Mengingat Janji `DP 0 Persen dan OK OCE` Anies-Sandi

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 16 Oktober 2017 16:20
Mengingat Janji `DP 0 Persen dan OK OCE` Anies-Sandi
Pasangan ini resmi dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

Dream – Anies Baswedan-Sandiaga Uno terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur baru DKI Jakarta. Pasangan ini resmi menjadi pemimpin Jakarta usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantiknya hari ini, Senin 16 Oktober 2017.

Dilansir dari Merdeka.com, Anies-Sandi memberikan janji-janji saat ekonomi, termasuk di bidang ekonomi. Yang paling heboh adalah DP rumah 0 persen.

Anies ingin semua warga Jakarta punya rumah. Dia tak ingin warganya hanya menyewa tempat tinggal sepanjang hidupnya. Untuk itulah, dia menggagas DP 0 persen.

“ Kami ingin program warga Jakarta punya rumah. Masak sewa seumur hidup. Insya Allah itu program kami,” kata dia di depan warga Rumah Susun Tambora, Jakarta kala itu, Minggu 30 April 2017.

Program ini juga membuat sejumlah kalangan meragukannya. Misalnya, Presiden Direktur Bank BCA, Jahja Setiaatmadja, yang mengatakan DP 0 rupiah ini akan memiliki banyak risiko. Untuk menekan risikonya, perlu ada jaminan dari pemerintah daerah. Jahja mendukung program ini kalau Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan juga mendukungnya.

Dengan program ini, warga bebas menentukan model rumah yang diinginkan, seperti rumah tapak dan rumah susun. Anies memastikan program ini mulai terealisasi tahun 2018. Mekanisme kepemilikan rumah diatur pemerintah provinsi Jakarta, sedangkan pembangunannya dikerjakan oleh swasta. Eks menteri pendidikan dan kebudayaan ini menyebut banyak pengembang tertarik  untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat.

 Masuk Pantai Ancol Mahal, Anies-Sandi Akan Mudahkan Warga

Janji yang kedua adalah membuka 200 ribu lapangan kerja baru. Sandiaga mengatakan isu lapangan kerja ini menjadi hal yang ditawarkan kepada audiensnya karena kalangan generasi mudah adalah generasi penerus.

Dia menawarkan program One Kecamatan One Center Entrepreneurship (OK OCE). Cara dia mewujudkan hal ini adalah menciptakan sektor perdagangan yang dekat kaitannya dengan konsumsi.

“ Sektornya ada. Perdagangan, sektor yang berkaitan dengan barang-barang sektor konsumsi yang kami lihat minim pengusahanya,” kata dia di Cilandak, Jakarta, Rabu 21 Februari 2017.

Sandiaga optimistis minat pemuda terhadap dunia bisnis sangat banyak. Selama ini tidak ada yang mendampingi mereka dalam menjalani bisnisnya.

“ Lahan sudah tidak ada zonasinya. Sudah kami lihat terganjal perizinan modal. Ini akan diselesaikan dengan program OK OCE,” kata dia. Semoga amanah dan dimudahkan Pak Gub dan Pak Wagub! (ism) 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone