CONNECT WITH US!

Ternyata Induk Usaha SCTV Punya Saham Grab, Seberapa Besar?

Reporter : Arie Dwi Budiawati | Jumat, 4 Agustus 2017 17:44
Emtek Membeli Saham Grab Inc. (Foto: Shutterstock)
Konglomerasi ini membeli saham Grab pada kuartal II 2017.

Dream – Perusahaan konglomerasi teknologi terbuka, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek), telah mengumumkan laporan keuangannya. Dalam laporan keuangan ini, perusahaan berkode emiten EMTK ini ternyata menjadi salah satu pemegang saham perusahaan transportasi online, Grab.

Dikutip dari keterbukaan Bursa Efek Indonesia, Jumat 4 Agustus 2017, Emtek Grup, melalui anak perusahaannya, KMK, memilliki saham minoritas di Grab Inc. Jumlahnya kurang dari 1 persen.

“ Bulan April 2017, KMK, entitas anak memiliki 1,68 juta lembar saham Grab untuk kepemilikan 0,003 persen,” tulis perseroan dalam laporan keuangan interim.

Di laporan keuangan tersebut, dituliskan juga bahwa perusahaan ini melepas 25,05 persen sahamnya di Kudo kepada Grab.

Sekadar informasi, Kudo diakuisisi oleh Grab pada April 2017. Kudo bergabung dengan Grab untuk mengembangkan platform pembayaran GrabPay.

Selain itu, EMTEK juga berinvestasi di Ice House Holdings Pte. Ltd. Lewat KMK, Emtek membeli 2,85 juta lembar saham perusahaan software yang fokus di pengembangan aplikasi dan game mobile.

“ Pada Juni 2017, KMK memiliki 2,85 juta lembar saham untuk kepemilikan 18,47 persen Ice House Holdings Pte.Ltd,” tulis perseroan.

Investasi Emtek di Grab dan Ice House Holdings ini merupakan bagian dari investasi jangka jangka perusahaan.

Dilansir dari Deal Streets Asia, Emtek menginvestasikan dana sebesar Rp344 miliar kepada beberapa perusahaan modal ventura selama 2017. Sejak tahun 2015, perusahaan ini berinvestasi di sejumlah startup, yaitu Hijup, Karir.com, Bola.com, Rumah.com, Rumahdijual.com, Bobobobo.com, Kudo, dan Bukalapak. Perusahaan ini juga mengkonfirmasi akuisisi dua provider uang elektronik, yaitu Doku dan Espay.

Emtek mengawali bisnis sebagai perusahaaan yang bergerak dalam penyediaan perangkat layanan komputer pribadi di tahun 1983. Kini Emtek telah menjelma menjadi salah satu raksasa bisnis media di Indonesia. 

Stasiun televisi SCTV, Indosiar, dan O Channel adalah beberapa bisnis media televisi yang berkibar di bawah bendera Emtek. (Sah)

Laporan Khusus - Pertumbuhan Muslim di Benua Biru