil yang dibeli tersebut terdaftar sebagai kendaraan pribadi.

Laporan pemilik mobil ke pihak asuransi diperlukan. Jika pemilik mobil tidak melaporkan kepada pihak asuransi, pemilik mobil akan dianggap ingkar janji karena menggunakan kendaraan di luar perjanjian awal yang tercantum pada polis.

“ Ini sesuai dengan aturan di dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) yang menyatakan bahwa perlindungan asuransi akan gugur jika disebabkan penggunaan selain dari yang dicantumkan dalam polis,” kata Iwan.

2 dari 2 halaman

Lebih Berisiko

Iwan menjelaskan, meski sama-sama digunakan, pengalihfungsian mobil pribadi menjadi taksi online atau dalam bentuk apapun untuk menerima balas jasa dianggap lebih berisiko dibandingkan hanya dengan pemanfaatan untuk mobil pribadi.

" Salah satu sebabnya adalah frekuensi penggunaan untuk tujuan komersial yang lebih tinggi, sehingga berbagai risiko kerugian yang mungkin terjadi pun jadi semakin besar," kata dia.

Pemilik asuransi mobil diingatkan agar jangan sungkan mengonsultasikan setiap perubahan kecil yang ingin dilakukan pada mobilnya. Tujuannya agar proses klaim kerusakan bisa dilakukan dengan lebih mudah jika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan.

" Bagi pelanggan Garda Oto, konsultasi atau pelaporan terkait perubahan fungsi mobil dapat dilayani melalui Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam," kata dia.

Beri Komentar